Angel's Billabong, satu lagi surga tersembunyi di pulau dewata

Kamis, 30 Juli 2020 20:33 Reporter : Tantri Setyorini
Angel's Billabong, satu lagi surga tersembunyi di pulau dewata Angels Billabong. ©Creative Commons/Georgi Kovachev

Merdeka.com - Jika berkunjung ke Bali, salah satu objek wisata yang dicari sudah pasti pantai. Tetapi ada juga objek wisata pantai lain dari yang lain di pulau dewata, yaitu sebuah billabong dengan pemandangan keren.

Billabong adalah muara sungai yang buntu, terbentuk karena jalur sungai berubah arah dan meninggalkan ceruk terisolasi yang terisi air. Kata billabong kemungkinan berasal dari bahasa Aborigin, karena fenomena ini banyak ditemui di Australia.

angels billabong

©Creative Commons/Sasuke shinozawa

Di Indonesia ada satu billabong yang memiliki pemandangan luar biasa. Saking indahnya sampai disebut billabong milik para bidadari. Namanya Anggel's Billabong, tersembunyi di salah satu sudut Nusa Penida, Bali.

Salah satu sungai yang mengalir di daratan Nusa Penita terjebak di ceruk-ceruk kecil, membentuk kolam temporer yang jernih. Airnya hijau kebiruan seperti cermin. Indah dipandang dan menyejukkan tubuh jika kita berendam di dalamnya.

angels billabong

©Pexels/Holger Raukamp

Saat surut, kolam yang terapit tebing karang ini cukup aman untuk dipakai berenang. Tetapi sebaiknya hindari bermain-main di Angel's Billabong saat ombak sedang pasang. Dilihat dari atas tebing sambil berfoto saja sudah cukup untuk mengabadikan momen liburan, kan?

Tak hanya wisatawan lokal yang mengunjungi Angel's Billabong. Turis asing pun kepincut dengan keindahannya. Mungkin tak salah jika tempat ini kelak berpredikat sebagai billabong terindah di dunia. Di mana lagi kita bisa menemukan sungai buntu secantik ini? [tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini