7 Khasiat Teh Delima untuk Kesehatan, Cegah Alzheimer hingga Baik untuk Kulit

Kamis, 25 November 2021 14:17 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Khasiat Teh Delima untuk Kesehatan, Cegah Alzheimer hingga Baik untuk Kulit Ilustrasi buah delima. Shutterstock/tab62

Merdeka.com - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia karena tanpa kesehatan yang baik, maka setiap manusia akan sulit dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh selain rajin olahraga dan istirahat yang cukup. Selain itu penting sekali memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tubuh yang bugar dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dipercaya dapat terhindar dari berbagai macam bakteri penyebab penyakit. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh sedikit banyak terdapat dalam buah-buahan salah satunya buah delima yang mengandung serat, vitamin C, vitamin K, protein, folat, hingga kalium.

Jika kamu enggan mengonsumsi buah delima secara langsung, kamu bisa menggantinya dengan teh buah delima yang enak, praktis tapi tetap sehat untuk tubuh.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai 7 khasiat teh delima untuk kesehatan, cegah alzheimer hingga baik untuk kulit telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Kamis (25/11/2021).

2 dari 3 halaman

Khasiat Teh Delima


1. Mencegah Alzheimer
Khasiat teh delima yang pertama adalah dapat mencegah alzheimer. Hal ini tak lain karena teh delima menunjukkan sifat anti-neurodegenerative, punicalagin, dan urolithin sehingga dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Urolithin dapat membantu mencegah peradangan pada neuron, sementara punicalagin mengurangi kerusakan memori yang disebabkan oleh peradangan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Khasiat teh delima berikutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya teh yang dibuat dari kulit buah delima ini memiliki efek imunostimulan. Di mana adanya polisakarida pada kulitnya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Mendukung Kesehatan Jantung
Teh delima dikemas dengan polifenol utama seperti antosianin, asam fenolik, dan punicalagin yang memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa polifenol membatu melindungi penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan Sistem Reproduksi
Berikutnya teh delima juga memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem produksi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa beta-sitosterol pada biji delima memiliki aktivitas pelindung embrio dan dapat membantu melindungi sistem reproduksi dari kerusakan karena obat kemoterapi. Teh delima yang dibuat dari jus juga membantu meningkatkan konsetrasi sperma.

3 dari 3 halaman

Khasiat Teh Delima Lainnya


5. Mengelolah Diabetes
Khasiat teh delima selanjutnya adalah dapat mengelola diabetes. Hal ini tak lain karena buah delima memiliki berbagai asam ellagic dan punicalagin yang dapat membantu mengurangi lonjakan glukosa yang disebabkan setelah makan. Jadi, mengonsumsi teh delima dapat mengelola diabetes secara efektif dan dapat mencegah risiko komplikasi diabetes.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan
Jumlah asam punicic yang tinggi dalam teh delima dapat membantu menurunkan berat badan karena efeknya dalam menurunkan kolesterol. Selain itu, daun delima mengurangi lipid atau lemak dalam darah dan kolesterol total serum dalam tubuh. Secara keseluruhan, teh delima sangat membantu menurunkan berat badan.

7. Baik Untuk Kulit
Buah delima efektif melawan kerusakan kulit akibat sinar UV. Radiasi ultraviolet bertanggung jawab atas banyak masalah kulit seperti peradangan eritema, kanker kulit, dan perubahan terkait usia dini. Teh delima juga membantu mengurangi efek kerusakan UV karena memiliki antioksidan yang kuat.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manfaat Delima
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini