Ini 5 cara buat dapat penghasilan tambahan bagi penggemar K-pop

Rabu, 28 Maret 2018 10:56 Reporter : Tantri Setyorini
Ini 5 cara buat dapat penghasilan tambahan bagi penggemar K-pop Ilustrasi bisnis sampingan ala fans K-pop. © Getty Images

Merdeka.com - Katanya jadi fangirl K-pop itu butuh modal besar. Untuk membeli album, merchandise, tiket konser, dan produk yang diiklankan sang idola saja butuh lebih dari Rp5.000.000,- dalam setahun. Kalau sudah begini pasti kantong jadi seret. Karena itulah kamu yang termasuk fans berat K-pop perlu pola pikir yang berbeda.

Jangan cuma jadi konsumen di dunia fangirling K-pop. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan hobi. Caranya tentu saja dengan menyediakan segala hal yang dibutuhkan penggemar K-pop. Kalau jeli membaca peluang, kamu bisa memiliki bisnis menguntungkan yang sesuai dengan hobi. Menyenangkan, bukan?

Berikut ini beberapa ide bisnis buat penggemar K-pop yang direkomendasikan oleh DuitPintar.com.

Bisnis merchandise

Merchandise fansite © Youtube.com/Dobunnie


Kebanyakan penyuka Korea biasanya suka mengoleksi beragam merchandise dari artis kesayangannya. Entah itu merchandise resmi yang diluncurkan manajemen sang artis atau merchandise bikinan fansite.

Kamu bisa memproduksi sendiri season greeting, kalender, photobook, atau pernak-pernik dengan kualitas yang bagus. Banyak juga fans yang bersedia membeli poster, kaos, atau bando dengan gambar sang artis.

Kalau ada dana lebih, boleh juga impor merchandise original untuk dipasarkan kembali di dalam negeri.

Jadi admin sosmed fanpage

Ilustrasi menggunakan laptop © Istimewa


Nggak cuma akun resmi sang idola yang di-follow penggemar. Fanpage dengan konten seru juga bisa memiliki puluhan ribu pengikut.

Kamu bisa membuat fanpage seperti ini di Instagram. Unggah foto-foto yang sulit didapat atau berikan informasi ter-update seputar artis idola. Bikin konten sendiri juga lebih kreatif. Asal segala sesuatu yang kamu lempar ke follower tidak berbau fitnah atau ujaran kebencian.

Kalau sudah berhasil menjaring follower dan memiliki interaksi yang bagus dengan mereka, kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan paid promote.

Bisnis kosmetik Korea

Ilustrasi masker wajah dari Korea Selatan ©2015 YouTube/Joan Kim


Kosmetik Korea lagi digandrungi banyak orang. Tak hanya penggemar fanatik K-pop, mereka yang awam dengan dunia K-Pop pun kepincut dengan kualitas produk kecantikan dari negeri ginseng.

Kamu bisa berbisnis skincare atau makeup dari Korea Selatan. Bisa dimulai dengan menjadi dropshipper terlebih dahulu jika modal masih minim. Bisa juga titip beli kepada teman yang berniat main ke Korea Selatan. Pasarkan sebagai produk yang diiklankan si artis. Ini bisa jadi nilai lebih di mata konsumen yang termasuk penggemar berat.

Kalau sudah berkembang, tak ada salahnya impor sendiri. Atau kamu bisa buka jasa titip sekalian main ke negara asal idolamu.

Buka kursus bahasa Korea

Ilustrasi belajar bahasa Korea ©2018 Merdeka.com


Kalau kamu termasuk penggemar K-Pop yang jago bahasa Korea, kenapa tidak coba bisnis kursus bahasa Korea saja?

Ada tiga cara buat mulai usaha ini. Yang pertama buka kursus sendiri, yang kedua tawarkan kelas private, dan yang ketiga jadi guru bahasa Korea di lembaga tertentu. Pokoknya, jangan sia-siakan kemampuan bahasa Korea yang kamu miliki.

Jadi translator buat subtitle drama Korea

Ilustrasi drama Korea dengan subtitle Indonesia © SBS


Drama-drama dari Korea yang masuk ke Indonesia pasti harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bukan? Kamu yang jago bahasa Korea bisa coba jadi translator.

Kamu yang belum pede buat jadi guru bahasa Korea bisa mendulang rupiah dengan menerjemahkan subtitle drama ataupun menerjemahkan skripnya.

Itulah beberapa ide bisnis buat penggemar K-Pop yang bisa dimulai tanpa harus punya modal besar terlebih dahulu.

Sumber: Liputan6.com [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Hobi Unik
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini