3 Fungsi Router, Pahami Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Modem

Sabtu, 2 Mei 2020 15:04 Reporter : Andre Kurniawan
3 Fungsi Router, Pahami Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Modem Linksys EA2750 N600 Dual-Band Smart Wi-Fi Router. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kita pasti sudah sering mendengar kata router. Kita tahu bahwa router inilah alat dibalik jaringan internet yang sering kita nikmati setiap hari. Namun, apa sebenarnya alat ini?

Router adalah perangkat keras yang dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama atau juga jaringan yang berbeda. Routing adalah proses pengiriman paket data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Setiap router memiliki beberapa fasilitas, yaitu fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan NAT (Network Address Translator). Fasilitas DHCP merupakan layanan yang dapat mendistribusikan IP Address lain kepada perangkat komputer.

Sementara NAT merupakan fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat dibagikan kepada alamat IP lain. Dengan mendapatkan alamat IP lain inilah, suatu perangkat dapat terhubung ke perangkat lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami rangkum dari berbagai sumber, beberapa hal mengenai fungsi router, jenis router, perbedaannya dengan modem, dan cara kerja router.

2 dari 5 halaman

Fungsi Router

Selain dapat menghubungkan 2 jaringan atau lebih, fungsi router juga berguna sebagai berikut:

Menghubungkan Jaringan

Fungsi router yang pertama adalah sebagai penghubung jaringan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa router memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga si pemakai dapat mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya.

Proses koneksi bekerja dengan cara mendistribusikan IP address kepada setiap komputer dalam jaringan, baik secara statis ataupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).

Mentransmisikan Informasi

Fungsi router yang kedua adalah untuk mentransmisikan informasi. Fungsi lain router adalah untuk mentransmisikan informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan atau Bridge.

Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi router yang ketiga adalah untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router. Teknologi router saat ini sudah lebih canggih, di mana penggunaannya tidak hanya menggunakan sambungan kabel LAN, tapi juga dengan menggunakan teknologi wireless.

3 dari 5 halaman

Jenis Router

perangkat tl mr6400 4g router dari tp link
©2020 Merdeka.com

Router kabel

Router kabel biasanya terhubung langsung ke modem atau Wide Area Network (WAN) melalui kabel jaringan. Router ini biasanya terpasang dengan port yang terhubung ke modem agar terhubung dengan internet.

Router nirkabel

Router juga dapat terhubung secara nirkabel ke perangkat yang mendukung standar nirkabel yang sama. Router nirkabel dapat menerima informasi dan mengirim informasi ke internet.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Router dengan Modem

fi
© makeuseof.com

Karena modem modern sering dilengkapi dengan router bawaan, perbedaan antara modem dan router terkadang tidak jelas. Tetapi mereka yang mengingat awal kemunculan internet akan tahu bahwa keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Anda memerlukan modem untuk terhubung ke internet melalui ISP anda. Sedangkan anda membutuhkan router untuk menghubungkan banyak perangkat dalam sebuah jaringan, termasuk modem anda.

Oleh karena itu, router memungkinkan modem anda dan perangkat lain untuk mentransfer data dari satu lokasi ke lokasi lain. Modem adalah saluran yang mengirim data ke internet dan menerima data dari internet.

Anda memerlukan modem karena jenis sinyal yang digunakan oleh komputer dengan yang digunakan oleh internet pada umumnya berbeda. Komputer dan perangkat seluler menggunakan sinyal digital, sementara internet bekerja pada sinyal analog.

Modem mengubah sinyal-sinyal ini ke format yang benar. Jadi, konversi sinyal ini adalah fungsi khusus dari modem. Sedangkan fungsi router bekerja untuk mengkoordinasikan sinyal-sinyal tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Kerja Router

004 larensi mahligai mustika rani
© lynn-library.libguides.com

Sederhananya, cara kerja router adalah menghubungkan perangkat-perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.

Anda bisa membayangkan data ini sebagai kurir yang mengantar paket. Kurir membutuhkan alamat pengiriman yang tepat agar paket dapat sampai ke penerima yang tepat.

Jaringan komputer lokal anda seperti jalan di pinggiran kota. Butuh lokasi yang jelas dan tepat di daerah yang luas tempat kita tinggal.

Jika alamat lokasi tidak jelas, maka paket itu dapat dengan mudah berakhir di rumah yang salah karena informasi yang terbatas. Dengan gambaran ini, memberikan penjelasan bahwa router berguna untuk memastikan bahwa setiap lokasi (perangkat) memiliki nomor unik sehingga paket tersebut pergi ke alamat yang benar.

Jika anda perlu mengembalikan data ke pengirim, atau mengirim paket anda sendiri, router juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan ini juga. Meskipun dalam menangani masing-masing paket secara terpisah, router melakukan pekerjaan ini dengan sangat cepat sehingga terasa instan, bahkan ketika ada beberapa perangkat mengirim data secara bersamaan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini