5 Iklan Jadul Ini Sempat Bikin Heboh, Jadi Lelucon Hingga Ada 'Penampakan'

Minggu, 29 Maret 2020 16:21 Reporter : Miftahul Arifin
5 Iklan Jadul Ini Sempat Bikin Heboh, Jadi Lelucon Hingga Ada 'Penampakan' klinik tong fang. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Iklan memang menjadi sarana pemasaran suatu produk agar dikenal oleh masyarakat umum. Semakin luas jangkauan iklan itu diedarkan, maka semakin banyak pula warga yang mengetahui fungsi dan kegunaan produk tersebut.

Iklan memang dapat ditemui di berbagai media, mulai dari koran, majalah, radio, televisi sampai Internet. Berbagai cara juga dilakukan pihak produsen dalam membuat kemasan iklan yang menarik agar dapat mengena di hati masyarakat.

Namun, apa jadinya jika iklan-iklan produk yang dibuat itu malah menjadi suatu kehebohan sampai bahan olok-olokan dalam masyarakat. Tentu saja ini bukan suatu hal yang diharapkan dari pihak produsen.

Fenomena iklan yang menjadi perbincangan khalayak memang sudah terjadi sejak lama. Tapi dengan semakin meningkatnya penggunaan media sosial, viral atau penyebaran iklan tersebut dalam pergunjingan di internet semakin luas hingga ke berbagai kalangan.

Sebetulnya tidak ada maksud dari pihak produsen untuk membiarkan produk iklan mereka diparodikan atau dipelesetkan pihak tertentu. Namun, apa jadinya jika salah satu pihak sudah memparodikan iklan mereka dan menyebar di media sosial, tentu saja hasilnya adalah kehebohan di kalangan masyarakat.

Sebut saja pada 2012 lalu ketika iklan dari klinik Tong Fang menjadi perbincangan banyak orang lantaran beberapa pihak mulai memparodikan testimoni dari pasien klinik Tong Fang. Tentu saja ini mengundang kelucuan.

Tahun 2014 lalu, iklan produk Mastin juga menjadi fenomena baru lantaran iklan produk itu telah menjadi bahan lucu-lucuan berbabagi kalangan. Dengan moto "Ada kabar gembira", pengguna Internet (netizen) mulai memparodikan produk yang bahan utamanya merupakan ekstrak kulit buah manggis.

Namun, iklan yang menjadi heboh dan perbincangan tidak hanya terjadi pada produk yang diparodikan. Ada juga iklan yang sempat menjadi kehebohan lantaran ada sosok penampakan dalam iklan itu.

Iklan sampo produk Sunsilk contohnya. Iklan tayang pada 2004 silam itu sempat menjadi perbincangan kala itu lantaran ada penampakan sesosok bayangan hitam di belakang sang model iklan. Lalu ada iklan salah satu produk minuman yang terkenal di Indonesia, di mana di iklan itu sempat terlihat sesosok wajah.

Berikut lima iklan yang sempat menghebohkan seperti yang berhasil dihimpun merdeka.com, Minggu (29/3):

Baca Selanjutnya: Iklan Ekstrak Kulit Manggis Mastin...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jabar
  3. Tren
  4. Iklan Viral
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini