Las Fallas, meriahnya festival api di Spanyol

Senin, 17 Maret 2014 17:03 Reporter : Tantri Setyorini
Las Fallas, meriahnya festival api di Spanyol Perayaan Las Fallas. ©2014 Fest300.com

Merdeka.com - Las Fallas adalah festival budaya yang diselenggarakan oleh warga Valencia, kota terbesar ketiga di Spanyol pada tanggal 15 sampai 19 Maret. Perayaan ini berawal sejak zaman pertengahan di mana musim semi dirayakan dengan api unggun. Pada saat itu penduduk membakar sisa persediaan barang-barang kebutuhan yang mereka tumpuk untuk menghadapi musim dingin. Terdengar seperti pemborosan? Memang seperti itulah tradisinya. Dengan masuknya agama Kristen, tradisi pagan tersebut kemudian digabungkan dengan peringatan terhadap St. Joseph, dan dari sanalah Las Fallas lahir.

Sekarang bukan lagi tumpukan persediaan yang dibakar. Las Fallas dimeriahkan dengan pesta kembang api dan teknik menyemburkan api. Warga sengaja menyediakan fallas, boneka serupa ogoh-ogoh pada perayaan Nyepi di Bali yang berukuran raksasa. Ada juga ninot, boneka yang berukuran jauh lebih kecil,hanya sebesar boneka. Fallas dan ninots ini nantinya dibakar pada puncak festival.

fallas

Photo by Fest300

Perayaan Las Fallas di Sapnyol berarti pesta rakyat selama lima hari penuh. Setiap harinya dibuka dengan La Despertà. Pada jam 8 pagi sekelompok marching band akan berkeliling kota, memainkan musik keras-keras untuk membangunkan warga. Di belakang barisan marching band, sekumpulan penduduk menyalakan petasan untuk memeriahkan suasana.

fallas

Photo by Fest300

Saat berlangsungnya L'Ofrena de flors, yaitu pada tanggal 17 sampai 18 Maret, warga mengenakan pakaian tradisional, berdansa, dan mempersembahkan bunga-bunga untuk Virgen de los Desamparados, santo pelindung Valencia. Pada hari terakhir Las Fallas, diadakan parade Cabalgata del Fuego atau parade api di sepanjang Jalan Colon dan Porta de la Mar square. Warga mengenakan pakaian tradisional, berdansa, dan mempersembahkan bunga-bunga untuk Virgen de los Desamparados, santo pelindung Valencia. Begitu matahari tergelincir, dimulailah Nit del Foc. Kembang api memenuhi langit malam dan marching band tak henti-hentinya memainkan musik tradisional. Suara petasan terdengar di mana-mana. Setiap blok berlomba membuat suara petasan paling keras. Saat puncak perayaan atau , seluruh fallas dan ninot dibakar. Yang paling besar disisakan untuk dibakar terakhir saat La Crema, mendekati tengah malam.

[tsr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Spanyol
  3. Lokasi Wisata
  4. Festival Unik
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini