6 Tips Makan Daging Sapi dengan Enak di Resto Japanese Grill

Rabu, 17 Agustus 2022 16:01 Reporter : Tantri Setyorini
6 Tips Makan Daging Sapi dengan Enak di Resto Japanese Grill Teras Japan Malang. ©2022 Tantri Setyorini

Merdeka.com - Saat ini, restoran japanese grill menjamur di berbagai kota. Baik yang menyajikan daging premium atau berkonsep all u can eat. Mungkin Anda juga termasuk penggemarnya.

Bersantap di resto japanese grill memang nikmat. Tapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kenikmatan bersantap makin optimal.

Nah, bagaimana cara terbaik agar Anda bisa menikmati acara bersantap di resto japanese grill? Berikut ini beberapa tips yang bisa disimak.

2 dari 7 halaman

1. Pilih daging yang uratnya paling sedikit agar tidak alot

daging di teras japan malang

©2022 Tantri Setyorini

Resto japanese grill biasanya menyiapkan berbagai jenis daging sesuai pilihan pelanggan. Mulai dari yang bertekstur, berlemak, hingga yang terasa meleleh di mulut.

Jika Anda menyukai daging yang bertekstur, pilih karubi atau shortplate. Penggemar daging juicy dan meleleh di mulut bisa pilih harami (daging di area diafragma), zabuton atau jorosu (daging di area rusuk), hire (tenderloin), dan hireshita (sirloin).

Kalau lebih suka daging yang rasanya tidak terlalu berlemak, coba pesan makura (kaki bagian bawah), sotomomo, atau ran ichi dan ichibo yang berasal dari bagian pinggang hingga paha.

3 dari 7 halaman

2. Celupkan daging ke dalam minyak sebelum dibakar

Biasanya, daging di resto japanese grill disajikan bersama beberapa jenis bumbu dan saus. Salah satunya adalah minyak wijen. Sebelum dipanggang, celupkan irisan daging ke dalam minyak wijen.

"Jadi, memang kalau dicelupkan ke minyak wijen dulu, si minyak wijen ini, kan, bisa nyerap [lemak], karena udah ada lemonnya, bisa ngilangin amis," jelas Niar, franchise manager restoran japanese grill, Teras Japan Malang.

Minyak yang menetes ke panggangan juga bisa membuat api lebih berpijar, sehingga lebih cepat matang. "Aroma asapnya juga aroma smokey," cerita Niar lagi.

4 dari 7 halaman

3. Panggang daging yang belum dimarinasi terlebih dahulu

Biasanya, ada daging yang sudah dimarinasi dan daging yang belum dibumbui. Panggang daging yang belum dibumbui terlebih dahulu.

Daging di resto japanese grill juga kerap disajikan bersama sayuran seperti bawang bombai, paprika, atau negi (bawang perai). Sayuran seperti ini sebaiknya juga dipanggang terlebih dahulu.

Daging yang sudah dimarinasi sebaiknya dipanggang terakhir. Tujuannya agar sisa bumbu yang menempel di panggangan tidak mengubah rasa daging yang dipanggang selanjutnya.

5 dari 7 halaman

4. Celupkan daging ke dalam saus secukupnya saja

 ilustrasi daging sapi

© unsplash.com/Prastika Herlianti

Selain minyak wijen, daging yang belum dimarinasi bisa dicelupkan ke dalam saus sebelum dipanggang. Celupkan sebentar saja, lalu langsung dipanggang.

Daging sebaiknya tidak dicelup saus terlalu banyak atau terlalu lama. Pasalnya, tekstur daging bisa berubah banyak saat dipanggang nanti.

Secukupnya saja dan jangan terlalu lama, karena terlalu banyak saus bisa mengubah tekstur daging menjadi lebih liat saat dipanggang.

6 dari 7 halaman

5. Santap bersama sayuran agar tidak eneg

Menyantap daging berlemak dalam jumlah banyak bisa membuat Anda eneg. Apalagi ditambah aroma daging panggang yang menyebar di dalam ruangan, membuat Anda lebih cepat merasa kenyang.

Buat penyeimbang rasa, Anda bisa menyantap daging dengan sayuran segar yang rasanya agak pahit. Misalnya irisan kol, selada, atau paprika.

Bahan makanan dengan rasa tajam seperti bawang putih, bawang bombai, dan kimchi juga bisa dipadukan dengan daging panggang untuk menyeimbangkan rasa.

7 dari 7 halaman

6. Mintalah pemanggang baru jika diperlukan

Setelah digunakan beberapa kali, pemanggang cenderung terlalu berminyak atau bahkan hangus. Kalau digunakan terus-terusan, kualitas rasa daging yang dipanggang jadi berkurang.

Jangan segan untuk minta pemanggang yang baru. Biasanya, penggantian sekali sudah cukup untuk satu sesi makan, kok.

Nah, sudah siap nge-grill seru bareng keluarga? Coba mampir ke Teras Japan Malang di Jalan Lembah Dieng. Ada karubi, saikoro, sampai tora bomber yang melted di lidah premium yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp30.000-an. [tsr]

Baca juga:
Meleleh di Mulut, Cicipi Daging Premium dengan Harga Terjangkau di Teras Japan Malang
Harga Daging Sapi Cenderung Naik, Kini Dibanderol Rp160.000 per Kilogram
Cara Bikin Empal Gepuk Serundeng, Enak dan Praktis Sesuai Selara
Imbas Wabah PMK, Harga Daging Sapi Naik Lagi Jadi Rp150.000 per Kg

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini