Orang Bandung lagi gandrung belajar capoeira

Senin, 19 Oktober 2015 16:27 Reporter : Dian Rosadi
Orang Bandung lagi gandrung belajar capoeira Capoeira. ©2015 Merdeka.com/Dian

Merdeka.com - Capoeira merupakan salah satu olahraga beladiri yang mulai digemari oleh masyarakat. Buktinya beragam komunitas capoeira kini hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia, salah satunya bandung.

Adalah Capoeira Brasil Bandung, salah satu komunitas olahraga beladiri asal negeri Brasil di Bandung. Komunitas ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2003 oleh empat orang mahasiswa Unpad yaitu Rebel, Tian, Dadang dan Deny. Mereka berinisiatif untuk mendirikan sebuah klub pecinta capoeira yang saat itu diberi nama Parentesco de Capoeira Pakuan Bandung. Nama ini kemudian berubah menjadi Capoeira Brasil Bandung. Capoeira Brasil Bandung masih bagian dari Grupo Capoeira Brazil Indonesia.

Awalnya, komunitas ini melakukan kegiatan pengajaran dengan melihat video-video dari youtube. Mereka menirukan gerakan-gerakan capoeira dari mestre (master) di youtube. Tak hanya itu mereka juga belajar dari beberapa warga negara asing yang datang ke Indonesia.

"Setelah 2 tahun akhirnya kami berhasil mendatangkan seorang mestre capoeira dari Brasil yaitu Mestre Itaborá Ferreira. Beliau memberikan workshop selama 4 hari di Bandung," ujar Rebel Damone, salah seorang instruktur Capoeira Brasil Bandung saat berbincang dengan Merdeka.com, Senin (19/10).

Sejak saat itu, Capoeira Brasil Bandung mulai menyebarluaskan olahraga beladiri ini kepada masyarakat. Dari situ diketahui bahwa para pecinta olahraga beladiri sangat banyak peminatnya.

Para peminat olahraga beladiri tak hanya datang dari kalangan umum saja tetapi juga dari kalangan kampus. Komunitas ini mengadakan kegiatan di kampus kampus seperti ITB, Telkom University, Unpar, Unpad, Unjani, Tarbak. Di beberapa kampus, capoeira bahkan menjadi unit kegiatan mahasiswa.

Peminat olahraga komunitas ini juga tak hanya dari kalangan anak muda saja, tetapi ada juga kalangan ibu ibu dan anak anak. Komunitas akhirnya membuka kelas khusus di MD Plaza dan Wannabe studio.

Saat ini jumlah anggota komunitas ini ada sekitar 200 orang dengan jumlah anggota aktif sekitar 90 orang. Anggota yang datang berasal dari berbagai kalangan.

Untuk kegiatan rutin membuka kelas di sejumlah tempat. Untuk di ITB, kegiatan rutin dilakukan setiap hari Rabu pukul 19.00-21.00 dan Sabtu pukul 13.00-15.00 bertempat di Gedung GKU timur (pelataran BNI). Selain itu, untuk di Telkom University kegiatan dilakukan setiap Senin dan Kamis pukul 19.00 - 21.00 yang bertempat di Student Center (SC). Kegiatan juga digelar di Wannabe Dancer Studio Jalan jurang no. 51 Bandung. Di sini latihan rutin digelar setiap hari Sabtu pukul 17.00-19.00 WIB.

Komunitas juga telah mengikuti berbagai kompetisi capoeira. Pada tahun 2009 salah seorang anggotanya menjadi juara 2 nasional di Jakarta. Begitu juga saat mengikuti Capoeira Brazil open turnamen mendapat juara 2.

Jika Anda masih penasaran dengan komunitas ini silakan datang langsung saat mereka melakukan latihan rutin. Anda juga dapat memantau kegiatan mereka di media sosial. Untuk Instagram @capoeirabrasilbandung dan juga dapat mengunjungi website www.capoeiraindonesia.com

"Masyarakat yang ingin bergabung silakan datang langsung saat kami latihan atau dapat menghubungi instruktur di masing masing tempat," ucap Rebel yang telah 13 tahun mempelajari bela diri Capoeira. [has]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Bandung
  3. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini