Mengenal 7 Jenis Tanaman Hias Dracaena; Mulai dari Song of India sampai Bambu Hoki

Minggu, 31 Januari 2021 12:33 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal 7 Jenis Tanaman Hias Dracaena; Mulai dari Song of India sampai Bambu Hoki Ilustrasi dracaena song of India. ©2021 Tantri Setyorini

Merdeka.com - Dracaena adalah genus tanaman hias yang banyak ditanam di Indonesia. Dracaena ini memiliki jenis yang sangat banyak, namun ada sembilan jenis yang biasa dijumpai di Indonesia. Salah satu yang sering kita lihat adalah dracaena dengan bentuk mirip bambu anyaman dengan hiasan pita merah.

Karena keindahan dan manfaat yang dimilikinya, Dracaena dianggap sebagai tanaman potensial bernilai ekspor. Tanaman ini diekspor ke beberapa negara di Asia dan Eropa. Berdasarkan data Kementerian Pertanian, Dracaena merupakan salah satu dari delapan komoditas florikultura yang menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia. Tanaman hias lainnya adalah bunga krisan, anggrek, melati, raphis, leatherleaf, dan heliconia.

Dracaena dijual di pasaran dalam bentuk tanaman dewasa atau tanaman bibit. Bibit Dracaena bambu rezeki ditawarkan mulai dari Rp62.000. Dracaena marginata atau dragon tree anakan bisa didapat dengan membayar mulai dari Rp35.000. Sementara Dracaena fragrans dewasa bisa Anda peroleh dengan harga terendah Rp100.000.

Menurut klasifikasi ilmiah, berikut ini beberapa spesies Dracaena yang bisa ditemukan di Indonesia.

1. Dracaena deremensis

ilustrasi dracaena deremensis
Dracaena deremensis Lemon Lime. ©Creative Commons/Abaddon1337

Pertama ada Dracaena deremensis yang memiliki varietas Janet Craig, Bausei, Warnecki, Green Stripe, White Stripe, Yellow Stripe, Lemon Lime dan Compacta. Tanaman ini juga disebut sri gading di lapak-lapak penjual tanaman hias. Ciri khasnya berupa daun berbentuk pedang dengan motif grais putih, hijau muda, atau kekuningan.

2 dari 7 halaman

Bambu Rezeki, Tanaman Dracaena Pembawa Hoki

ilustrasi bambu rezeki
©Shutterstock

Salah satu jenis Dracaena yang sedang populer dan mulai banyak dibudidayakan adalah bambu rezeki (Dracaena sanderiana) atau yang popular juga dengan sebutan tanaman pita (ribbon plant). Tanaman ini berasal dari Kamerun. Walaupun begitu, populer sebagai tanaman hias di Jepang, China, dan negara-negara Asia Timur lainnya.

Bambu rezeki diyakini mampu menyeimbangkan kelima elemen di dalam rumah, sehingga menjadikan feng shui hunian lebih baik. Tanaman bambu mewakili unsur kayu, sementara pot berbahan tanah liat atau tembikar bakal mewakili unsur bumi. Air di dalam pot atau vas merepresentasikan unsur air, vas bunga yang terbuat dari besi atau kaca sebagai simbol unsur metal, sementara hiasan pita merah pada batang bambu adalah simbol unsur api.

Bukan hanya keseimbangan lima unsurnya yang membuat tanaman bambu rezeki dikatakan membawa hoki. Jumlah batang bambu pada pot juga memiliki makna tersendiri. Dua batang bambu rezeki dikatakan sebagai penguat cinta dan pernikahan. Bambu rezeki yang berjumlah lima batang diyakini mampu menjaga kesehatan para penghuni rumah. Bambu yang berjumlah delapan batang berfungsi sebagai penguat rezeki. Sementara bambu rezeki berbatang sembilan diyakini bakal mengundang hoki secara umum.

3 dari 7 halaman

2. Dracaena marginata

ilustrasi dracaena marginata tricolor
Dracaena marginata Tricolor. ©Creative Commons/Toby Hudson

Selanjutnya ada Dracaena marginata (dragon tree) dengan varietas Tricolor dan Colorama yang cantik. Dracaena draco termasuk kelompok Dracaena yang bisa tumbuh besar. Dracaena marginata mampu menghasilkan oksigen, sekaligus mengontrol kadar kelembapan dalam ruangan.

Menurut hasil penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, tanaman ini mampu menyerap benzena, formaldehida, xylena, dan toluena dari udara. Sejumlah penelitian juga menyebutkan dracaena dapat meningkatkan suasana hati orang-orang yang berada di sekitarnya.

4 dari 7 halaman

3. Dracaena sanderiana

ilustrasi bambu rezeki
©Shutterstock

Salah satu jenis Dracaena yang sedang populer dan mulai banyak dibudidayakan adalah bambu rezeki (Dracaena sanderiana) atau yang popular juga dengan sebutan tanaman pita (ribbon plant). Tanaman ini berasal dari Kamerun.

Dracaena sanderiana juga memiliki varietas Moonshine. Tanaman ini populer sebagai tanaman hias pembawa rezeki dalam fengshui. Walaupun begitu, populer juga sebagai tanaman hias di Jepang, China, dan negara-negara Asia Timur lainnya.

5 dari 7 halaman

4. Dracaena reflexa

ilustrasi dracaena song of india
Song of India. ©2021 Tantri Setyorini

Dracaena reflexa atau Song of India cukup mirip dengan Dracaena deremensis. Daunnya berwarna hijau dengan bagian tepi berwarna kuning. Sementara bentuknya meruncing mirip pedang.

6 dari 7 halaman

5. Dracaena goldieana

ilustrasi dracaena goldieana
©Creative Commons/Dracaenaworldwide

Tanaman hias Dracaena goldieana dikenal juga dengan nama Green Zebra Plant, dan Zebra Striped Dragon Tree. Jika ingin memelihara Dracaena goldieana sebagai tanaman hias, Anda harus menyiramnya secara teratur dengan jeda setiap beberapa hari. Tanah media tanamnya tidak boleh sampai terlalu basah agar akar tidak busuk.

7 dari 7 halaman

6. Dracaena fragrans

ilustrasi dracaena fragrans
©Creative Commons/Mokkie

Dracaena fragrans memiliki varietas Masangeana, indenii, dan Victoria. Tanaman ini populer sebagai tanaman indoor, karena tanaman ini mampu menyerap gas NO dan mengubahnya menjadi NO2, CO2, dan CO. Tanaman ini lebih populer dengan nama sri gading di pasaran. [tsr]

Baca juga:
Mengenal Greg Hambali, Bapak Tanaman Hias Aglaonema Asal Bogor

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanaman Hias
  3. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini