10 Brush Make Up dan Fungsinya, Jangan Sampai Salah Pakai

Kamis, 2 April 2020 20:51 Reporter : Novi Fuji Astuti
10 Brush Make Up dan Fungsinya, Jangan Sampai Salah Pakai Brush Make Up. ©2019 Merdeka.com/Shuttertsock

Merdeka.com - Make up merupakan salah satu ritual yang melekat dengan perempuan, tentu saja banyak orang percaya bahwa riasan wajah dapat menunjang penampilan seseorang. Apalagi di era modern ini make up menjadi salah satu kebutuhan utama seorang perempuan. Rasa-rasanya ada yang kurang bila tidak make up.

Bagi kamu yang masih baru belajar make up mengenal beragam alat make up dan fungsinya merupakan tantangan tersendiri. Untuk mendapatkan hasil make up yang sempurna kamu dituntut untuk menggunakan peralatan make up sesuai dengan fungsinya.

Salah satu alat make up yang memiliki beragam bentuk adalah brush, tidak jarang kita akan kebingungan karena bentuknya sangat mirip satu sama lain tapi memiliki fungsi yang berbeda.

Di bawah ini ada 10 jenis brush make up beserta fungsinya, jangan sampai kamu salah pilih telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Kamis, (2/4).

1 dari 10 halaman

1. Fluffy Brush untuk Mengaplikasikan Eyeshadow

Kalau dilihat bentuknya, fluffy brush memiliki ujung kuas lebih panjang. Fungsi brush make up ini untuk mengaplikasikan eyeshadow di seluruh kelopak mata.

Brush ini juga berfungsi membuat layer atau lapisan eyeshadow, dan membuat lapisan eyeshadow tampak flawless.

2 dari 10 halaman

2. Flat Brush untuk Meratakan Warna Eyeshadow

Sekilas, bentuk flat brush sangat mirip dengan fluffy brush. Bedanya, flat brush lebih tebal dan ujungnya sedikit lebih melengkung.

Fungsinya, untuk meratakan warna eyeshadow, terutama di bagian lipatan kelopak mata. Selain itu, brush make up ini juga berguna untuk menyatukan warna eyeshadow dan membuat cut-crease eye look make up.

3 dari 10 halaman

3. Angled Eyeliner Brush untuk Mengaplikasikan Eyeliner

Kalau brush make up satu ini memiliki ujung kuas unik. Berbeda dengan eye brush sebelumnya, angled eyeliner brush memiliki satu sisi kuas yang runcing.

Brush ini berfungsi mengaplikasikan dan merapikan eyeliner. Angled eyeliner brush ini juga bisa digunakan untuk membuat bentuk eyeliner lebih tajam.

4 dari 10 halaman

4. Foundation Brush

Brush untuk alas bedak ini cenderung berbentuk pipih dan memiliki jenis bulu lebih keras dari pada brush lainnya.

ilustrasi make up

2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Africa Studio

Brush tersebut sangat tepat untuk mengaplikasikan jenis kosmetik yang berbentuk cair maupun krim seperti liquid foundation, creamy foundation, hingga BB atau CC cream.

5 dari 10 halaman

5. Powder Brush

Brush ini digunakan untuk membubuhkan bedak pada seluruh wajah. Ujung bulunya cenderung menebal atau cembung, dengan fungsi sebagai pembauran dari alas bedak (foundation), contouring, dan bedak itu sendiri.

ilustrasi bedak

Pixabay

Bedak yang digunakan dapat berbentuk padat (compact) atau tabur (loose powder). Di samping itu, biasanya ada tiga pilihan ukuran kuas di antaranya kecil, medium, dan besar. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

6 dari 10 halaman

6. Blush Brush

Brush untuk pemulas pipi ini cenderung memiliki gagang yang lebih ramping dan panjang dibandingkan brush powder. Ketebalan bulu brushnya juga lebih sedikit dan biasa digunakan untuk membubuhkan blushon atau produk shimmering.

7 dari 10 halaman

7. Contour Brush

Contouring merupakan teknik makeup yang sebagian besar dilakukan dengan menggunakan brush atau kuas. Sebagian orang ada yang menggunakan brush khusus blush untuk mengaplikasikan contour, tapi tentu saja hal itu tidak sarankan.

Brush khusus contour memiliki ujung yang meruncing dengan bulu-bulu yang lebih padat. Ujung yang runcing didesain agar kamu bisa lebih mudah dalam mengaplikasikan contour di beberapa area wajah.

8 dari 10 halaman

8. Concealer Brush

Concealer merupakan produk makeup yang berfungsi untuk menyamarkan berbagai ketidaksempurnaan pada wajah, misalnya bekas jerawat, noda hitam, dan garis-garis halus.

Agar kekurangan pada wajah tertutupi dengan sempurna, brush untuk mengaplikasikan concealer tidak boleh sembarangan. Karena concealer bersifat spot correction, maka umumnya brush berbentuk flat dengan ujung yang meruncing. Ukurannya kecil dan tidak sebesar brush untuk foundation.

9 dari 10 halaman

9. Eye Liner Brush

007 tantri setyorini

Indian Makeup and Beauty Blog

Ingin membuat wing eyeliner? Atau masih belum terlalu bisa menggunakan produk eyeliner? Kamu bisa memanfaatkan kuas eye liner yang memiliki ujung meruncing dan berukuran sangat kecil. Dengan begitu kamu bisa mengontrol berapa banyak produk yang hendak diaplikasikan.

10 dari 10 halaman

10. Lip Brush

ilustrasi lipstik

Shutterstock

Sebenarnya lipstik bisa langsung diaplikasikan. Namun, jika kamu menginginkan kombinasi yang pas dan produk tidak meleber atau melenceng ke luar garis bibir, maka sebaiknya gunakan kuas lipstik.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Brush Make Up
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini