PMS bikin jerawatan? Lakukan 5 hal ini agar tak makin parah

Selasa, 7 Februari 2017 18:07 Reporter : Tantri Setyorini
PMS bikin jerawatan? Lakukan 5 hal ini agar tak makin parah Ilustrasi Jerawat. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Tahukah kamu, kulit berada dalam kondisi paling buruk dan sensitif saat masa-masa PMS (Pre-menstrual Syndrome). Ada penurunan estrogen serta lonjakan progesteron dan testosteron yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan ini lantas menunjukkan diri dalam bentuk jerawat hormonal di area wajah.

Apa yang harus dilakukan agar jerawat hormonal tidak sampai mengalami inflamasi atau malah tambah banyak? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Bersihkan wajah secara teratur

Dilansir Refinery29, lonjakan hormon pada masa PMS menyebabkan pori-pori cenderung tersumbat sebum. Inilah yang menjadi penyebab utama jerawat. Untuk mengatasinya, bersihkan wajah secara teratur. Tak ada salahnya melakukan pembersihan dua kali dengan cleansing oil atau milk cleanser dan dilanjutkan dengan cleansing foam.

Jika memungkinkan, gunakan pembersih dengan kandungan asam salisilat yang cukup tinggi. Produk ini berguna untuk membersihkan kulit hingga ke tingkat pori-pori, menyapu minyak berlebih, dan mencegah perkembangbiakan bakteri.

Lakukan perawatan dengan retinoid

Menurut Ava Shamban, MD, produk perawatan yang mengandung retinoid dapat mencegah jerawat dan menghaluskan kulit. Gunakan rangkaian produk perawatan yang mengandung bahan ini untuk mencegah tumbuhnya jerawat selama masa PMS.

Gunakan makeup minimal

Karena kulitmu sedang rentan, penggunaan makeup secara berlebih berpotensi menyebabkan penumpukan kotoran, iritasi, dan jerawat. Sebisa mungkin, hindari penggunaan makeup yang terlalu sering.

Konsumsi makanan sehat dan air dalam jumlah cukup

Kesehatan kulit dan kemampuan kulit dalam menangkal pengaruh buruk dari luar dipengaruhi oleh nutrisi yang diserapnya. Karena itu konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral penting bagi kulit. Jangan lupakan juga konsumsi air mineral dalam jumlah cukup untuk membantu melunturkan racun dari tubuh dan kulit.

Berikan perawatan ekstra dengan masker anti-jerawat

Untuk memanjakan kulit sensitifmu, gunakan masker alami yang mengandung bahan anti-jerawat dan anti-inflamasi. Madu organik, pepaya, dan teh hijau adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu coba.

Itulah beberapa tips cantik untuk kulit berjerawat menjelang haid. Terapkan saat jerawat menyerang di masa-masa PMS. [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini