Cara Mendaftar Haji Plus Resmi, Berikut Penjelasannya

Jumat, 12 Agustus 2022 16:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Mendaftar Haji Plus Resmi, Berikut Penjelasannya Ibadah haji. AFP

Merdeka.com - Ibadah haji dalam pelaksanaannya merupakan suatu ibadah yang memerlukan kebulatan tekad dan kesungguhan hati. Kebulatan tekad untuk meninggalkan kampung halaman beserta keluarga tercinta dan kesungguhan hati untuk meninggalkan segala tingkah laku yang tidak baik.

Haji diwajibkan bagi setiap muslim, dengan syarat bagi yang mampu baik fisik maupun materi. Dan yang lebih penting adalah kemampuan untuk menyiapkan diri sebagai tamu Allah.

Sayangnya, saat ini mampu dan mau saja tidak cukup untuk menjamin seseorang dapat segera berangkat ke tanah suci Makkah. Hal ini karena adanya berbagai peraturan yang diberlakukan baik oleh pemerintahan Indonesia maupun pemerintahan Arab Saudi, akibatnya seseorang yang ingin melaksanakan ibadah haji harus menunggu bertahun-tahun terlebih dahulu untuk bisa berangkat ke Makkah.

Namun kamu dapat lebih mudah untuk berangkat ke tanah suci jika mendaftar haji plus secara resmi. Berikut ini informasi mengenai cara mendaftar haji plus resmi, lengkap dengan penjelasannya telah dirangkum merdeka.com melalui media.neliti.com dan berbagai sumber lainnya pada Jumat, (12/08/2022).

2 dari 5 halaman

Pelayanan Haji di Indonesia


Sebelum mengetahui informasi tentang cara mendaftar haji plus resmi, setidaknya kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai pelayanan haji di Indonesia. Di Indonesia, penyelenggaraan ibadah haji merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Banyak pihak yang terlibat dan banyak hal yang terkait di dalamnya. Untuk itu profesionalisme penyelenggaraan ibadah haji menjadi sebuah keniscayaan.

Di Indonesia, layanan pemberangkatan haji dibagi menjadi dua berdasarkan fasilitasnya, yaitu haji regular dan haji plus. Haji regular diselenggarakan langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

Sementara itu, haji plus diselenggarakan oleh pihak travel haji yang telah ditunjuk langsung oleh pemerintah. Perbedaan keduanya hanya ada pada cara setoran pendaftaran, jumlah pembayaran, dan fasilitas yang didapatkan.

3 dari 5 halaman

Cara Mendaftar Haji Plus Resmi


Berbeda dari haji reguler yang dikelola langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Agama, maka haji plus justru dikelola oleh pihak swasta yang mendapat izin resmi dari pemerintah. Program ini memiliki kelebihan yaitu masa tunggu pemberangkatan lebih cepat ketimbang haji reguler.

Masa tunggu haji reguler biasanya memakan waktu antara 15 hingga 30 tahun, sementara haji plus hanya perlu menunggu setidaknya 5 sampai 7 tahun saja.

Tak hanya itu, fasilitas yang didapatkan pun akan berbeda. Bagi jemaah haji plus biasanya akan disediakan hotel yang dekat dengan Masjidil Haram sehingga akan mempermudah mobilisasi saat ibadah. Namun demikian, dengan segala kelebihan yang ditawarkan, maka biaya yang harus dibayar pun relatif lebih mahal ketimbang biaya haji reguler.

4 dari 5 halaman

Syarat-syarat Daftar Haji Plus


Sebelum memutuskan untuk mendaftar haji plus, ada baiknya kamu mempelajari lebih dahulu tentang syarat-syarat daftar haji plus itu sendiri.
Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Formulir pendaftaran.
  • Paspor asli masa berlaku minimal 7 bulan.
  • Nama dalam paspor setidaknya 3 suku kata.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi Akta Kelahiran.
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Fotokopi Surat Nikah.
  • 30 lembar pas foto ukuran 3x4 dengan latar belakang putih.
  • 15 lembar pas foto ukuran 4x6 dengan latar belakang putih.
  • Surat kuasa pemilihan PIHK.
  • Surat pernyataan waiting list.
  • Membayar DP sebesar USD 4.500 (Nomor Porsi Kementerian Agama).
5 dari 5 halaman

Cara Memilih Agen Travel untuk Mendaftar Haji Plus


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan misalnya, maka langkah yang paling pertama untuk mendaftar haji plus adalah mencari agen travel yang terpercaya untuk melaksanakan impian kamu menunaikan ibadah haji dengan lebih muda.

Berikut ini, cara memilih agen travel untuk daftar haji plus yaitu :

  • Biro dan agen travel PIKH sudah mengantongi izin resmi dan terdaftar di Kementerian Agama. Cara memastikannya adalah dengan mendatangi dan tanyakan langsung pada petugas di Kantor Departemen Agama. Jika tidak ingin repot-repot, kamu bisa cek melalui website resmi Kementerian Agama.
  • Lihat testimoni dan bertanya kepada orang yang sebelumnya pernah memakai jasa travel haji.
  • Memastikan mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan uang yang dikeluarkan. Jangan sampai kamu tergiur dengan harganya yang murah. Agen yang profesional tidak akan segan membeberkan fasilitas dan rincian biaya secara transparan kepada calon jemaah haji.
  • Kamu perlu memastikan jadwal keberangkatanmu pada agen travel. Jika ada agen travel yang hanya memperkirakan waktu pemberangkatan, maka jangan ragu untuk meninggalkannya dan memilih agen yang lebih tegas. Karena setiap agen travel haji yang resmi pasti sudah memiliki kuota VISA dan tanggal keberangkatan yang pasti.
  • Pertimbangkan untuk memilih travel haji yang memiliki fasilitas berupa asuransi bagi calon jemaah

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Haji
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini