7 Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Perawatan Kecantikan

Kamis, 10 Januari 2019 10:43 Reporter : Tantri Setyorini
7 Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Perawatan Kecantikan Ilustrasi kulit jeruk. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Beberapa jenis buah mengandung banyak nutrisi yang sangat kaya hingga ke kulitnya. Termasuk buah jeruk yang mengandung minyak esensial. Minyak inilah yang menjadikannya berkhasiat untuk kecantikan.

Mau tahu bagaimana cara memanfaatkan kulit buah jeruk untuk perawatan kecantikan? Berikut ini kami tampilkan ragam khasiat dan cara menggunakannya yang dikutip dari situs Style Craze dan DIY Natural.

1. Minyak untuk mandi

Ilustrasi berendam Spafinder Wellness 365


Tambahkan kulit jeruk yang sudah diparut ke dalam air mandi. Air mandi yang sudah dicampur minyak jeruk alami ini bisa menstimulasi kulit.

2. Manicure Kulit Jeruk untuk Menjadikan Kuku Berkilau

Ilustrasi kuku cantik 2014 Merdeka.com/shutterstock/bokan


Minyak alami dalam kulit jeruk juga bisa digunakan untuk menjadikan kuku bersinar. Gosok kuku dengan bagian luar kulit jeruk.

3. Parutan Kulit Jeruk untuk Mencerahkan Kulit

Ilustrasi masker wajah iStock


Parutan kulit jeruk yang dicampurkan dengan susu atau yogurt tawar bisa digunakan sebagai masker untuk menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya.

4. Olesan Kulit Jeruk untuk Mengusir Nyamuk

Tips dapatkan udara sehat dan bebas nyamuk 2 2016 Merdeka.com


Kulit jeruk mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Oleskan bagian luar kulit jeruk sebelum keluar ruangan untuk mencegah gigitan nyamuk.

5. Tonik Kulit Jeruk untuk Atasi Ketombe

ilustrasi ketombe 2016 Merdeka.com


Campurkan parutan kulit jeruk dengan air dan biarkan semalaman. Terapkan ke rambut untuk menyingkirkan ketombe. Campuran ini juga bisa membantu menutrisi dan membersihkan rambut.

6. Bubuk Kulit Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi gemuk 2018 Merdeka.com/Pixabay


Kulit jeruk diketahui bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang aktif akan membantu Anda menurunkan berat badan. Mengonsumsi kulit jeruk yang sudah diolah menjadi bubuk sangat baik jika Anda sedang kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya.

7. Masker Kulit Jeruk untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Ilustrasi scrub wajah 2014 Merdeka.com/shutterstock/TaisiyaL


Bersihkan kulit jeruk dan lumatkan. Tambahkan satu sendok makan yogurt. Buatlah pasta dari campuran itu.

Cuci wajah Anda dengan sedikit air hangat untuk menghilangkan kotoran. Oleskan masker ini merata ke seluruh wajah, gosok dengan gerakan melingkar, dan biarkan selama 30 menit. Kemudian basuh wajah Anda dengan air dingin.

Masker alami ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari wajah, sehingga wajah tampak segar dan bercahaya.

Demikian cara memanfaatkan kulit jeruk untuk perawatan kecantikan wajah Anda. Silakan dicoba di rumah. Anda bisa menggunakan kulit jeruk mandarin, santang, keprok, siam, atau clementine. Intinya gunakan kulit jeruk yang tipis dan berwarna oranye atau kuning. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini