Cara Mencangkok Pohon Mangga, Lengkap dengan Perawatannya

Minggu, 20 September 2020 09:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Mencangkok Pohon Mangga, Lengkap dengan Perawatannya ilustrasi mangga. pixabay.com

Merdeka.com - Tanaman mangga merupakan tanaman buah tahunan berupa pohon yang berasal dari negara India. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia.

Tanaman yang jadi favorit banyak orang ini berasal dari famili Anarcadiaceae, genus Mangifera, species Mangifera indica. Kepopuleran mangga di Indonesia salah satunya ditandai dengan semakin banyaknya orang menanam mangga sendiri.

Sebab sekarang ini memiliki pohon mangga yang dapat tumbuh subur bisa diperoleh dengan sangat mudah, kamu tidak perlu menanamnya dari biji buah mangga melainkan bisa dengan cara mencangkok pohon mangga.

Bisa dibilang teknik mencangkok menjadi salah satu cara yang efisien untuk memperbanyak tanaman, khususnya tanaman buah seperti seperti pohon mangga. Selain karena kita akan mendapatkan mutu bibit yang sama dengan induknya, bibit hasil cangkokan nantinya juga akan lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan perbanyakan tanaman melalui biji.

Untuk tanaman buah, syarat yang harus dipenuhi agar tanaman ini bisa dicangkok adalah ketika pohon telah berusia setidaknya dua tahun dan memiliki banyak percabangan. Namun, ada baiknya sebelum mencangkok pastikan pohon induk sudah terlebih dahulu berbuah.

Singkatnya, pastikan induk pohon yang akan dicangkok berkualitas baik, baik secara usia tanaman maupun buah yang dihasilkan. Jika kamu berniat mencangkok pohon mangga sendiri untuk ditanam di rumah, maka simaklah informasi berikut ini mengenai cara mencangkok pohon mangga, lengkap dengan perawatannya.

Berikut cara mencangkok pohon mangga yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan media.neliti.com pada Minggu, (20/9/2020).

Baca Selanjutnya: Alat dan Bahan untuk Mencangkok...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini