Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Budaya Hidup Sehat adalah Upaya Melindungi Diri dari Penyakit, Berikut Penjelasannya

Budaya Hidup Sehat adalah Upaya Melindungi Diri dari Penyakit, Berikut Penjelasannya Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Banyak yang bilang kesehatan itu mahal harganya. Maka dari itu tak seorang pun ingin sakit. Namun, sering kali karena manusia lalai menjaga kesehatan tanpa disadari terkadang gaya hidup sehari-hari dapat menyebabkan seseorang jatuh sakit. Untuk mencegah risiko terkena berbagai penyakit sangat dianjurkan untuk menerapkan budaya hidup sehat.

Salah satu bentuk menjalani budaya hidup sehat adalah memperhatikan pola makan yang teratur dengan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, dibutuhkan istirahat yang cukup, rajin olahraga serta selalu berpikir positif agar terhindar dari permasalahan kesehatan batin atau kesehatan mental.

Menjalani budaya hidup sehat merupakan suatu hal yang seharusnya dilakukan setiap orang. Bukan saja demi kesehatan tapi juga kelangsungan hidup secara keseluruhan.

Jika kamu memiliki tubuh yang sehat maka kamu juga bisa jadi lebih produktif dan bisa punya kesempatan menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain. Namun, ternyata di luar sana masih banyak orang yang masih asing terkait budaya hidup sehat.

Berikut ini informasi lengkap mengenai budaya hidup sehat adalah upaya melindungi diri dari berbagai penyakit, lengkap dengan penjelasannya telah dirangkum merdeka.

Pengertian Budaya Hidup Sehat Menurut Para Ahli

1. Cindiawaty Pudjiadi (Dokter Spesialis Gizi)Menurut dokter spesialis gizi, Cindiawaty Pudjiadi, pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makan, tidur dan olahraga. Lebih dari itu, sehat merupakan kondisi yang baik secara keseluruhan, meliputi fisik, mental dan spiritual. Itu semua bisa terwujud kalau didukung banyak hal, seperti makan sehat, olahraga teratur dan istirahat. Selain itu pikiran juga harus terus dijaga agar tidak stres.

2. Yongky SentosaSementara itu, menurut Head of Personal Health Philips Indonesia, Yongky Sentosa, hidup sehat adalah saat seseorang mampu berolahraga dan olahraga sesuai porsinya serta dikombinasikan dengan makan yang sehat dan bergizi.

3. Arimbi NimpunoMenurut chef Arimbi Nimpuno, konsep hidup sehat itu apabila segala sesuatunya dilakukan secara seimbang. Hal itu meliputi makan, olahraga, dan istirahat. Artinya tidak ada diet ekstrem atau olahraga ekstrem melainkan olahraga sesuai porsinya.

Manfaat Budaya Hidup Sehat

Melakoni budaya hidup sehat secara konsisten dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu seperti berikut ini:

Menjaga sistem imun tubuh dan membantu tubuh terlindungi dari segala jenis penyakit kronis. Mengonsumsi makanan sehat dan rajin olahraga dapat membuat stamina dan energi jadi meningkat. Tentu saja hal itu dapat membuat kamu lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Memperpanjang usia dengan terus menjaga pola hidup sehat yang seimbang antara makanan yang dikonsumsi, olahraga dan istirahat yang cukup. Sehingga proses regenerasi dan metabolisme sel jadi lebih optimal. Menjaga berat badan tubuh ideal dan terhindar dari risiko obesitas. Menerapkan pola hidup sehat bukan hanya bermanfaat untuk menjaga fisik kamu tetap sehat, melainkan juga dapat menjaga kesehatan mental dengan cara memperbaiki suasana hati seseorang dan terhindar dari depresi. Olahraga rutin dan konsumsi makanan yang bergizi dapat membuat kulit jadi lebih sehat dan membuat kamu terlihat glowing. Ketika kamu telah mendapatkan beberapa manfaat di atas, secara otomatis kepercayaan diri kamu juga akan meningkat.

Penerapan Budaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Makan Secara Sehat dan SeimbangPenerapan budaya hidup sehat yang pertama adalah dengan makan secara sehat dan seimbang. Makanan yang kamu konsumsi setiap hari sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

Jika kamu memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat, wajib bagi kamu untuk mencatat semua makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Catatan ini bermanfaat untuk menjadi pengingat agar kamu membatasi konsumsinya. Baiknya konsumsi beragam buah dan sayuran setidaknya sembilang porsi dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

2. Istirahat yang CukupPenerapan budaya hidup sehat berikutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Tidak hanya memenuhi kebutuhan, istirahat yang cukup juga bisa meningkatkan mood, dapat memelihara kesehatan kulit dan penampilan kamu. Menurut beberapa ahli hormone pertumbuhan manusia (HGH) paling banyak diproduksi dalam keadaan tidur nyenyak. HGH adalah kunci yang akan membuat kita tetap sehat juga awet muda bahkan ketika kita sudah berhenti tumbuh pada usia-usia tertentu.

3. Hindari Stres BerlebihanPermasalahan dalam kehidupan memang kerap kali datang silih berganti. Hal semacam ini tidak jarang membuat seseorang akan rentan mengalami stres. Padahal stres merupakan salah satu pemicu datangnya penyakit dan berisiko membuat tubuh tampak lelah.

Banyak jalan keluar untuk menghindari stres , seperti lakukan meditasi setiap pagi sebelum bekerja usahakan dilakukan di luar ruangan, atau bisa juga dengan mendengarkan alunan musik yang santai, berpikir positif dan jalan-jalan supaya otak jauh lebih fresh.

4. Menghargai Diri SendiriOrang yang cenderung memelihara senyum di wajahnya maka dia akan terlihat lebih menyegarkan serta sejuk untuk dilihat. Tidak bisa disangkal aspek kebahagiaan begitu luas namun kerap kali orang-orang menyempitkan maknanya hanya pada perkara materi saja. Padahal anggapan demikian kerap kali membuat seseorang membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain.

Padahal kebahagiaan akan lebih mudah didapat apabila kita lapang dada untuk mensyukuri apa pun yang kita miliki sekarang sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. Semua orang memahami bila penghargaan terhadap diri sendiri adalah sesuatu yang penting untuk membentuk pikiran yang sehat. Tentu saja pikiran yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tampak awet muda.

5. Cukupi Kebutuhan CairanAir membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik, serta mampu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dan juga kontipasi. Sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 6-8 gelas setiap harinya.

Air putih baik untuk tubuh, tanpa bahan pengawet dan mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengan cairan tubuh. Air putih juga tidak mengandung glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh

(mdk/nof)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP

"Jaga Gaya Hidupmu, Jaga Kesehatan Matamu!"

Gaya hidup yang kita miliki sehari-hari bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Hal ini termasuk dalam kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Akibat Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Akibat Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Ketahui sejumlah masalah kesehatan kesehatan yang perlu diwaspadai akibat kebiasaan duduk terlalu lama yang kita miliki.

Baca Selengkapnya
6 Penyebab Lupa di Kehidupan Sehari-hari yang Tak Boleh Dianggap Sepele

6 Penyebab Lupa di Kehidupan Sehari-hari yang Tak Boleh Dianggap Sepele

Beberapa kondisi lupa bisa terjadi secara alami, namun beberapa juga bisa jadi disebabkan karena masalah kesehatan lainnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Bapak-bapak Setelah Usia 40 Tahun

10 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Bapak-bapak Setelah Usia 40 Tahun

Pada usia 40-an, seiring menerapkan gaya hidup sehat, penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Baca Selengkapnya
Jangan Asal, Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Demi Kesehatan

Jangan Asal, Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Demi Kesehatan

Mandi adalah rutinitas harian kebanyakan orang. Namun, apakah waktu mandi pagi atau malam memiliki efek pada kesehatan?

Baca Selengkapnya
6 Kebiasaan yang Harus Mulai Diterapkan di Usia 30an demi Kesehatan Jantung

6 Kebiasaan yang Harus Mulai Diterapkan di Usia 30an demi Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan sejak usia muda atau setidaknya pada usia 30-an.

Baca Selengkapnya
7 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami saat Berjalan-jalan di Alam Terbuka

7 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami saat Berjalan-jalan di Alam Terbuka

Berkelana dan menjelajah alam bebas memang menyenangkan namun juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Bangun Tidur, Kenali Penyebabnya

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Bangun Tidur, Kenali Penyebabnya

Sakit kepala saat bangun tidur bisa membuat kita merasa tidak nyaman dan sulit untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Sering Berkeringat di Malam Hari? Waspada, Bisa Jadi Tanda 5 Masalah Kesehatan Ini!

Sering Berkeringat di Malam Hari? Waspada, Bisa Jadi Tanda 5 Masalah Kesehatan Ini!

Nggak hanya karena keringat berlebih, ini beberapa masalah kesehatan yang bisa jadi penyebabnya.

Baca Selengkapnya