Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan, Bisa Memicu Penyakit Kronis

<b>Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan, Bisa Memicu Penyakit Kronis</b>

Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan, Bisa Memicu Penyakit Kronis

Bahaya kurang tidur tidak bisa disepelekan. Mungkin Anda hanya merasa lemas dan mengantuk, namun bahaya lainnya lebih mengerikan.

Kurang tidur adalah masalah umum yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Banyak orang berpikir bahwa kurang tidur hanya akan membuat mereka merasa lelah dan lambat di keesokan harinya, tetapi kenyataannya, dampak kurang tidur jauh lebih serius daripada itu.

Kurang tidur adalah kondisi ketika seseorang tidak mencukupi waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda, tetapi umumnya orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-9 jam per hari, sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan tidur sekitar 8-10 jam per hari.

Ketika seseorang kekurangan waktu tidur, tubuh mulai bereaksi dengan menunjukkan tanda-tanda tertentu. Bahaya kurang tidur ini tidak hanya membuat Anda mengantuk di siang hari, tapi juga memengaruhi fungsi otak hingga memicu penyakit kronis.

Bahaya Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa bahaya kurang tidur yang perlu Anda ketahui:

Mudah lupa dan fungsi otak yang kurang optimal

Kurang tidur dapat mengganggu kinerja dan fungsi otak, termasuk bagian otak yang berkaitan dengan daya ingat. Kurang tidur juga dapat membuat Anda sulit dalam mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan menanggapi hal-hal di sekitar Anda.

Berat badan melonjak

Kurang tidur dapat memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang, yaitu ghrelin dan leptin. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin yang membuat Anda merasa lapar, dan menurunkan hormon leptin yang membuat Anda merasa kenyang. Akibatnya, Anda cenderung makan lebih banyak dan lebih sering, terutama makanan tinggi kalori dan karbohidrat.

Gampang sakit dan dapat memicu kanker

Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang bertugas melawan infeksi, peradangan, dan stres. Kurang tidur dapat mengurangi produksi protein sitokin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi diri dari penyakit.

Kurang tidur juga dapat mengurangi aktivitas sel pembunuh alami (natural killer cells) yang dapat menghancurkan sel-sel kanker. Dengan demikian, kurang tidur dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit, termasuk kanker.

Performa seks menurun

Kurang tidur dapat menyebabkan rasa lelah, kantuk, dan stres yang dapat mengurangi hasrat dan kepuasan seksual Anda. Bagi pria, kurang tidur juga dapat menurunkan kadar hormon testosteron yang berpengaruh pada fungsi seksual. Kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan tidur bernama sleep apnea, yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Daya ingat menurun

Kurang tidur dapat mengganggu proses penyimpanan ingatan yang terjadi saat tidur. Otak akan menyimpan hal-hal yang telah dipelajari dan dialami sepanjang hari ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Jika waktu tidur terganggu, kemampuan otak dalam mengolah dan menyimpan ingatan pun akan terganggu. Hal ini dapat menyebabkan Anda sering lupa dan sulit mengingat hal-hal penting.

Kulit kusam

Kurang tidur bisa mengurangi produksi kolagen, zat yang membuat kulit elastis dan kenyal. Kurang tidur juga bisa meningkatkan hormon stres yang bisa menyebabkan peradangan dan jerawat pada kulit.

Demikian beberapa bahaya kurang tidur bagi kesehatan yang perlu Anda waspadai. Untuk mencegah kurang tidur, Anda perlu menjaga pola tidur yang sehat dan teratur, menghindari hal-hal yang dapat mengganggu tidur, seperti kafein, alkohol, rokok, dan gadget, serta melakukan aktivitas fisik yang cukup dan teratur.

merdeka.com

Kenapa Orang Sulit Tidur?

Ada banyak alasan yang bisa membuat seseorang sulit untuk tidur. Beberapa di antaranya adalah:

  • Stres, depresi, kecemasan, atau trauma. Kondisi psikologis ini bisa mengganggu pikiran dan perasaan seseorang, sehingga sulit untuk rileks dan tenang saat tidur.

  • Gangguan tidur. Ada beberapa jenis gangguan tidur yang bisa menyebabkan insomnia, seperti sleep apnea, restless legs syndrome, narcolepsy, atau parasomnia.

  • Gangguan kesehatan. Beberapa penyakit atau kondisi kesehatan bisa mengganggu kenyamanan atau keseimbangan tubuh saat tidur, seperti alergi, asam lambung, arthritis, asma, hipertiroid, nyeri kronis, atau kanker.

  • Kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan yang bisa merusak kualitas tidur adalah minum kopi, alkohol, atau nikotin sebelum tidur, makan terlalu banyak atau pedas, tidur siang terlalu lama, main gadget sebelum tidur, atau tidak menjaga kebersihan kamar tidur.

  • Faktor lingkungan. Lingkungan tidur yang kurang nyaman, seperti terlalu panas, dingin, terang, gelap, atau berisik, bisa mengganggu tidur seseorang.

  • Usia. Semakin bertambahnya usia, ritme sirkadian atau jam biologis tubuh bisa melemah, sehingga mengganggu pola tidur seseorang.

Cara Memenuhi Waktu Tidur

Untuk memenuhi waktu tidur yang baik, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan tidur Anda sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan Anda. Secara umum, waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah 7-9 jam setiap hari.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi waktu tidur yang baik:

  • Menetapkan jadwal tidur yang teratur dan konsisten, yaitu dengan mulai memejamkan dan membuka mata pada waktu yang sama setiap hari.

  • Menghindari berbagai pemicu gangguan tidur beberapa jam sebelum tidur, seperti kafein, nikotin, dan alkohol.

  • Menciptakan suasana yang nyaman, misalnya dengan menyesuaikan suhu AC dan mematikan lampu.

  • Menghindari penggunaan gadget, televisi, atau aktivitas yang menstimulasi otak sebelum tidur.

  • Melakukan relaksasi, meditasi, atau teknik pernapasan untuk mengurangi stres.

  • Berolahraga secara teratur, tetapi tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta menghindari makanan yang bisa menyebabkan asam lambung atau alergi.

  • Mengobati penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa mengganggu tidur.

  • Menghindari tidur siang terlalu lama atau terlalu sering.

Bahaya Mendengkur bagi Kesehatan, Ketahui Pula Cara Mengatasinya
Bahaya Mendengkur bagi Kesehatan, Ketahui Pula Cara Mengatasinya

Mendengkur ternyata bukannya tanda tidur pulas. Sebab, ada dampak negatif yang menyertainya

Baca Selengkapnya
5 Kebiasaan Tidur yang Bisa Buat Awet Muda, Penting Dilakukan untuk Cegah Penuaan Dini
5 Kebiasaan Tidur yang Bisa Buat Awet Muda, Penting Dilakukan untuk Cegah Penuaan Dini

Cukup tidur merupakan hal yang penting dilakukan karena bisa menjaga kesehatan kita termasuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca Selengkapnya
Badan Lelah Namun Sulit Tidur Malam? Temukan Penyebab dan Cara Mengatasinya
Badan Lelah Namun Sulit Tidur Malam? Temukan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rasa "berat" karena kurang tidur bisa membuat kita lebih mudah lelah. Akumulasi stres fisik & emosional dari kelelahan itu kemudian bisa membuat susah tidur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Bangun Tidur, Kenali Penyebabnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Bangun Tidur, Kenali Penyebabnya

Sakit kepala saat bangun tidur bisa membuat kita merasa tidak nyaman dan sulit untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Awas, Tidur Malam Kurang dari 7 Jam per Hari Bikin Umur Pendek
Awas, Tidur Malam Kurang dari 7 Jam per Hari Bikin Umur Pendek

Orang yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari tujuh jam setiap malam memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Masih Menyusui Bayi, Ini Cara bagi Ibu agar Bisa Tidur Cukup
Masih Menyusui Bayi, Ini Cara bagi Ibu agar Bisa Tidur Cukup

Ibu menyusui cenderung kekurangan tidur sehingga penting untuk melakukan sejumlah cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Ini Penyebab Mengapa Napas Kita Terdengar Sangat Keras ketika Tidur
Ini Penyebab Mengapa Napas Kita Terdengar Sangat Keras ketika Tidur

Pada saat tidur, biasanya napas kita akan terdengar lebih teratur namun lebih keras dibanding biasanya. Ini Penyebabnya.

Baca Selengkapnya
5 Cara Ini Bisa Bantu Agar Cepat Tidur, Salah Satunya Mandi Air Hangat
5 Cara Ini Bisa Bantu Agar Cepat Tidur, Salah Satunya Mandi Air Hangat

Ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh individu yang mengalami kesulitan tidur untuk membantu mereka meraih tidur dengan cepat.

Baca Selengkapnya
Penyebab Mengapa Ketiak Berbau Tak Sedap saat Bangun Tidur
Penyebab Mengapa Ketiak Berbau Tak Sedap saat Bangun Tidur

Pada saat kita bangun tidur, berbagai hal mungkin terjadi pada diri kita termasuk munculnya bau ketiak yang tak sedap.

Baca Selengkapnya