7 Artis yang Pilih Jadi PNS, Ada yang Jadi Pejabat Tinggi

Senin, 14 Oktober 2019 00:05 Reporter : Tantri Setyorini
7 Artis yang Pilih Jadi PNS, Ada yang Jadi Pejabat Tinggi Artis Indonesia yang berprofesi sebagai PNS. ©2019 Merdeka.comLiputan6.com/Instagram/risa_saraswati/ellennitaa

Merdeka.com - Bagi sebagian orang, profesi di dunia artis mungkin menjanjikan banyak kemewahan. Namun ada pula yang berhasil masuk ke dunia selebriti dan justru tertarik untuk menjadi abdi negara.

Berikut ini deretan artis yang memilih jadi PNS. Ada yang menjadi pejabat sembari tetap aktif melakoni profesi sebagai seniman, ada pula yang lepas total dari dunia hiburan.

1 dari 7 halaman

Fryda Lucyana

Fryda Lucyana. Liputan6.com/Herman Zakharia

Masih ingat Fryda Lucyana? Dia adalah pelantun lagu Segala Rasa Cinta serta tembang Rindu yang didaur ulang oleh Agnez Mo.

Penyanyi berparas manis ini sempat populer di tahun 90-an sebelum namanya menghilang. Tak banyak yang tahu kalau penyandang gelar master hukum dari Monash University Australia ini sudah jadi PNS. Dia bekerja di Kementrian Sekretariat Negara.

2 dari 7 halaman

Risa Saraswati

Risa Saraswati. Instagram/risa_saraswati

Risa Saraswati adalah seorang penyanyi, penulis, vlogger, dan mantan presenter acara televisi bernuansa mistis. Risa dikenal publik karena kemampuannya berkomunikasi dengan makhluk halus. Walaupun sukses di televisi dan dunia maya, rupanya wanita yang kini berjilbab itu juga menekuni profesi sebagai PNS. Risa bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Karawang Departemen Bina Marga dan Pengairan.

3 dari 7 halaman

Edwin Manansang

Edwin Manansang. Instagram/edmanans

Edwin Rizal Manansang termasuk perintis boyband di tanah air. Lewat Trio Libels yang nge-hits di tahun 90-an, suara merdunya telah menelurkan lagu-lagu populer seperti Jerat-Jerat Cinta dan Aku Suka Kamu.

Selain menjadi penyanyi, kala itu Edwin menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Lalu lanjut mengejar gelar master di Universitas Illinois dan doktor dari Universitas Indonesia.

Saat ini dia sudah jadi PNS dengan jabatan tinggi. Edwin menjadi pejabat Eselon II di Kemenko Perekonomian. Posisinya adalah Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan.

4 dari 7 halaman

Shirley Malinton

Shirley Malinton. KapanLagi.com

Masih ingat perempuan cantik berparas bule yang kerap menemani trio Warkop DKI di film-filmnya? Dialah Shirley Malinton, aktris blasteran Inggris yang sempat melejit di tahun 80-an.

Shirley mengundurkan diri dari dunia hiburan setelah membintangi belasan film. Dia pilih mengejar cita-cita sejak kecil sebagai diplomat. Dia bergabung dengan Departemen Luar Negeri dan pernah menjabat Kepala Bidang Amerika di Bagian Pengembangan dan Pengkajian Kebijakan (BPPK).

Shirley pernah bertugas di Kedubes RI yang ada di Roma, Konsulat Jenderal RI di Toronto, dan kini menjalankan tugasnya di Konsulat Jenderal RI di Chicago sebagai Konsul Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya.

5 dari 7 halaman

Ellen Cherrybelle

Ellen Nita Vindriana. Instagram/ellennitaa

Ellen Nita Vindriana adalah mantan anggota girlband sukses tanah air, Cherrybelle. Perempuan bertampang imut itu memutuskan untuk berkarir di bidang pendidikan setelah hengkang dari Cherrybelle di tahun 2016.

Ellen menyelesaikan pendidikan di bidang manajemen akuntansi Politeknik Negeri Malang, kota asalnya. Sekarang dia mengabdikan diri sebagai dosen di kampus yang menjadi almamaternya itu.

6 dari 7 halaman

Dian AFI

Dian AFI. Mybalimusic.com

Mungkin tak banyak yang mengingat Luh Paramita Ardianti. Pasalnya dia adalah satu dari sekian banyak penyanyi muda yang jadi finalis Akademi Fantasi Indosiar. Perempuan yang sempat dikenal dengan nama Dian AFI itu kini bertugas sebagai PNS di bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Denpasar.

7 dari 7 halaman

Abrar Shaden

Shaden. KapanLagi.com

Satu lagi mantan artis muda yang pilih banting setir menjadi abdi negara. Dialah Abrar Shaden. Salah satu personel Shaden ini menempuh studi di Monash university Melbourne Australia. Saat ini Abrar bekerja sebagai PNS di Dinas Pelayanan Pajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Itulah deretan selebriti tanah air yang pilih menjadi pegawai negeri sipil. [tsr]

Baca juga:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini