Yuk Buka Puasa Nikmat Dengan Lauk Perkedel Kentang Sederhana, Ini Resepnya!

Sabtu, 16 Mei 2020 13:18 Reporter : Indra Cahya
Yuk Buka Puasa Nikmat Dengan Lauk Perkedel Kentang Sederhana, Ini Resepnya! Ilustrasi perkedel kentang kornet. © DapurKobe

Merdeka.com - Saat ini hampir memasuki pekan terakhir di bulan Ramadan ini. Saat ini nampaknya variasi menu buka puasa sudah mulai menipis. Di saat seperti ini, jadi hal yang paling bijak apabila kita buka puasa dengan sesuatu yang sederhana saja.

Nah, salah satu menu lauk buka puasa yang sederhana dan mudah membuatnya adalah perkedel. Dengan bahan yang mudah didapat, perkedel adalah lauk buka puasa yang mudah dipadukan dengan sayur lain ataupun dengan makanan yang Anda sudah stok sebelumnya.

Dengan paduan kentang tumbuk serta bumbu-bumbu khas Indonesia yang terasa sembari mengunyah kelembutannya, buka puasa Anda tentu bakal makin nikmat dengan lauk perkedel.

Terlebih lagi sajian buka puasa Anda berkuah segar dan menggunakan karbohidrat utama berupa mie atau lontong. Perkedel bisa hadir sebagai penambah tekstur yang nikmat di mulut Anda kala buka puasa.

Memang perkedel adalah kudapan yang lazim dijual di pasar takjil selama bulan Ramadan. Namun dengan adanya pandemi, alangkah lebih bijak untuk tetap di rumah saja dan membuat sendiri perkedel untuk buka puasa.

Nah, mau tahu bagaimana resep buka puasa yang nikmat dengan lauk perkedel? Dilansir dari berbagai sumber, berikut resepnya, coba yuk!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Perkedel Kentang:

  1. Cuci kentang, kemudian rebus hingga matang. Setelah dingin, kupas kulitnya dan tumbuk hingga halus.
  2. Potong pangkal batang seledri yang tua, kemudian iris halus sisa batang dan daunnya. Sisihkan.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, dan merica, kemudian tumis hingga wangi dan berubah warna.
  4. Campur kentang yang sudah ditumbuk dengan bumbu tumis dan daun seledri, kemudian padatkan membentuk bulatan pipih.
  5. Balur perkedel dengan kuning telur yang sudah dikocok, kemudian goreng dalam minyak panas dan banyak sampai berwarna kecoklatan.
  6. Itulah cara membuat perkedel kentang rebus sederhana. Sajikan perkedel kentang dalam keadaan hangat dengan nasi atau cocolan sambal.

 

3 dari 3 halaman

Tips Membuat Perkedel Kentang Agar Tidak Hancur Saat Digoreng

perkedel kentang agar tidak hancur saat digoreng

Cukup banyak yang gagal membuat perkedel bulat sempurna karena terlebih dahulu hancur saat proses menggoreng. Bagaimana cara membuat perkedel kentang yang tidak mudah rusak saat digoreng? Berikut ini kami tampilkan beberapa tips yang bisa dipraktikkan di dapur.

  • Balut dengan telur yang banyak. Adonan perkedel akan lebih padat dan tidak mudah terburai jika dibalut dengan telur yang banyak.
  • Campur dengan tepung terigu. Sesendok makan terigu saat menguleni bisa membuat perkedel terikat dan tidak mudah rusak pada proses penggorengan. Terutama jika Anda tidak menggunakan telur sebagai baluran.
  • Pakai minyak panas. Jangan menggoreng perkedel di dalam minyak yang masih belum panas, karena minyak akan meresap ke dalam adonan dan membuatnya lembek.
  • Jangan menggoreng terlalu banyak perkedel di saat yang bersamaan. Inilah yang membuat perkedel mudah rusak.
  • Jangan diaduk terus. Tips terakhir dan paling penting adalah jangan mengaduk perkedel. Biarkan perkedel mengeras karena panas minyak. Balik seperlunya saja agar kedua sisi matang sempurna.

Tips Tambahan

  • Anda bisa menambahkan daging sapi atau daging ayam cincang agar lebih nikmat
  • Jika daging cincang dirasa rumit, tambahan kornet kalengan juga nikmat
  • Untuk hasil lebih nikmat, Anda bisa menggoreng kentangnya, bukan merebus. Perkedel juga akan jadi lebih mudah dibentuk dan tak hancur kala digoreng
  • Anda juga bisa cukup mengiris bawang merah dan bawang putih tanpa blender, untuk tekstur yang lebih kaya

Selamat mencoba ya! Semoga dengan menu perkedel ini, buka puasa Anda jadi makin nikmat! [idc]

Baca juga:
Komunitas Muslim Indonesia di Amerika Sediakan Layanan Buka Puasa Drive Thru
Jadwal Buka Puasa Ramadhan 1441 H Kamis 14 Mei 2020 di Indonesia
Jadwal Buka Puasa Ramadhan 1441 H Rabu 13 Mei 2020 di Indonesia
Cara Unik Mesir Sambut Waktu Berbuka dengan Tembakan Meriam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini