5 Kue Jadul yang Masih Jadi Favorit Para Foodies di Tanah Air

Jumat, 24 September 2021 15:03 Reporter : Wuri
5 Kue Jadul yang Masih Jadi Favorit Para Foodies di Tanah Air 5 Kue Jadul yang Masih Jadi Favorit Para Foodies di Tanah Air. ©Shutterstock

Merdeka.com - Serbuan kuliner kekinian memang terasa menggiurkan buat dicicipi. Sebut saja croffle, cinnamon rolls, hingga sederet makanan khas Korea yang bermunculan seiring dengan popularitas KDrama yang terus meningkat. Semakin banyak referensi untuk memanjakan lidahmu kan?

Biarpun banyak kuliner kekinian yang bermunculan, tapi makanan jadul tetap bertahan di hati kok. Seperti deretan kue jadul ini yang masih jadi favorit para foodies di Indonesia. Mana yang paling kamu suka?

Roti Gambang

5 kue jadul yang masih jadi favorit para foodies di tanah air
©Dapur Cici Mesem

Dikenal juga dengan sebutan roti ganjel rel, roti yang satu ini punya ciri khas tersendiri. Teksturnya lebih padat jika dibandingkan dengan roti lainnya dengan sensasi rasa manis yang terbuat dari gula merah.

Gambang banyak dijumpai di daerah Semarang. Roti ini hadir di Indonesia sebagai pengaruh dari zaman kolonial karena dulu sering menjadi menu sarapan orang Belanda. Seiring berjalannya waktu, gambang ternyata masih terus eksis hingga saat ini. Banyak seller yang berinovasi menciptakan gambang yang lebih modern, seperti yang dihadirkan oleh Dapur Cici Mesem di Bandung. Sudah memproduksi gambang sejak tahun 1950an, Dapur Cici Mesem menghadirkan inovasi gambang dengan berbagai isian seperti cokelat, stroberi, sampai keju.

Bluder

5 kue jadul yang masih jadi favorit para foodies di tanah air
©Ambrosia Patisserie

Popularitas bluder sempat meningkat beberapa waktu yang lalu, seiring dengan munculnya inovasi bluder kekinian. Namun, tahu nggak kalau sebenarnya roti ini sudah ada sejak era kolonial Belanda? Yup, awalnya roti ini termasuk makanan mewah yang dibuat dan disajikan untuk tamu kehormatan selama masa tersebut.

Sekarang berbagai inovasi bluder hadir untuk menyesuaikan lidah masyarakat di Indonesia. Bluder cenderung memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis. Seiring dengan berjalannya waktu, hampir setiap toko kue kekinian punya pilihan bluder yang terdiri dari berbagai variasi rasa. Seperti keju atau cokelat yang lumer dan lembut di dalam. Bluder bahkan jadi salah satu oleh-oleh khas kota Madiun. Tapi, nggak perlu jauh-jauh ke Madiun untuk menikmati roti bluder. Langsung saja cicipi bluder buatan Ambrosia Patisserie di Jakarta yang menghadirkan cita rasa otentik dan khas.

Bolu Jadul

5 kue jadul yang masih jadi favorit para foodies di tanah air
©Eneng Manis

Masih ingat dengan bolu berbentuk kotak yang bagian atasnya bertabur meses atau keju? Kue yang satu ini dulu sering jadi andalan untuk suguhan di berbagai acara, misalnya saja pernikahan. Nah, sekarang bolu jadul ini banyak dijual oleh berbagai seller kuliner yang dibuat dengan bahan-bahan terbaik. Misalnya saja butter Wijsman yang nggak hanya menghadirkan cita rasa premium tapi juga aroma yang memikat.

Buat yang ada di Bekasi dan sekitarnya, langsung saja cicipi lezatnya bolu jadul yang disajikan oleh Eneng Manis. Terbuat dari bahan-bahan premium, cita rasa otentik dan kelezatannya sudah pasti terjaga.

Bandros

5 kue jadul yang masih jadi favorit para foodies di tanah air
©Angelia Home Baked

Siapa yang dulu waktu kecil sering jajan bandros alias kue pancong yang lewat dekat rumah? Kue yang memiliki cita rasa kelapa ini biasanya disajikan dengan taburan gula pasir di atasnya. Mulai kangen dengan kelezatan kue bandros?

Nggak perlu galau atau bingung mau beli di mana, langsung saja nikmati kue bandros kekinian ala Angelia Home Baked yang ada di Depok. Bukan kue bandros biasa, soalnya yang kamu temukan di sini adalah kue bandros kekinian dengan berbagai pilihan topping mantap. Mulai dari Nutella, matcha, selai srikaya, dan topping lezat lainnya. Gimana, sudah ngiler pengen mencoba?

Lapis Legit

5 kue jadul yang masih jadi favorit para foodies di tanah air
©Gunada Kitchen

Kue ini termasuk salah satu yang legendaris di Indonesia, lho. Bahkan, lapis legit sempat masuk daftar makanan paling enak di dunia bersama rendang. Bangga banget kan karena kuliner tanah air diakui secara internasional.

Kalau mau bernostalgia dengan makanan yang satu ini, nggak perlu ribet bikin sendiri. Sudah banyak seller kuliner yang menjual lapis legit secara online. Salah satunya adalah Lapis Legit Plum Wisjman yang premium? Langsung saja pesan di Gunada Kitchen buat kamu yang tinggal di Depok dan sekitarnya. Dijamin bikin nagih karena bahan-bahan premium yang digunakan.

Itu tadi beberapa kue jadul yang sampai sekarang masih terus jadi favorit para foodies di tanah air. Mau mencoba pesan langsung di para seller tersebut? Nggak perlu repot, sekarang ada cara yang lebih praktis berburu kuliner pre order dari berbagai manca negara, yaitu lewat ManisdanSedap.com.

Platform kuliner yang satu ini membantu para foodies dalam melakukan pemesanan makanan secara pre order dari berbagai kota yang ada di Indonesia. Menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai media digital yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

ManisdanSedap.com juga dapat membantu UMKM dunia kuliner berkembang dengan menjadi ‘etalase’ online produk yang mereka jual. Dilengkapi dengan tombol pemesanan, kamu akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp seller dan transaksi pun dilakukan di luar platfoem, Gampang banget kan!

Temukan beragam inspirasi kuliner lainnya yang bisa memanjakan foodies yang lain dengan mengunjungi ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap! [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manis Dan Sedap
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini