Cara Atasi Rambut Kering dan Kusut dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif

Jumat, 11 Maret 2022 10:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Atasi Rambut Kering dan Kusut dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif ilustrasi rambut sehat. ©ladyohair.com

Merdeka.com - Bagi banyak orang, rambut merupakan mahkota penting yang dapat menunjang penampilan. Terlebih bagi seorang perempuan, memiliki rambut yang indah dan lembut menjadi kebanggaan tersendiri. Tak heran bila kemudian banyak dari mereka yang rela mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan rambut di salon kecantikan.

Padahal kamu sebenarnya tidak harus ke salon untuk melakukan perawatan rambut agar tidak kering dan kusut. Kamu bisa melakukannya dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat seperti lidah buaya hingga pisang.

Jika melakukannya dengan rutin, kamu dapat mengatasi masalah rambut kering dan kusut sehingga tampak lebih berkilau. Lebih jauh berikut ini informasi lengkapnya telah dirangkum merdeka.com melalui pinterest dan berbagai sumber lainnya pada Jumat, (11/3/2022).

2 dari 3 halaman

1. Daun Jambu Biji

jambu biji

©2017 Merdeka.com

Cara atasi rambut kering dan kusut yang pertama adalah dengan menggunakan daun jamu biji yang terkenal dapat memberi efek berkilau pada rambut. Perawatan ini juga tak bikin rambutmu lengket atau berbau tidak sedap.

Cara mendapatkan manfaat daun jambu biji ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu merebus daun jambu biji dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit.

Diamkan hingga dingin, lalu basahi rambut secara perlahan. Pijat kulit kepala secara lembut selama 10 menit. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama sekitar 1-2 jam, lalu bilas bersih.

2. Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya
©Pixabay/mozo190

Cara atasi rambut kering dan kusut berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker rambut.

Hal ini tak lain karena kandungan protelytic enzymes di dalamnya yang berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut secara alami dan melembapkannya. Rajin mengenakan masker dengan bahan alami ini dijamin membuat rambutmu berkilau dan terasa makin lembut.

Untuk membuatnya, kamu perlu gel lidah buaya, minyak zaitun, dan yoghurt. Campurkan 2 sdm gel lidah buaya dan minyak zaitun, serta 1 sdm yoghurt. Ratakan pada rambut sambil dipijat lembut selama 5 menit. Diamkan selama 30 menit, baru keramas dan bilas bersih.

3. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Cara atasi rambut kering dan kusut selanjutnya adalah dengan dengan tidak terlalu sering mencuci rambut. Sebab, kebiasaan mencuci rambut setiap hari pada orang-orang yang memiliki rambut kering dan mengembang malah membuat masalah tersebut semakin parah.

Bahkan hal itu bisa merusak rambut. Kamu sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

3 dari 3 halaman

4. Gunakan Kondisioner

Selain pemilihan sampo, kamu juga perlu melengkapinya dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Menggunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.

5. Hindari Pakai Hair Dryer pada Rambut Basah.
Tahukah kamu bahwa suhu panas dari hair dryer yang langsung diembuskan ke rambut basah akan menghasilkan rambut kering dan jadi mudah mengembang. Solusinya adalah dengan mengeringkan rambut kira-kira 3/4 bagiannya (dengan handuk).

Pastikan tidak ada air menetes dari rambut sebelum kamu mengeringkannya dengan hair dryer. Ini penting untuk menjaga kelembapan rambut dan menjaga rambut agar tidak mudah kusut.

6. Sisir Rambut Sebelum Keramas
Cara atasi rambut kering dan kusut lainnya bisa dengan memulai kebiasaan untuk menyisir rambut sebelum tidur. Hal ini karena menyisir rambut sebelum keramas bisa mencegah rambut mengembang. Saat menyisir, otomatis rambut kusutmu ikut menghilang dan sekaligus mengurangi risiko rambut patah setelah keramas. Rambut pun kembali halus dan lembut.

7. Mengonsumi Makanan Sehat
Cara atasi rambut kering dan kusut juga bisa dengan rajin mengonsumsi makanan sehat. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti ikan salmon sebagai salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang.

Konsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut. [nof]

Baca juga:
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut Rontok dan Masalah Lain, Baik untuk Kulit Kepala
Khasiat Rosemary untuk Atasi Rambut Rontok dan Cara Memanfaatkannya
Solusi Rambut Kuat Bebas Rontok Dimulai dari Kulit Kepala Sehat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini