3 Fungsi Router, Pahami Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Modem

Sabtu, 2 Mei 2020 15:04 Reporter : Andre Kurniawan
3 Fungsi Router, Pahami Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Modem Linksys EA2750 N600 Dual-Band Smart Wi-Fi Router. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kita pasti sudah sering mendengar kata router. Kita tahu bahwa router inilah alat dibalik jaringan internet yang sering kita nikmati setiap hari. Namun, apa sebenarnya alat ini?

Router adalah perangkat keras yang dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama atau juga jaringan yang berbeda. Routing adalah proses pengiriman paket data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Setiap router memiliki beberapa fasilitas, yaitu fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan NAT (Network Address Translator). Fasilitas DHCP merupakan layanan yang dapat mendistribusikan IP Address lain kepada perangkat komputer.

Sementara NAT merupakan fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat dibagikan kepada alamat IP lain. Dengan mendapatkan alamat IP lain inilah, suatu perangkat dapat terhubung ke perangkat lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami rangkum dari berbagai sumber, beberapa hal mengenai fungsi router, jenis router, perbedaannya dengan modem, dan cara kerja router.

Baca Selanjutnya: Fungsi Router...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini