Cara Mengambil Uang di ATM BRI dengan Kartu dan Tanpa Kartu, Cepat dan Mudah

Kamis, 7 April 2022 15:11 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Mengambil Uang di ATM BRI dengan Kartu dan Tanpa Kartu, Cepat dan Mudah Ilustrasi ATM BRI. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Cara mengambil uang di ATM BRI mudah dilakukan. Beberapa orang, khususnya pengguna baru bank BRI mungkin masih bingung dengan cara mengambil uang di ATM BRI.

Cara mengambil uang di ATM BRI bisa melalui 2 cara. Mengambil uang dengan kartu atau tanpa kartu. Untuk mengambil uang di ATM BRI cukup mencari ATM BRI terdekat yang bisa kamu jumpai.

ATM BRI mudah dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. ATM BRI juga sering di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau. ATM BRI mampu melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.

Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang. Jika kamu salah satu pengguna baru ATM BRI, berikut ini informasi cara mengambil uang di ATM BRI, cepat dan mudah dilakukan telah dirangkum merdeka.com melalui repository.uinbanten.ac.id dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 4 halaman

Fungsi dan Manfaat ATM

Sebelum mengetahui cara mengambil uang di ATM BRI, kenali dulu apa fungsi dan manfaat ATM. ATM awalnya bertujuan untuk meningkatkan rekening cek-alternatif  bagi fungsi-fungsi kasir dalam menguangkan cek dan menerima setoran.

Secara fungsional, ciri-ciri ini masih dominan akan tetapi, yang berubah adalah cara ATM dan inovasi jasa-jasa lainnya disajikan kepada para pelanggan. Adapun berikut ini adalah manfaat yang diberikan oleh mesin ATM yaitu :

  • Dapat menarik uang tunai dalam 24 jam. Nasabah tidak lagi tergantung jam pelayanan bank atau hari libur untuk mengambil uang tunai.
  • Dapat digunakan sebagai kartu debit ( maestro).
  • Bebas dari antrean yang panjang.
  • Menghemat waktu, karena tidak lagi mengikuti prosedur administrasi.
  • Selain menarik uang tunai juga dapat melakukan pemindahbukuan.
  • Lebih mudah dicapai karena ATM tersedia di berbagai lokasi strategis.
  • Dapat melihat informasi saldo.
  • Membeli voucher isi ulang.
  • Membayar tagihan kartu kredit.
  • Membayar telepon ( Telkom dan Telepon seluler ).
  • Membayar PAM.
  • Membeli Tiket Pesawat
3 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BRI dengan Kartu

Setelah mengetahui tentang manfaat ATM, berikutnya kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI. Cara mengambil uang di ATM BRI kunjungi terlebih dahulu ATM BRI terdekat. Siapkan kartu dan jangan lupa pinnya. 

Adapun berikut ini langkah-langkah cara mengambil uang di ATM BRI yaitu:

  1. Sampai di ATM BRI, pastikan jenis nominal uang yang kamu inginkan seperti Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu. Pilih ATM yang sesuai dengan jenis nominal uang yang kamu inginkan. 
  2. Masukkan kartu ATM BRI kamu ke mesin ATM.
  3. Pastikan logo BRI berada di posisi teratas
  4. Pilih bahasa yang dapat kamu gunakan selama proses penarikan uang, bisa memilih bahasa Indonesia supaya lebih mudah. 
  5. Setelah itu, akan muncul pesan di layar berupa tips aman bertransaksi di ATM, pilih lanjutkan
  6. Selanjutnya, masukkan pin ATM yang terdiri dari enam digit angka. Usahakan jangan sampai salah, karena jika salah memasukkan sampai tiga kali maka otomatis kartu ATM akan terblokir
  7. Kemudian akan ditampilkan jumlah nominal dalam rupiah yang dapat kamu tarik. Jika jumlah nominal sesuai dengan yang diinginkan, kamu dapat langsung menekan tombol di angka tersebut
  8. Jika tidak pilih transaksi lain maka pilih tarik tunai lalu masukkan nominalnya
  9. Kemudian pada layar akan muncul konfirmasi pilihan nominal yang kamu inginkan. Jika sudah benar maka pilih “Benar”. Jika ternyata salah maka pilih “Salah” dan masukkan kembali nominalnya
  10. Jika transaksi berhasil, uang akan keluar bersamaan dengan struknya
  11. Ada beberapa ATM yang tidak mengeluarkan struk karena kehabisan kertas atau disetting sehingga saldo hanya muncul di layar
  12. Terakhir, akan muncul pesan di layar mesin ATM, apakah ingin melanjutkan transaksi lain? Jika tidak, mesin ATM akan mengeluarkan kartu kamu
  13. Pastikan semuanya terdapat pada tempat yang aman sebelum kamu keluar dari ATM dan pastikan uang dan kartu ATM ada dan aman di dompet kamu
4 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu

Cara Mengambil Uang di ATM BRI lewat BRImo

Cara mengambil uang di ATM BRI bisa dengan BRImo. BRImo merupakan Aplikasi Keuangan Digital Bank BRI. Kamu dapat melakukan tarik tunai lewat BRImo. Jika ingin menarik uang, kamu tinggal memilih opsi tarik tunai dan tentukan jumlahnya. Cara mengambil uang di ATM BRI mudah. 

Caranya, buka aplikasi BRImo, pilih 'rekening sumber dana'. Selanjutnya pilih nominal uang yang akan diambil. Kemudian masukkan password BRImo.  Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode transaksi untuk mengambil uang dan jatuh temponya.

Selanjutnya, kamu datang ke mesin ATM BRI. Pilih menu 'Tarik Tunai' di mesin ATM BRI, masukkan nomor ponsel yang terdaftar dan kode unik yang sudah didapat sebelumnya.

Tunggu beberapa saat, kemudian ATM BRI memproses tarik tunai. Selesai. 

Cara Mengambil Uang di ATM BRI lewat Link Aja

Cara mengambil uang di ATM BRI  lewat Link Aja. Nasabah Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) juga dapat memanfaatkan smartphone-nya untuk mengambil uang. Salah satu caranya adalah memanfaatkan aplikasi LinkAja.

Jadi, nasabah Bank Mandiri, BNI, BTN dan BRI dapat memakai LinkAja apabil ingin membutuhkan uang tunai. Namun perlu diketahui, kamu akan dikenai biaya admin Rp 5.000 per transaksi.

Cara mengambil uang di ATM BRI  lewat Link Aja, kamu tinggal membuka akses menu info saldo di halaman menu LinkAja. Setelah itu, kamu pilih submenu Tarik Saldo dan pilih nominal uang yang diinginkan.

Lalu, kunjungi ATM terdekat sesuai bank yang dipilih dan pilih menu Tarik Tunai. Perlu diingat, untuk beberapa bank Himbara juga sudah menyediakan opsi tarik tunai langsung dari aplikasi masing-masing bank. [nof]

Baca juga:
Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5 Persen Meski Ada Konflik Rusia-Ukraina
BRI Rombak Jajaran Direksi dan Komisaris, Berikut Susunnanya
Tingkatkan Kontribusi Pekerja, BRI Buyback Saham Rp3 Triliun
BRI Sebar Dividen Rp26,40 Triliun
BRI Fokus Jadi Hybrid Bank di 2022, Begini Strateginya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini