10 Manfaat Sari Kurma, Menjaga Kesehatan Tulang hingga Mempercepat Proses Persalinan

Senin, 18 Mei 2020 15:05 Reporter : Andre Kurniawan
10 Manfaat Sari Kurma, Menjaga Kesehatan Tulang hingga Mempercepat Proses Persalinan ilustrasi kurma. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Ferumov

Merdeka.com - Kurma menjadi buah yang paling dicari ketika bulan Ramadhan. Buah anjuran Rasulullah SAW ini memang cocok dijadikan makanan untuk berbuka atau pun ketika sahur. Selain lezat, nutrisi yang ada di dalamnya pun juga baik bagi kesehatan tubuh.

Buah kurma bisa dikonsumsi secara langsung, atau juga bisa dikonsumsi dalam bentuk cair, yaitu sari kurma. Dalam bentuk sari kurma ini, kandungan yang ada di dalamnya pun masih tetap luar biasa.

Terdapat kalium, magnesium, tembaga, besi, vitamin A, vitamin K, vitamin B6, folat, riboflavin, dan niasin yang berkumpul di dalamnya.

Tidak heran jika sari kurma juga memiliki manfaat kesehatan yang diperlukan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat sari kurma untuk kesehatan anda.

1 dari 5 halaman

Meningkatkan Trombosit dan Hemoglobin

ilustrasi darah

©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Manfaat sari kurma yang pertama adalah dapat meningkatkan trombosit dan hemoglobin dalam tubuh. Sari kurma memiliki kandungan zat besi yang berguna sebagai penambah darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan, pemberian sari kurma pada ibu hamil terbukti dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Walaupun tidak membantu secara signifikan, namun manfaat yang muncul dapat terasa.

Di sisi lain, hasil penelitian kepada pasien demam berdarah yang diberi sari kurma untuk meningkatkan trombosit juga pernah disampaikan dalam Seminar Nasional Keperawatan pada 2016.

Hasilnya, diketahui bahwa dengan mengonsumsi sari kurma dapat meningkatkan trombosit sebesar 8,09 persen per hari.

2 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan

Sumber Energi yang Baik

Manfaat sari kurma yang kedua adalah dapat menjadi sumber energi yang baik. Bagi Anda yang mudah lesu, sari kurma bisa menjadi solusi sehat bagi Anda. Kadar gulanya yang tinggi dapat memberikan energi yang tinggi pula.

Namun jangan khawatir, karena kandungan gula dalam sari kurma tergolong gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Mengatasi Gangguan Penglihatan

Manfaat sari kurma yang ketiga adalah dapat mengatasi gangguan penglihatan pada malam hari. Ketika tubuh Anda kekurangan vitamin A, Anda bisa saja mengalami kebutaan di malam hari.

Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, dapat menggunakan cara alami yaitu dengan mengonsumsi sari kurma. Buah kurma kaya akan karotenoid, senyawa yang dapat membantu mencegah kebutaan di malam hari dan menjaga kesehatan mata secara umum.

3 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

tulang

©www.indusladies.com

Manfaat sari kurma yang keempat adalah menjaga kesehatan tulang. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Critical Reviews di Food Science and Nutrition menunjukkan bahwa sejumlah besar mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium ditemukan dalam buah-buahan kering.

Sehingga menjadikan kurma termasuk makanan yang dapat memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat sari kurma yang kelima adalah dapat mengatasi sembelit. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa buah kurma memiliki kandungan serat makanan dan serat tak larut yang tinggi.

Serat tidak larut dapat berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan yang sehat dengan membuat tinja menjadi lebih padat dan membantu meredakan gejala sembelit. Makanan yang kaya serat juga sangat penting untuk meningkatkan pergerakan usus yang sehat.

Selain mengobati sembelit, sari kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat yang tidak larut dan larut serta berbagai asam amino yang terkandung di dalamnya dapat merangsang pencernaan makanan dan memastikan pergerakan makanan lebih cepat melalui saluran pencernaan.

4 dari 5 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

ilustrasi penyakit jantung

©Shutterstock.com/woaiss

Manfaat sari kurma yang kedelapan adalah dapat mencegah penyakit jantung. Salah satu khasiat dari sari kurma adalah menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit terkait jantung lainnya.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan, bahwa dengan mengonsumsi kurma, efektif untuk mengurangi kadar trigliserida dan stres oksidatif.

Kedua hal tersebut merupakan faktor risiko penyakit jantung dan atherogenesis, penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah

Membantu Mengobati Diare Kronis

Manfaat sari kurma yang kesembilan adalah dapat mengobati diare kronis. Kurma merupakan buah yang memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Makanan yang kaya akan kalium dapat membantu menggantikan dan melengkapi elektrolit yang hilang akibat diare kronis.

Selain itu, karena kandungan serat yang tinggi, sari kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5 dari 5 halaman

Mempercepat Proses Persalinan

persalinan bayi di tanggal cantik

©2020 Liputan6.com/Herman Zakharia

Manfaat sari kurma yang kesepuluh yaitu dapat mempercepat proses persalinan. Bagi ibu hamil, sari kurma bisa bermanfaat untuk melakukan persalinan normal.

Sari kurma bisa menjadi pilihan terapi non-farmakologis yang dapat memicu kinerja hormon oksitosin sehingga dapat mempercepat persalinan kala 1.

Hormon oksitosin sendiri adalah hormon yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini