Jerawatan parah? Ini alasan harus coba makanan yang difermentasi

Kamis, 5 Januari 2017 01:03 Reporter : Tantri Setyorini
Jerawatan parah? Ini alasan harus coba makanan yang difermentasi Ilustrasi makanan yang difermentasi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebal karena jerawat tak kunjung sembuh? Padahal kamu sudah mencoba berbagai masker anti-jerawat, obat, salep, bahkan mengeliminasi makanan-makanan penyebab jerawat dari santapan sehari-hari. Apalagi yang harus kamu coba?

Mungkin kamu bisa menambahkan satu atau dua jenis makanan fermentasi dalam menu makanmu. Makanan seperti yogurt, tape, acar, cuka apel, dan kimchi ternyata bisa membantu melawan jerawat.

Produk fermentasi, kesehatan usus, dan kulit cantik


Ilustrasi kimchi. SURA Korean Cuisine

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology, peneliti Li Huiying menemukan bukti bahwa kesehatan usus berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Sementara makanan yang difermentasi mengandung banyak nutrisi dan bakteri baik yang bisa membersihkan usus.

Dilansir MindBodyGreen, makanan dan minuman yang difermentasikan merupakan sumber probiotik, vitamin, dan enzim aktif. Semuanya penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

susu bikin jerawatan, tapi yogurt bisa bikin kulit mulus

Susu kerap dituding sebagai penyebab jerawat bagi beberapa orang. Pasalnya, susu mengandung hormon berlebih yang dihasilkan sapi perah non-organik. Walaupun begitu, saat difermentasikan dengan bakteri asam laktat, susu justru ampuh untuk mengurangi timbulnya jerawat.


Ilustrasi yogurt. Shutterstock/Sea Wave

Ini karena bakteri di dalam susu fermentasi seperti yogurt, kefir, dan dadiah dari Sumatera Barat membantu melancarkan pencernaan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, kulit pun jadi lebih sehat dan tahan terhadap pengaruh buruk dari luar.

Acar dan tape pun bisa bikin kulit cantik

Tak hanya produk susu fermentasi yang baik untuk kesehatan kulit. Makanan yang difermentasikan dengan ragi atau cuka seperti acar, tape, sauerkraut, miso, kombucha, kimchi, dan cuka apel juga baik untuk mengatasi jerawat.


Ilustrasi tapai singkong. Deherba.com

Dilansir Holistic Health Herbalist, makanan-makanan ini bisa membantu mengaktifkan protein dan asam amino esensial, menyeimbangkan hormon, membantu penyerapan nutrisi, membuang racun dari dalam tubuh, dan mencegah inflamasi.

Alkohol alami di dalam makanan fermentasi akan membantu menetralisir lemak dan membuang racun yang jadi biang jerawat di permukaan kulit.

Nah, jika kamu ingin memiliki kulit yang bebas masalah, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang difermentasikan. Kesehatan tubuh terjaga, kulit pun senantiasa terawat dari dalam. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini