Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dampak Buruk Tidur setelah Sahur yang Wajib Diwaspadai

<b>Dampak Buruk Tidur setelah Sahur yang Wajib Diwaspadai</b>

Dampak Buruk Tidur setelah Sahur yang Wajib Diwaspadai

Tidur setelah sahur sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Tapi tahukah Anda bahwa ada dampak buruk tidur setelah sahur yang mengintai?

Berbaring di kasur yang empuk setelah menikmati makanan sahur mungkin terasa menggoda, terutama di bulan puasa. Namun, tahukah ada bahaya yang mengintai di balik kebiasaan tersebut?

Menelaah lebih dalam, tidur setelah sahur bukan sekadar soal kenyamanan, melainkan risiko kesehatan yang bisa mengganggu. Tidur usai sahur bisa memicu sejumlah masalah kesehatan yang tidak terduga, mulai dari gangguan pencernaan hingga peningkatan risiko penyakit jantung. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap mengapa rehat sejenak setelah sahur bukanlah pilihan terbaik.

Bahaya Tidur setelah Sahur

Melanjutkan kebiasaan tidur setelah sahur dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan yang harus diwaspadai. Permasalahan ini berkisar mulai dari interupsi dalam proses pencernaan hingga risiko obesitas dan stroke. Dengan perut yang justru harus bekerja keras mencerna makanan setelah makan sahur, tubuh kita ditempatkan dalam posisi yang kurang ideal jika kita langsung memilih untuk tidur.

Hal ini mengakibatkan metabolisme menjadi lamban, yang berpotensi meningkatkan berat badan, memicu sembelit, dan memperburuk kualitas tidur.

Dampak Buruk Tidur setelah Sahur yang Wajib Diwaspadai

Lemak Tubuh Menumpuk

Dampak buruk tidur setelah sahur yang pertama adalah menumpuknya lemak di tubuh. Tidur langsung setelah makan sahur membuka peluang bagi tubuh untuk menimbun lemak karena kalori yang dikonsumsi tidak langsung dicerna.

Kalori ini bila tidak dibakar, dapat berubah menjadi simpanan lemak, meningkatkan risiko obesitas, khususnya bagi mereka dengan riwayat obesitas dalam keluarga. Lemak yang menumpuk ini tidak hanya mempengaruhi penampilan fisik, tetapi juga memberikan beban tambahan pada jantung dan memicu penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke.

Asam Lambung Naik

Dampak buruk tidur setelah sahur kedua yaitu naiknya asam lambung. Berbaring langsung tidur setelah makan dapat membuat pergerakan normal dari lambung ke usus menjadi terhambat, meningkatkan potensi asam lambung naik ke kerongkongan.

Ini tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman dan gejala gastritis, tetapi juga kerusakan pada lapisan kerongkongan jika berlangsung dalam waktu yang lama.

Posisi tidur mendatar setelah makan sahur membantu asam lambung mengalir ke arah yang salah dan bisa menyebabkan masalah jangka panjang bagi kesehatan pencernaan.

Muncul GERD

Dampak buruk tidur setelah sahur yang ketiga yakni GERD. Gangguan Refluks Gastroesofageal, atau lebih dikenal dengan GERD, adalah kondisi saat isi perut kembali naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar. Tidur langsung setelah sahur dapat memicu GERD karena posisi tubuh yang mendatar tidak mendukung pengosongan lambung dengan efektif.

Gejala seperti nyeri dada, bersendawa, dan rasa pahit di mulut seringkali menjadi tanda adanya GERD. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memberi waktu bagi makanan agar tercerna sempurna sebelum berbaring.

Sembelit

Dampak buruk tidur setelah sahur yang keempat adalah sembelit. Sembelit menjadi salah satu masalah yang dihadapi ketika kita tidur segera setelah sahur. Proses pencernaan yang melambat akibat tidur dapat menunda pengosongan lambung dan menyebabkan pembentukan feses yang kering dan padat yang menjadikan buang air besar menjadi sulit.

Hal ini dapat menambah ketidaknyamanan selama berpuasa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Menjaga asupan cairan yang cukup dan tidak langsung tidur setelah sahur dapat membantu mencegah sembelit.

Tubuh jadi Lemas

Dampak buruk tidur setelah sahur berikutnya, yaitu membuat tubuh jadi lemas. Mengalirnya darah ke sistem pencernaan untuk proses pencernaan makanan sahur membutuhkan energi yang tidak sedikit. Tidur segera setelah mengonsumsi makanan berarti energi tersebut tidak tersedia untuk digunakan dalam aktivitas fisik harian, sehingga seseorang sering kali merasakan kelelahan dan tidak bertenaga sepanjang hari.

Serotonin dan melatonin yang diproduksi sesudah makan sahur juga dapat memperkuat rasa kantuk dan lemas. Oleh karenanya, menghindari tidur langsung setelah makan sahur adalah pilihan yang lebih baik untuk memastikan energi tetap tersedia.

Memicu Stroke

Dampak buruk tidur setelah sahur juga bisa mengakibatkan stroke. Hubungan antara tidur setelah sahur dengan peningkatan risiko stroke kian mengemuka. Stroke bisa terjadi akibat perubahan drastis pada kadar gula darah, lipoprotein, dan tekanan darah yang dicetuskan oleh tidur sehabis makan.

Stroke iskemik, salah satu jenis stroke yang paling umum, dapat terjadi akibat penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang mengarah ke otak, dimana ada indikasi bahwa tidur setelah sahur bisa memperburuk kondisi ini. Mengatasi risiko ini dengan tidak tidur sesudah sahur sangat penting untuk kesehatan jangka panjang.

Sakit Tenggorokan

Dampak buruk tidur setelah sahur terakhir adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan juga menjadi salah satu efek samping yang tidak menyenangkan dari tidur setelah sahur. Saat kita tidur, apalagi dalam posisi mendatar, refluks asam lambung bisa menyebabkan iritasi dan peradangan di kerongkongan kita.

Asam yang naik tidak hanya menimbulkan rasa panas yang tidak nyaman tapi juga bisa menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan. Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan, dapat terjadi kerusakan pada dinding kerongkongan dan meningkatkan risiko untuk terkena penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

8 Tips untuk Menghindari Tidur setelah Sahur

Berikut delapan tips yang bisa membantu Anda menghindari kebiasaan tidur setelah sahur, demi menjaga kesehatan pencernaan dan kualitas istirahat sepanjang bulan puasa:

  • Tunda Tidur: Berikan waktu setidaknya 2 jam usai sahur sebelum berbaring, supaya pencernaan tidak terhambat.
  • Porsi Sesuai: Batasi jumlah makanan saat sahur. Jangan berlebihan agar tidak mengundang rasa kantuk.
  • Aktivitas Ringan: Usai sahur, lakukan kegiatan yang bermanfaat dan ringan seperti membaca atau meditasi.
  • Tidur Malam yang Cukup: Atur waktu tidur Anda lebih awal selama bulan puasa, sehingga tidak merasa terlalu lelah setelah sahur.

  • Hindari Tidur Mendadak: Jangan langsung berbaring setelah makan sahur. Distraksikan diri dengan kegiatan lain.
  • Jalan Ringan: Lakukan jalan kaki singkat di sekitar rumah untuk membantu proses metabolisme.
  • Hidrasi yang Baik: Minum cukup air saat sahur, ini bisa membantu Anda merasa lebih segar dan terjaga.
  • Jeda yang Cukup: Jika harus tidur, berikan jeda yang cukup sebelum tidur untuk memastikan makanan sudah mulai dicerna.

Menerapkan tips ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kualitas ibadah puasa Anda. Selamat mencoba!

7 Dampak Buruk Tidur Setelah Sahur, Bisa Ganggu Kualitas Tidur Hingga Pencernaan
7 Dampak Buruk Tidur Setelah Sahur, Bisa Ganggu Kualitas Tidur Hingga Pencernaan

Tidur setelah sahur bisa menyebabkan terjadinya berbagai dampak tak diinginkan pada puasa yang kita jalani.

Baca Selengkapnya
Dampak Buruk Bangun Kesiangan untuk Tubuh, Wajib Baca
Dampak Buruk Bangun Kesiangan untuk Tubuh, Wajib Baca

Bangun kesiangan adalah kebiasaan buruk. Bukan hanya tentang kedisiplinan, tapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Dampak Buruk yang Mungkin Muncul Akibat Menggunakan Bantal Terlalu Tinggi
Dampak Buruk yang Mungkin Muncul Akibat Menggunakan Bantal Terlalu Tinggi

Tidur dengan bantal tinggi bisa menyebabkan sejumlah dampak buruk pada kesehatan kita yang perlu dihindari.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Habis Sahur Langsung Tidur, Rupanya Berpotensi Naikkan Gula Darah
Habis Sahur Langsung Tidur, Rupanya Berpotensi Naikkan Gula Darah

Ternyata, tidur setelah makan sahur dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, di antaranya adalah peningkatan kadar gula darah. Berikut adalah penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan, Bisa Memicu Penyakit Kronis
Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan, Bisa Memicu Penyakit Kronis

Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Baca Selengkapnya
Bahaya Mendengkur bagi Kesehatan, Ketahui Pula Cara Mengatasinya
Bahaya Mendengkur bagi Kesehatan, Ketahui Pula Cara Mengatasinya

Mendengkur ternyata bukannya tanda tidur pulas. Sebab, ada dampak negatif yang menyertainya

Baca Selengkapnya
Kenali Dampak yang Bisa Muncul Akibat Tidur dengan Kipas Angin Menyala
Kenali Dampak yang Bisa Muncul Akibat Tidur dengan Kipas Angin Menyala

Pada saat seseorang tidur dengan kondisi kipas angin menyala, sejumlah dampak bisa dihadapinya.

Baca Selengkapnya
Doa Tidur Sebelum dan Sesudah, Mohon Perlindungan dan Ungkapan Rasa Syukur
Doa Tidur Sebelum dan Sesudah, Mohon Perlindungan dan Ungkapan Rasa Syukur

Membaca doa tidur perlu dibiarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Dampak Buruk Hobi Rebahan, Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan Serius
Dampak Buruk Hobi Rebahan, Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan Serius

Rebahan memang menyenangkan. Tapi jika Anda jadikan kebiasaan, maka bersiaplah untuk mengalami berbagai masalah kesehatan.

Baca Selengkapnya