6 Cara Membersihkan Usus secara Alami, Jadikan Pencernaan yang Bersih dan Sehat

Sabtu, 4 Juli 2020 18:02 Reporter : Andre Kurniawan
6 Cara Membersihkan Usus secara Alami, Jadikan Pencernaan yang Bersih dan Sehat Ilustrasi Pencernaan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu organ penting dalam sistem pencernaan adalah usus. Jika usus kita mengalami gangguan, maka akan berdampak pada sistem pencernaan.

Itulah kenapa, penting untuk selalu menjaga kesehatan usus. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus yaitu dengan membersihkan usus.

Usus kita bisa menjadi kotor akibat makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Sisa makanan sehari-hari tidak akan bisa dikeluarkan seluruhnya dalam bentuk feses. Sisa-sisa makanan tersebut akan menempel di dinding usus dan akan semakin menumpuk jika dibiarkan.

Jika dibiarkan menumpuk, tentu hal ini akan menimbulkan masalah pada saluran pencernaan. Maka dari itu, pembersihan usus menjadi solusi untuk masalah ini.

Untuk membersihkan usus, Anda bisa mencoba beberapa cara membersihkan usus secara alami berikut ini, yang berhasil kami rangkum dari Healthline.

1 dari 6 halaman

Air

air putih

© Istimewa

Cara membersihkan usus secara alami yang pertama yaitu dengan menggunakan air. Dengan mengonsumsi banyak air dan tetap terhidrasi, menjadi cara yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan. Anda disarankan untuk minum enam hingga delapan gelas air hangat setiap hari.

Anda juga bisa mencoba makanan yang mengandung kadar air yang tinggi. Makanan ini bisa berupa buah-buahan dan sayuran seperti semangka, tomat, selada, dan seledri.

Karena selain air, ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk membantu membersihkan usus secara alami melalui diet.

2 dari 6 halaman

Air Garam

garam

©www.feelhealthylife.com

Cara membersihkan usus secara alami yang kedua adalah dengan menggunakan air asin. Jika Anda sedang mengalami sembelit atau ada gangguan pada sistem pencernaan, cobalah untuk menggunakan cara ini.

Sebuah studi pada 2010 menunjukkan bahwa air garam mungkin dapat membersihkan usus ketika disertai dengan pose yoga tertentu. Sebelum makan di pagi hari, campurkan 2 sendok teh garam dengan air hangat. Jika Anda memiliki garam laut atau garam Himalaya akan lebih baik.

Minumlah air dengan cepat saat perut kosong, dan dalam beberapa menit, Anda mungkin akan merasa perlu pergi ke kamar mandi.

Lakukan ini di pagi dan sore hari, dan pastikan untuk tinggal di tempat yang dekat dengan kamar mandi setelah pembersihan. Karena mungkin Anda akan perlu ke kamar mandi beberapa kali.

3 dari 6 halaman

Diet Tinggi Serat

makanan berserat

© Thenutritionpost.com

Cara membersihkan usus secara alami yang ketiga yaitu dengan diet tinggi serat. Serat adalah makronutrien penting, namun terkadang sering diabaikan. Kandungan serat bisa ditemukan pada makanan nabati yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan banyak lagi.

Tumbuhan mengandung selulosa dan serat yang membantu "memperbesar" materi berlebih di usus besar. Cara ini juga dapat mengatur sembelit dan usus yang terlalu aktif, sekaligus meningkatkan bakteri yang bermanfaat sebagai prebiotik.

Pastikan untuk makan banyak makanan yang berserat tinggi, karena makanan ini dapat membantu usus menjadi sehat. Mereka juga bisa sangat bermanfaat untuk bakteri pada usus.

4 dari 6 halaman

Jus dan Smoothie

ilustrasi jus buah

©Shutterstock/Mariusz Szczygiel

Jus adalah pembersih usus yang sudah banyak dikenal. Asupan jus dengan porsi yang sedang bisa berdampak baik untuk kesehatan Anda.

Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan. Mereka juga menahan air untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.

Terlebih lagi, sebuah penelitian pada 2015 menemukan bahwa vitamin C merupakan nutrisi yang dapat menjadi cara membersihkan usus. Vitamin C bisa kita temukan dalam sebagian besar buah dan sayuran .

Jus populer yang bisa digunakan untuk membersihkan usus, seperti jus apel, jus lemon, dan jus sayuran. Namun, beberapa ahli gizi merekomendasikan smoothie daripada jus untuk kesehatan usus dan keseluruhan.

Karena ampas dan kulit dihilangkan saat membuat jus, jus hanya mengandung lebih sedikit serat. Sedangkan smoothie memiliki lebih banyak serat, yang berguna bagi kesehatan pencernaan.

5 dari 6 halaman

Pati Resisten

bijian

©2017 nestle-cereals.com

Cara membersihkan usus secara alami yang keempat yaitu dengan pati resisten. Pati resisten mirip dengan serat. Kandungan ini bisa ditemukan di dalam makanan nabati seperti kentang, beras, kacang-kacangan, pisang hijau, dan biji-bijian.

Pati ini menawarkan kesehatan bagi usus dengan meningkatkan mikroflora usus. Sebuah tinjauan tahun 2013 tentang pati resisten juga menemukan bahwa pati resisten berguna untuk mengurangi risiko kanker usus besar.

6 dari 6 halaman

Probiotik

002 siti rutmawati

authoritynutrition.com

Menambahkan probiotik ke dalam makanan adalah cara membersihkan usus yang lain. Cara ini juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Anda bisa mendapatkan probiotik dengan mengonsumsi suplemen probiotik. Beberapa makanan juga memiliki kandungan probiotik yang tinggi, seperti yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

Probiotik memberikan bakteri baik ke usus dengan bantuan serat dan pati resisten. Kandungan ini akan mencegah peradangan, yang merupakan salah satu elemen penting dalam kesehatan pencernaan pada usus.

Cuka apel juga dianggap sebagai probiotik dan juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan usus. Enzim dan asam yang terkandung dalam cuka apel dapat menekan bakteri jahat. Namun, masih belum ada studi yang berhubungan dengan hal ini.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini