5 Kasus Kepribadian Ganda Fenomenal yang Jadi Inspirasi Fiksi Terkenal

Jumat, 25 Januari 2019 01:00 Reporter : Tantri Setyorini
5 Kasus Kepribadian Ganda Fenomenal yang Jadi Inspirasi Fiksi Terkenal Split (2016). ©2016 Blinding Edge Pictures/Blumhouse Productions/Universal Pictures

Merdeka.com - Gangguan identitas disosiatif atau yang lebih dikenal dengan istilah populer kepribadian ganda merupakan kejiwaan di mana pasien mengembangkan lebih dari satu kepribadian di dalam dirinya. Gangguan ini biasanya dipicu oleh pengalaman traumatis yang terjadi di masa kecil dan dalam beberapa kasus si pasien bisa mengembangkan puluhan hingga ratusan kepribadian yang bergantian menguasai kesadaran si pemilik tubuh asli.

Kepribadian ganda merupakan fenomena yang tergolong kontroversial di dunia psikiatri maupun hukum. Karena itulah beberapa kasusnya lantas mencuat ke ranah publik dan menjadi berita menggemparkan. Beberapa di antaranya bahkan sempat diangkat menjadi buku atau menginspirasi beberapa kisah fiksi terkenal.

Berikut ini beberapa kasus kepribadian ganda yang tergolong fenomenal hingga menjadi inspirasi fiksi populer, dilansir dari Psyche.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini