7 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Atasi Diabetes

Senin, 24 Agustus 2020 12:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Atasi Diabetes Ilustrasi kuaci. ©Shutterstock.com/JIANG HONGYAN

Merdeka.com - Kuaci merupakan olahan biji-bijian yang dikeringkan dan diasinkan. Kuaci umumnya berupa biji bunga matahari, biji labu, atau biji semangka.

Kuaci memiliki rasa gurih dan manis yang khas. Terlebih jika kamu mengonsumsi kuaci yang sudah ditambahkan bumbu yang membuat rasa gurihnya akan jauh lebih nikmat. Kuaci bisa jadi camilan sehat untuk teman menonton tv, belajar, atau sekadar santai di teras rumah sambil minum kopi.

Tak hanya nikmat, ternyata rajin mengonsumsi kuaci juga dapat membawa banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya kuaci terkenal dengan kandungan vitamin E, magnesium, sumber serat alami, dan serotonin. Selain itu kuaci juga terkenal akan kandungan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Jika bosan mengonsumsi kuaci secara langsung, kamu bisa menambahkannya sebagai topping salad, kue, dan topping makanan lainnya. Namun pastikan dalam jumlah yang wajar agar kuaci tidak kehilangan manfaatnya untuk kesehatan.

Berikut informasi mengenai 7 manfaat kuaci untuk kesehatan yang telah telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com.

2 dari 8 halaman

1. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kuaci yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini tak lain karena kuaci memiliki kandungan vitamin B, zat besi, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Magnesium dalam kuaci juga memiliki hubungan yang erat dengan sistem kekebalan tubuh. Magnesium dapat berperan mengatasi dan mencegah alergi.

Sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus pada kuaci juga membantu mencegah infeksi yang bisa menyerang tubuh.

3 dari 8 halaman

2. Bantu Jaga Kesehatan Reproduksi

reproduksi©2015 Merdeka.com

Manfaat kuaci berikutnya adalah dapat membantu jaga kesehatan reproduksi. Biji bunga matahari merupakan salah satu sumber fitoestrogen yang baik.

Fitoestrogen adalah metabolit nabati yang secara struktural dan fungsional mirip dengan hormon, terutama estrogen dan testosteron. Konsumsi kuaci biji bunga matahari dapat membantu menyeimbangkan hormon reproduksi.

Selain itu, berkat kandungan seng yang dimiliki kuaci semangka dan labu, maka keduanya sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma.

4 dari 8 halaman

3. Kaya Antioksidan

Kuaci bunga matahari, semangka, dan labu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Biji labu, semangka, dan bunga matahari mengandung antioksidan seperti karoten dan vitamin E.

Antioksidan ini berperan mencegah peradangan yang menjadi penyebab penyakit mulai dari radang sendi, diabetes, jantung, hingga kanker.

5 dari 8 halaman

4. Sehatkan Kulit

sehatwww.healthyskincare.com.au

Manfaat kuaci selanjutnya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya kuaci memiliki kandungan vitamin E dan magnesium yang bermanfaat menyehatkan kulit.

Magnesium juga bermanfaat bagi kulit dalam sintesis DNA dan RNA yang mencegah penuaan. Selain itu, seng pada kuaci juga membantu mencegah timbulnya jerawat. Vitamin E pada kuaci juga membantu mencegah radikal bebas yang bisa menimbulkan penuaan dini pada kulit.

Kuaci juga mengandung asam lemak esensial seperti asam linolenat, asam oleat, dan palmitat, yang membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin serta memberikan kehalusan pada jaringan kulit.

Seng dalam kuaci juga dapat membantu mengubah triptofan menjadi serotonin, yang kemudian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Jika siklus tidur baik maka hal itu akan sangat berpengaruh untuk kesehatan kulitmu. Sebab, kualitas tidur yang baik telah dikaitkan dengan kulit yang sehat.

6 dari 8 halaman

5. Kaya Magnesium

Kuaci merupakan sumber magnesium alami yang sangat tinggi. Magnesium dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi kimia dalam tubuh.

Magnesium penting untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membentuk dan memelihara tulang yang sehat, dan mengatur kadar gula darah.

7 dari 8 halaman

6. Atasi Diabetes

012 febrianti diah kusumaningrumshutterstock

Magnesium dalam kuaci juga berperan mengontrol glikemik dan mengurangi risiko diabetes. Orang dengan kadar magnesium rendah dikaitkan dengan risiko diabetes yang tinggi.

Kuaci dianggap memiliki efek antidiabetik karena kemampuannya untuk menurunkan kadar glukosa plasma. Selain itu, indeks glikemik kuaci juga cenderung rendah.

Menjadikan kuaci sebagai camilan merupakan keputusan yang tepat sebab kuaci bisa dikategorikan sebagai camilan yang sehat yang baik untuk penderita diabetes.

8 dari 8 halaman

7. Turunkan Berat Badan

Manfaat kuaci lainnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab kuaci tergolong sebagai makanan yang cenderung rendah kalori namun tinggi serat. Kuaci kaya akan serat makanan yang menjaga perut tetap kenyang, melancarkan pencernaan, dan mengontrol rasa lapar yang berlebihan.

Selain itu, kuaci juga mengandung protein yang dapat membantu penurunan berat badan lebih mudah. Protein ini membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Makanan tinggi serat juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini