7 rumah mungil yang terinspirasi dongeng populer

Selasa, 22 April 2014 11:09 Reporter : Tantri Setyorini
7 rumah mungil yang terinspirasi dongeng populer Rumah Kue Jahe, Inggris. ©2014 Merdeka.com/Sykes Cottages UK

Merdeka.com - Masih ingat dengan dongeng-dongeng pengantar tidur yang sering Anda dengar saat anak-anak dulu? Saat masih kecil dulu Anda mungkin sering berimajinasi kalau cerita-cerita ajaib tersebut benar-benar nyata. Sekarang meskipun sudah dewasa Anda masih bisa bernostalgia dengan dongeng-dongeng tersebut dengan mengunjungi rumah-rumah mungil yang terinspirasi dari dongeng-dongeng terkenal ini. Ada rumah kue seperti dalam Hansel dan Gretel, pondok tempat tinggal Puteri Salju dan 7 Kurcaci, serta pondok Hobbit dalam The Lord of The Rings. Simak ulasan berikut yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

2 dari 8 halaman

Rumah Hobbit, Inggris

inggrisRumah Hobbit, Inggris. ©2014 Merdeka.com/Simon Dale via Distractify

Tidak ingin terjebak dalam cicilan pembayaran rumah untuk selamanya, seorang pria bernama Simon Dale memutuskan untuk membuat rumah sendiri bagi dirinya dan keluarga. Ia menciptakan sebuah eco-home, rumah ramah lingkungan di di sisi bukit Wales, Inggris. Listriknya bersumber dari panel tenaga surya, dengan toilet kompos, dinding dari batu kapur, dan lemari yang tenaga pendinginnya didapatkan dari bawah tanah. Tiang-tiang di bagian dalam pun terbuat dari batang pohon utuh. Atapnya ditutup dengan tanah sehingga mengesankan seperti rumah yang dibangun dengan mengeruk bagian samping bukit. Jadinya rumah buatan Dale tampak seperti rumah kaum Hobbit yang ditinggali oleh Frodo Baggins di film The Lords of The Rings.

Dale benar-benar merancang dan membangun sendiri rumah tersebut. Ia hanya menghabiskan 3.000 poundsterling saja untuk membuat rumah mungil nan unik tersebut. [tsr]

Baca juga:

3 dari 8 halaman

Moominhouse, Jepang

7 rumah mungil yang terinspirasi dongeng populerMoominhouse, Jepang. ©2014 Merdeka.com/Flickr/Yui Kubo

Moominhouse merupakan bagian dari dongeng Moomins yang diciptakan oleh penulis asal Finlandia Tove Jansson. Bangunannya menjulang dengan bentuk melingkar, tepat seperti tempat tinggal makhluk fiktif tersebut.

Rumah ini dirancang sejak tahun 1970 oleh si penulis sendiri, tetapi rancangan awalnya hanya dibuat replika dan ditempatkan di  Moomin Museum, Tampere. Baru pada tahun 1993 Moominhouse benar-benar dibangun. Sementara moominhouse yang ada di Akebono kodomo-no-mori park, Jepang ini merupakan hasil dari rancangan yang berbeda. Tetapi bentuknya memang terinspirasi dari dongeng Finlandia tersebut.

Topik pilihan: Wisata Kuliner | Wanita merdeka | Lokasi Romantis

4 dari 8 halaman

Rumah Hutan Dongeng, Belanda

dongeng belandaumah Hutan Dongeng, Belanda. ©2014 Merdeka.com/Panoramio/CarmelH

Hutan Dongeng adalah bagian dari atraksi di Taman Hiburan Efteling, Belanda. Di hutan buatan seluas 61.000 meter persegi ini sengaja ditata seperti lokasi dalam beberapa dongeng populer, seperti Puteri Salju, Si Kerudung Merah, dan Pangeran Kodok. Hutan ini memuat 25 adegan dari berbagai dongeng rekaan Charles Perrault, Grimm Bersaudara, dan Hans Christian Andersen.

Rumah mungil yang berdiri di antara semak-semak ivy ini sendiri mewakili dongeng Puteri Salju. Benar, rumah ini adalah tempat tinggal 7 kurcaci. Lihat saja patung salah satu kurcaci yang sedang duduk bertopang dagu di bagian depan.

Topik pilihan: Wisata Kuliner | Wanita merdeka | Lokasi Romantis

5 dari 8 halaman

Casa do Penedo, Portugal

penedo portugalCasa do Penedo, Portugal. ©2014 Merdeka.com/Flickr/VRfoto

Rumah ini tampak seperti tempat tinggal Flinstones, bukan? Rumah tersebut terletak di gunung Fafe, Guimaraes, Portugal. Dibangun di sisi bukit dari dua buah batu berukuran raksasa. Bagian tengah yang berfungsi sebagai rumah dibuat dari campuran beton. Rumah itu berdiri sejak tahun 1974 tetapi tak diketahui jelas siapa perancangnya.

Arsitekturnya sangat unik, menyerupai tempat tinggal manusia prasejarah. Tetapi meskipun terlihat kuno, ternyata rumah ini cukup nyaman untuk ditinggali. Walaupun tak ada listrik, tetapi tersedia perapian untuk menghangatkan ruangan dan kolam renang.

Topik pilihan: Wisata Kuliner | Wanita merdeka | Lokasi Romantis

6 dari 8 halaman

Rumah Nautilus, Meksiko

meksikoRumah Nautilus, Meksiko. ©2014 Merdeka.com/Design Rulz

Rumah ini pasti cocok berada dalam dunia bawah laut Ariel, si puteri duyung dalam dongeng Little Mermaid yang cerita aslinya ditulis oleh Hans Christian Anderson. Rumah yang terletak di Naucalpan, Mexico City ini memiliki bentuk seperti nautilus, hewan laut yang bentuknya mirip dengan keong besar.

Rumah ini merupakan milik pribadi sebuah keluarga dengan dua anak di Mexico City. Mereka merasa bosan hidup di rumah yang bergaya konvensional dan memutuskan meminta jasa sang arsitek untuk merancang hunian yang benar-benar berbeda

Rumah Nautilus didesain oleh Javier Senosiain dari Arquitectura Organica. Bangunan ini pernah mendapat penghargaan di AwardWorld Architecture Festival pada tahun 2008. Konsep bangunannya merupakan perpaduan antara arsitektur modern dan seni kontemporer. Senosiain ingin membangkitkan nuansa laut dalam arsitektur rumah ini, jadi dia menelurkan ide berbentuk seperti nautilus. Bagian dalamnya pun dibangun seperti cangkang keong, setiap ruangan terhubung oleh lorong.

Topik pilihan: Wisata Kuliner | Wanita merdeka | Lokasi Romantis

7 dari 8 halaman

Rumah Kue Jahe, Inggris

jahe inggrisRumah Kue Jahe, Inggris. ©2014 Merdeka.com/Sykes Cottages UK

Rumah Kue Jahe yang terletak di Candy Cane Lane, Storytown, Inggris ini merupakan cottage yang disewakan untuk umum oleh Sykes Cottages. Rumah ini dibangun tepat di tengah hutan.

Sama seperti rumah kue milik nenek sihir yang didatangi Hansel dan Gretel, sebagian besar bangunan tersebut dibuat dari kue jahe sungguhan. Jendelanya terbuat dari permen, dan kertas dindingnya berlapis gula. Cottage ini cukup diminati oleh para wisatawan, terutama keluarga yang memiliki anak-anak.

Topik pilihan: Wisata Kuliner | Wanita merdeka | Lokasi Romantis

8 dari 8 halaman

Rumah Hobbit, Selandia Baru

selandia baruRumah Hobbit, Selandia Baru. ©2014 Merdeka.com/Flickr/Ian Brodie

Berbeda dengan rumah hobbit yang dibangun oleh Simon Dale di Wales, rumah hobbit yang terletak di daerah Rotorua, Selandia baru ini memang benar-benar tempat tinggal Bilbo Baggins.

Ya, menurut Impressive Magazine rumah ini adalah bagian dari lokasi pengambilan gambar trilogi The Lords of The Rings dan The Hobbit yang memang sengaja dibangun untuk menghidupkan gambaran kehidupan para Hobbit di Hobbiton seperti dalam novel laris karangan J.R.R. Tolkien tersebut.

Baca juga:

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Top List
  3. Travel
  4. Lokasi Wisata
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini