Pemula Wajib Tahu, Ini Alasan Wajib Punya Matras Yoga Sendiri di Rumah

Rabu, 10 Agustus 2022 16:53 Reporter : Wuri
Pemula Wajib Tahu, Ini Alasan Wajib Punya Matras Yoga Sendiri di Rumah Pemula Wajib Tahu, Ini Alasan Wajib Punya Matras Yoga Sendiri di Rumah. ©Shutterstock

Merdeka.com - Bagi yang sedang mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga di rumah, ada berbagai pilihan aktivitas latihan fisik yang bisa dilakukan. Nggak harus ikutan ngegym, olahraga di rumah juga bisa menjadi pilihan. Namun sebelum itu, saatnya mulai melengkapi diri dengan peralatan olahraga yang wajib dimiliki di rumah, salah satunya adalah yoga mat atau matras yoga.

Memiliki setidaknya 1 perlengkapan olahraga di rumah bisa membantu mendukung kebiasaan olahraga yang sedang dilakukan. Lalu, kenapa harus memilih matras yoga sih?

2 dari 3 halaman

Bisa Mendorong untuk Olahraga Rutin

pemula wajib tahu ini alasan wajib punya matras yoga sendiri di rumah
©Shutterstock

Memiliki perlengkapan olahraga sendiri di rumah bisa menjadi salah satu cara yang bisa mendorong agar tetap konsisten melakukan aktivitas tersebut. Melihatnya tergulung begitu saja di rumah, dijamin bisa memancing keinginan untuk menggunakannya dan latihan fisik.

Matras yoga dengan harga yang terjangkau bisa menjadi pilihan pas untuk mendorong semangat berolahraga. Karena ada di rumah, kamu pun bisa menyesuaikan jadwal olahraga dengan kegiatan sehari-hari.

Terhindar dari Pemakaian Bersama Orang Lain

pemula wajib tahu ini alasan wajib punya matras yoga sendiri di rumah
©Shutterstock

Bagi yang ikut klub olahraga, matras yoga memang disediakan oleh studio dan bisa bebas digunakan para membernya selama jam latihan berlangsung. Tapi, percayalah bahwa pemakaian peralatan olahraga secara bersama-sama, terutama yang digunakan hingga berkeringat, bisa jadi sarang berkumpulnya kuman dan bakteri.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Robert Lahita dari University of Medicine and Dentistry in New Jersey, Amerika Serikat, menemukan bahwa kondisi matras yoga paling kotor adalah di gym. Jadi, lebih baik untuk menggunakan matras yoga milik sendiri dan hindari penggunaan bersamaan untuk mencegahnya menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

3 dari 3 halaman

Fleksibel, Bisa Digunakan Kapan Saja dan di Mana Saja

pemula wajib tahu ini alasan wajib punya matras yoga sendiri di rumah
©Shutterstock

Salah satu kelebihan matras yoga yang membuat peralatan yang satu ini wajib dimiliki adalah bentuknya yang fleksibel. Matras yoga punya bentuk menyerupai gulungan dengan bobot nggak sampai 2kg. Jadi lebih mudah saat ingin membawanya ke mana-mana.

Jika bosan olahraga di rumh, kamu bisa membawa matras yoga olahraga di taman, studio, atau spot lain yang jadi favorit. Tinggal masukkan saja ke dalam tas, sama sekali nggak memberatkan karena bentuknya yang lebih compact dan ringan.

Bisa Digunakan untuk Berbagai Jenis Latihan

pemula wajib tahu ini alasan wajib punya matras yoga sendiri di rumah
©Shutterstock

Biarpun namanya adalah matras yoga, tapi pada dasarnya benda yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai jenis latihan di lantai. Penggunaan matras juga penting agar gerakan tetap stabil dan nggak licin, karena kaki atau tangan yang menyentuh lantai langsung saat berkeringat rawan membuatnya terpleset kemudian cedera.

Kini kamu bisa menggabungkan berbagai gerakan lainnya dengan bantuan matras yoga. Misalnya saja push up atau sit up di atas matras. Bisa juga memadukan gerakan dengan dumbbell untuk memaksimalkan olahraga di rumah.

Melengkapi diri dengan peralatan olahraga seperti matras yoga di rumah bisa membantu memaksimalkan latihan fisik yang kamu lakukan setiap hari. Yuk, cobain langsung!  

[wri]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Olahraga
  3. Yoga
  4. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini