5 Bahaya Tidur Setelah Sahur, Ketahui Dampak Negatifnya

Selasa, 21 April 2020 13:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
5 Bahaya Tidur Setelah Sahur, Ketahui Dampak Negatifnya Ilustrasi Tidur. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Makan sahur merupakan salah satu sunah dalam ibadah puasa Ramadan. Makan sahur dimaksudkan untuk membantu kekuatan fisik dalam menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 14 jam lamanya. Umat muslim disarankan untuk makan sahur di sepertiga ujung malam.

Waktu sahur yang berada di penghujung malam merupakan tantangan tersendiri. Rasa kantuk dan lelah kadang mudah menghinggapi. Maka tidak jarang setelah sahur, kebanyakan orang akan melanjutkan tidurnya sebelum memulai aktivitas. Padahal tidur setelah makan memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Bahkan, beberapa kasus tidur setelah sahur akan membawa dampak bahaya yang berujung pada kematian. Dilansir dari Hellosehat.com, tidur setelah sahur berbahaya karena ketika mengonsumsi makanan, lambung akan mencernanya menjadi sari-sari makanan. Sari-sari makanan tersebut akan diserap oleh tubuh. Bila makanan kaya akan karbohidrat dan lemak, dibutuhkan waktu minimal 2 jam untuk menggiling makan tersebut sampai berubah bentuk menjadi sari pati makanan.

Proses penggilingan ini memerlukan suplai pembuluh darah yang tidak sedikit, sehingga setelah makan diharapkan tidak melakukan aktivitas lain yang membutuhkan suplai pembuluh darah yang banyak pula, misalnya berolahraga.

Apabila tidur di bawah 2 jam setelah makan, saluran pencernaan belum sempat menggiling makanan kita, yang akhirnya akan berakibat pada gangguan saluran pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh. Hasil akhirnya, makanan yang kita makan tidak mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang bahaya tidur setelah sahur, berikut merdeka.com rangkum 5 bahaya tidur setelah sahur yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Selanjutnya: 1 Penimbunan Lemak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini