Cara Mengatasi Anak Susah BAB dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif

Jumat, 26 November 2021 10:21 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Mengatasi Anak Susah BAB dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif Ilustrasi Anak Sembelit. ©iStock

Merdeka.com - Sembelit atau susah BAB merupakan keadaan yang sering ditemukan pada anak dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Sembelit lebih merupakan gejala klinis dibanding sebagai suatu penyakit tersendiri.

Biasanya sembelit ditandai dengan frekuensi BAB berkurang dari biasanya, fases lebih keras, lebih besar dan nyeri dibandingkan sebelumnya. Kondisi semacam ini dapat terjadi pada siapa pun termasuk anak-anak.

Anak yang mengalami sembelit biasanya perutnya terasa keras saat diraba. Hal ini akibat penumpukan massa feses. Keluhan ini pada umumnya terjadi lebih dari dua minggu.

Adapun penyebab sembelit pada anak sangat beragam. Sebagai orang tau penting bagi kita untuk mengetahui penyebab sembelit agar dapat mencegahnya sedini mungkin.

Selain mengetahui penyebab anak susah BAB, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, Berikut ini lebih jauh informasi mengenai cara mengatasi anak susah BAB dengan bahan alami, aman dan efektif telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Anak Susah BAB

1. Konsumsi Yoghurt
Cara mengatasi anak susah BAB yang pertama adalah membiasakan anak untuk rajin mengonsumsi yoghurt. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt akibat proses fermentasi dapat membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Cara mengatasi anak susah BAB berikutnya adalah melatihnya untuk lebih banyak mengonsumsi air putih. Hal ini tak lain karena tercukupinya kebutuhan cairan harian dapat memberikan manfaat sehat bagi tubuh.

3. Ganti Susu Formula
Bila anak mengonsumsi susu formula dan kerap mengalami susah BAB maka perlu kamu konsultasikan dengan dokter untuk mempertimbangkan penggantian susu formula jenis lain. Perlu kamu ketahui bahwa bayi dan anak yang mendapat ASI cenderung lebih jarang mengalami sembelit.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat
Selain mengganti susu formula, kamu juga bisa mengatasi anak susah BAB dengan memperbaiki pola makan anak dengan memperbanyak porsi sayuran dan buah. Sebab, sayuran dan buah mengandung serat yang tinggi untuk membantu kelancaran BAB. Adapun buah-buahan yang bersifat sebagai pencahar antara lain pepaya, pir, apel, alpukat serta buah naga.

3 dari 3 halaman

Penyebab Anak Susah BAB

1. Kurang Asupan Serat
Penyebab anak susah BAB yang pertama dikarenakan kurangnya asupan serat. Anak yang kekurangan asupan serat dari makanan akan membuat feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Serat dari makanan akan membantu penyerapan air oleh feses dan memberikan volume pada feses. Hal ini akan membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Maka dari itu, biasakan anak-anak untuk mendapatkan makanan dengan gizi seimbang, terutama makan buah dan sayur setiap hari.

2. Kekurangan Cairan
Penyebab anak susah BAB berikutnya adalah karena kekurangan cairan. Anak yang kekurangan cairan atau bahkan dehidrasi, membuat tubuh anak menyerap cairan dari mana saja. Bisa menyerap cairan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi bahkan mengambil cairan yang berada di feses. Hal ini yang kemudian membuat feses menjadi lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan. Untuk itu, penting memberikan anak minum yang cukup setiap harinya.

3. Susu Formula
Bagi anak yang masih mendapatkan ASI, jarang mengalami susah BAB. Hal ini dikarenakan ASI masih mengandung lemak dan protein yang seimbang, sehingga menghasilkan feses yang selalu lunak.

Berbeda dengan anak yang sudah diberikan susu formula, maka akan lebih cenderung mengalami susah BAB. Hal ini dikarenakan komposisi protein pada susu formula yang bisa menyebabkan anak susah BAB.

Anak yang sering mengonsumsi susu formula cenderung berisiko lebih tinggi mengalami susah BAB. Biasanya anak yang susah BAB akibat susu formula akan mempunyai feses yang berwarna pucat dan keras.

4. Penyakit Tertentu
Selain faktor penyebab sembelit di atas, penyakit atau kondisi tertentu juga bisa mengakibatkan sembelit pada anak. Anak yang menderita sakit seperti Hipertiroidisme, Hirschsprung, Diabetes, Gangguan Sistem Saraf, dan Botulisme akan memungkinkan anak sembelit.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini