Apa saja yang menentukan kesuksesan karir seorang wanita?

Senin, 16 Desember 2013 11:00 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
Apa saja yang menentukan kesuksesan karir seorang wanita? Ilustrasi wanita karir. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Diego Cervo

Merdeka.com - Zaman sekarang, sudah banyak wanita yang berkompetisi di bidang kerja yang dulunya dikuasai oleh pria. Anda pasti sudah banyak mendengar nama-nama hebat direktur atau manajer perempuan seperti Marissa Meyer di Yahoo! ataupun Sheryl Sandberg di Facebook. Apa sebetulnya rahasia mereka hingga bisa sampai di titik tertinggi karir mereka saat ini? Berikut ini 6 di antaranya yang mereka ungkap pada Women's Health.

1. Ketika ada kesalahan terjadi, jangan mengolok-olok diri sendiri.

Coba tanyakan pada diri Anda sendiri, berapa kali Anda menyalahkan diri sendiri secara berlebihan atas suatu kesalahan kerja yang Anda lakukan? Hal akhirnya malah menghalangi diri Anda untuk berbuat lebih baik lagi. Kata-kata "Aku payah!" yang Anda ucapkan pada diri sendiri malah akan mengendurkan semangat kerja Anda. Bersikaplah dewasa dan pelajari kesalahan Anda sendiri. Lalu, temukan cara untuk memperbaiki dan tidak mengulangnya lagi.

2. Berdandan profesional namun tetap menunjukkan sisi lembut perempuan

Sebuah penelitian yang dilansir Women's Health pada tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang memakai make-up dalam bekerja sehari-hari dianggap lebih memiliki kompetensi. Yang harus diperhatikan adalah bahwa meskipun berdandan, penampilan profesional harus tetap dijaga. Jangan sampai Anda terlalu berfokus pada make-up lalu malah mengesampingkan misi kerja hari ini.

3. Jangan ragu tunjukkan pencapaian diri

Ketika mencapai sebuah prestasi di dunia kerja, Anda harus memberikan apresiasi yang cukup untuk Anda sendiri. Ajari diri Anda sendiri untuk bisa meng-handle rasa bangga dengan bijaksana sehingga sikap sombong tetap dapat dihindari.

4. Sekali-sekali, forsir tenaga Anda sendiri

Seseorang yang paling cemerlang di antara yang lainnya adalah seseorang yang mau bekerja lebih di atas apa yang menjadi tanggung jawabnya. Ada kalanya Anda harus membalas email-email pekerjaan dari rumah, ataupun mengerjakan beberapa tugas kantor di rumah hingga tengah malam. Percayalah, hal-hal seperti inilah yang nanti akan membuat Anda lebih berkualitas daripada yang lainnya di tempat kerja Anda.

5. Andalkan sisi perempuan Anda

Wanita lebih banyak berpikir dengan hati, begitu kata para ahli psikologi. Nah, faktor ini bisa Anda bawa ke tempat kerja untuk menjadikan Anda berbeda dari para kolega pria. Membangun kedekatan emosional di samping keterikatan profesional bisa mengantarkan Anda pada posisi puncak karir yang cemerlang.

6. Berolahraga dengan rutin

Riset terbaru yang dilakukan oleh Center for Creative Leadership menunjukkan bahwa manajer ataupun direktur yang memiliki berat badan berlebih memiliki stamina yang lebih sedikit dan kurang memiliki fokus yang bagus. Dengan berolahraga rutin, seseorang dapat lebih menghargai kedisiplinan yang nantinya akan tercermin pada pekerjaannya.

Semoga Anda bisa meraih kesuksesan dalam bidang apapun yang Anda inginkan dengan mengikuti tips di atas. [mzh]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini