Saatnya Bangkit Lewati Pandemi, 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis

Jumat, 29 Oktober 2021 09:35 Reporter : Jeffreydien Winanda
Saatnya Bangkit Lewati Pandemi, 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Saatnya Bangkit Lewati Pandemi, 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis. ©Shutterstock

Merdeka.com - Sudah lebih dari satu tahun pandemi melanda dunia, tidak sedikit sektor kehidupan masyarakat yang terganggu. Selain sektor pendidikan, sektor perekonomian pun mengalami pukulan telak.

Masyarakat dituntut untuk cerdik memanfaatkan situasi agar dapat bangkit di masa pandemi ini. Salah satunya adalah dengan memulai bisnis baru yang dinilai mampu memulihkan perekonomian.

Yuk intip, panduan ringkas mengenai perencanaan usaha yang wajib diketahui!

1. Menentukan Jenis Bisnis dan Merk Dagang

saatnya bangkit lewati pandemi 4 hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis
©Shutterstock

Tahap awal dalam memulai perencanaan bisnis tentu saja menentukan jenis usaha yang akan dijalankan. Ini penting dilakukan agar BAF Friends fokus untuk menjalankan dan mengelola satu jenis usaha, mengingat setiap usaha dagang memiliki karakteristik dan strategi yang berbeda.

Beragam pilihan jenis usaha bisa dilakukan mulai dari kuliner (makanan ringan, katering sehat, usaha kopi kekinian, dll), bisnis menjahit pakaian, bisnis sewa pakaian, bisnis sewa mobil, membuka bengkel kendaraan, bisnis toko online, dropshipper, membuka kursus online hingga menjadi reseller aneka produk di e-commerce menjadi pilihan yang kini sedang tren dilakukan masyarakat. Jangan lupa tentukan juga merek dagang atau brandnya ya.

2. Menentukan Lokasi Usaha

saatnya bangkit lewati pandemi 4 hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis
©Shutterstock

Tahap berikutnya adalah menentukan lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan anggaran. Tempat usaha seperti rumah sendiri atau tempat khusus (sewa) akan mempengaruhi terhadap hasil usaha. Untuk jenis usaha tertentu seperti bengkel kendaraan atau warung makan memerlukan lokasi yang strategis, sedangkan usaha online tidak bergantung pada lokasi usaha. Jadi pastikan pemilihan lokasi usaha yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.

3. Melakukan Strategi Bisnis

saatnya bangkit lewati pandemi 4 hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis
©Shutterstock

Bicara tentang strategi bisnis nggak melulu soal penjualan dan promosi tapi juga berkaitan dengan seluruh kegiatan operasional mulai dari proses produksi hingga pemasaran. Strategi yang dilakukan perlu disesuaikan dengan kebutuhan produk yang ditawarkan dan pastinya memudahkan konsumen untuk mengingat brand milikmu, ya!

4. Mengumpulkan Modal Usaha

saatnya bangkit lewati pandemi 4 hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis
©BAF

Salah satu elemen yang paling krusial dalam berbisnis adalah memiliki modal usaha. Meskipun di era pandemi ini kondisi finansial serba terbatas, namun BAF Friends tetap bisa menjalankan bisnis dengan mengajukan tambahan modal usaha melalui BAF Dana Syariah! Jangan lupa untuk lakukan pencatatatan sumber pendanaan modal usaha dan buat simulasi perhitungan keuntungan serta akumulasi perputaran modal yang akan bermanfaat guna meraih hasil yang maksimal.

Usaha Makin Berkah, dengan BAF Dana Syariah

BAF Dana Syariah merupakan pemberian fasilitas pembiayaan BAF yang memanfaatkan BPKB kendaraan dengan akad Ba'i wal Ijarah Muntahiyyah Bit Tamlik (jual dan sewa balik) dan menggunakan prinsip syariah. BAF Friends bisa mendapatkan cicilan yang terjangkau dan kompetitif. Nilai plafonnya juga lumayan, bisa mencapai 100% dari harga OTR BAF (berlaku untuk BPKB Motor) dan 90% dari harga OTR BAF (berlaku untuk BPKB mobil), dengan memperhitungkan harga taksasi kendaraan (kelengkapan surat-surat & kondisi fisik kendaraan) yang akan mempengaruhi jumlah pencairan kepada konsumen.

Cara pengajuannya pun nggak ribet. Cukup melampirkan dokumen berupa KTP (pemohon dan pasangan), Kartu Keluarga/Surat Nikah, dan tambahan bukti kepemilikan rumah dan bukti penghasilan (untuk pembiayaan menggunakan BPKB Mobil). Dengan tenor maksimal 36 bulan, serta pengajuannya pun bisa dilakukan secara mudah melalui website BAF, aplikasi BAF Mobile, dan kantor jaringan BAF terdekat.

Manfaat yang bisa BAF Friends dapatkan dengan mengajukan modal usaha di BAF Dana Syariah salah satunya adalah ekstra proteksi dengan adanya perlindungan Asuransi TLO dan Asuransi Kecelakaan Diri.

1. Jaminan Asuransi TLO

  • Mendapatkan manfaat dari jaminan kehilangan sebesar harga kendaraan
  • Mendapatkan manfaat dari jaminan kerusakan kendaraan hingga 75%

2. Jaminan Asuransi Kecelakaan Diri

  • Santunan meninggal karena kecelakaan sebesar harga taksasi kendaraan pada saat pengajuan yang akan dibayarkan kepada Ahli Waris
  • Biaya pengobatan akibat kecelakaan Rp1 juta/tahun
  • Santunan rawat inap karena sakit sesuai ketentuan yang berlaku
  • Santunan untuk cacat tetap keseluruhan/sebagian kepada Ahli Waris
  • Tunjangan kematian untuk Ahli Waris jika meninggal dunia karena kecelakaan sebesar Rp5 juta

Ayo tunggu apalag. Ajukan sekarang melalui website BAF, aplikasi BAF Mobile (download di Google Play Store dan App Store), dan WhatsApp Business BAF di nomor 0811-801-8873.
Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi bit.ly/BAFDanaSyariah atau hubungi BAF Care 1500750.

Kini memulai bisnis semakin mudah meski tak punya modal maksimal.

Usaha makin berkah, modalnya dari BAF Dana Syariah!

BAF, Proses Cepat Angsuran Tepat.

Yuk #CicilAjadiBAF!

PT Bussan Auto Finance terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini