Ini Al Naslaa, Fenomena Batu Belah Sempurna nan Misterius di Arab Saudi

Sabtu, 9 Oktober 2021 02:02 Reporter : Tantri Setyorini
Ini Al Naslaa, Fenomena Batu Belah Sempurna nan Misterius di Arab Saudi formasi batu Al Naslaa. © unusualplaces.org

Merdeka.com - Formasi batu alam dengan bentuk yang unik merupakan fenomena yang umum ditemui. Walaupun begitu, bentuk-bentuk yang menyerupai objek tertentu ini kerap mengundang rasa penasaran. Kadang sampai terbentuk mitos di sekitarnya. Begitu juga dengan Al Naslaa, sebentuk batu alam yang terbelah sempurna di Arab Saudi.

Dilansir Oddity Central (16/9/2021), Al Naslaa bisa ditemukan di tengah gurun yang mengelilingi Oase Tayma. Sepasang batu belah ini dianggap sebagai misteri geologi. Kedua batu diperkirakan sudah berdiri di sana selama empat milenium.

Al Naslaa adalah sepasang batu pasir berukuran besar yang dialasi dua batu berukuran lebih kecil. Dua batu ini dipisahkan celah berbentuk garis lurus, seolah-olah dulunya kedua objek itu adalah satu batuan utuh yang kemudian dibelah. Poin perhatian banyak orang saat melihat batu ini adalah belahannya begitu sempurna seperti hasil kerja laser.

2 dari 2 halaman

Spekulasi Mengenai Batu Al Naslaa

Banyak spekulasi seputar Al Naslaa yang beredar di dunia maya. Terutama karena ahli sejarah dan geologi belum berhasil menjelaskan fenomena ini. Sejumlah ahli geologi menduga belahan kedua batu itu dipicu sebab-sebab alami seperti gerakan tektonik. Pergeseran minor pada lempengan bumi saja bisa menyebabkan batu tersebut retak atau terbelah. Ilmuwan lain mengemukakan teori tentang garis patahan atau produk dari tanggul gunung berapi.

Dilansir Alarabiya News (24/2/2020), laman Instagram WeirdWorldInsta mengemukakan dugaan kalau belahan kedua batu Al Naslaa dibuat oleh teknologi nenek moyang.

"Tak ada yang tahu bagaimana hal itu bisa terjadi. Beberapa orang mengatakan bisa saja peradaban kuno sudah jauh lebih maju daripada yang diceritakan buku-buku sejarah kepada kita."

Keunikan lain yang dimiliki Al Naslaa adalah lukisan kuno yang terukir di permukaannya. Salah satu batu Al Naslaa dihiasi gambar sederhana mirip kuda dan manusia. Gambar ini tak ayal menambah misteri di sekitar batu Al Naslaa. Setidaknya bagi mereka yang menggilai teori konspirasi fantastis. [tsr]

Baca juga:
Traveloka EPIC Sale 2021 Kembali Hadir, Tawarkan Liburan dengan Diskon 'Harga Teman'
Melihat Festival Balon Udara di Yordania
Mulai Oktober 2021, Naik Kereta dan Pesawat tak Perlu Aplikasi PeduliLindungi
Bangkok Buka Perbatasan buat Wisatawan Asing Mulai 1 November 2021, tanpa Karantina
Australia Bakal Membuka Perbatasan buat Wisawatan Asing Maksimal Musim Natal

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Fenomena Alam
  4. Arab Saudi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini