KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menilik keindahan Pulau Ko Lipe yang dikelilingi aura mistis

Selasa, 16 September 2014 12:46 Reporter : Tantri Setyorini
Pulau Ko Lipe, Thailand. ©2014 Merdeka.com/www.satunthailand.com

Merdeka.com - Ko Lipe adalah nama sebuah pulau kecil yang terletak di Kepulauan Adang-Rawi, Provinsi Satun , Thailand. Ko Lipe merupakan objek wisata yang populer untuk olah raga snorkeling dan scuba diving. Pulau ini terkenal karena keindahan pantai dengan air biru cemerlang dan pasir putihnya yang cantik.

Sementara kawasan pantainya diburu wisatawan karena keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Tiga pantai utama yang biasa dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Sunset Beach, Sunrise Beach, dan Pattaya.

Ko Lipe dikelilingi pulau-pulau yang lebih kecil dan sistem terumbu karang yang menawarkan habitat sempurna untuk flora dan fauna laut. Keindahan pemandangan bawah lautnya menjadikan tempat ini sebagai lokasi penyelaman favorit bagi para wisatawan. Salah satu titik penyelaman yang paling populer di sana adalah Stonehenge dan Eight Mile Rock.

Photo by Koh Lipe Thailand

Pulau Ko Lipe merupakan bagian dari Kepulauan Adang yang terdiri dari sekitar 10 pulau. Hampir semua pulau tersebut tak berpenghuni. Hanya Ko Lipe saja yang dijadikan tempat wisata. Rangkaian pulau-pulau kecil ini secara administratif dinaungi oleh kawasan cagar alam Tarutao National Marine Park yang diresmikan pada tahun 1974.

Pulau yang dikelilingi perairan Laut Andaman ini menurut Wikipedia dihuni oleh suku Chao Le, suku pengembara asal Malaysia yang dikenal sebagai gipsy laut. Merekalah yang memberikan nama Koh Lipe pada pulau ini. Dalam bahasa lokal Chao-Le, Ko Lipe berarti 'pulau kertas', merujuk pada kondisi geografis pulau yang relatif datar.

Suku Chao-Le menganut kepercayaan animisme. Mereka percaya kalau Pulau Ko Lipe dipenuhi oleh sekumpulan roh yang mereka sebut ha-too. Ha-too adalah roh yang kasar dan suka menjahili manusia. Karena itu tak jarang wisatawan yang mengalami kejadian aneh saat berkunjung ke pulau ini. Beberapa turis mengaku merasakan keberadaan makhluk lain di Ko Lipe. Jika sudah begitu biasanya penduduk setempat menyarankan mereka memberikan sesaji berupa makanan, agar roh-roh usil tersebut tidak mengganggu mereka lagi. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Travel
  2. Objek Wisata
  3. Lokasi Wisata
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.