5 Kesalahan saat berlibur

Kamis, 20 Desember 2012 17:10 Reporter : Vizcardine Audinovic
5 Kesalahan saat berlibur ilustrasi travelling. ©shutterstock/Michelangelo Gratton.com

Merdeka.com - Saat ini berlibur semakin mudah dan murah. Jumlah tujuan wisata makin terbuka untuk wisatawan. Ditambah dengan kecanggihan teknologi yang memudahkan kita untuk tetap menjaga komunikasi. Yap, liburan tentu akan menjadi menyenangkan.

Namun, jangan sampai liburan yang telah disusun secara rapi menjadi kacau hanya karena kesalahan kecil. Terlalu excited dengan tempat tujuan membuat Anda bisa melupakan hal penting selama liburan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memiliki pengalaman perjalanan yang aman dan sukses yang dikutip leisuregrouptravel.

1 dari 5 halaman

Tip

ilustrasi travelling. ©shutterstock/Michelangelo Gratton.com

Etiket memberi tip bervariasi dari satu negara ke negara lain. Mengetahui rata-rata  tip di tempat yang akan Anda kunjungi tentu menyelamatkan Anda dari situasi yang memalukan. Sebagai contoh, banyak restoran atau hotel di Amerika Tengah yang memasukkan tip dalam tagihan Anda. Sehingga Anda tak perlu lagi membayar tip. Namun, tidak jarang pengemudi taksi atau restoran yang memberikan tanda terima kartu kredit dengan harapan bahwa Anda akan memberi uang tambahan.

2 dari 5 halaman

Koneksi internet

ilustrasi travelling. ©shutterstock/Michelangelo Gratton.com

Saat ini sangat sulit unutk terlepas dari koneksi internet meski hanya sementara waktu. Tak terbayang jika berada di tempat asing tetapi tidak ada koneksi internet di sana. Sehingga layanan WiFi selalu ada di mana-mana dan kita tak susah untuk mengaksesnya.

Sebelum menghubungkan ke jaringan WIFI saat bepergian, pastikan bahwa perangkat Anda memiliki pengamanan yang tepat untuk mencegah orang lain mengakses perangkat Anda dan mengintai di sekitarnya. Selain itu, hindari masuk ke rekening bank atau menggunakan kartu kredit saat jaringan tidak aman untuk membantu mencegah pencurian identitas.

3 dari 5 halaman

Menjadi terlalu sosial

ilustrasi travelling. ©shutterstock/Michelangelo Gratton.com

Membuat catatan perjalanan liburan atau mengupload foto saat Anda sedang berlibur merupakan hal umum. Tanpa disadari, perbuatan tadi secara tidak langsung Anda memberi tahu bahwa Anda telah meninggalkan sebuah rumah kosong.

Webroot telah melaporkan bahwa pencuri sudah mulai beralih ke Facebook dan Twitter untuk menemukan rumah yang mungkin kosong selama absen liburan. Jadi jangan membuat pekerjaan mereka lebih mudah untuk mereka dengan memberi mereka jadwal liburan Anda.

4 dari 5 halaman

Melakukan persiapan di menit terakhir

ilustrasi travelling. ©shutterstock/Michelangelo Gratton.com

Anda mungkin telah merencanakan tujuan perjalanan Anda sampai ke detail terakhir. Tetapi jangan lupa, biasanya ada banyak hal yang perlu ditangani sebelum Anda meninggalkan rumah. Seperti menyiapkan perawat binatang peliharaan, membeli perlengkapan berlibur, membayar tagihan kartu kredit, dan masih banyak lagi.
Sebaiknya persiapkan perjalanan Anda jauh-jauh hari agar tidak ada satupun yang terlewati. Sehingga Anda bisa berlibur dengan perasaan tenang tanpa beban pikiran. 

5 dari 5 halaman

Lupa istirahat

ilustrasi travelling. ©shutterstock/Michelangelo Gratton.com

Ingatlah bahwa Anda bepergian untuk bersantai dan menyegarkan pikiran.  Jadi pastikan ada waktu luang untuk beristirahat. Menjadi terlalu berambisi untuk mengunjungi segala tempat akan mengakibatkan stres. Dan jika Anda menghabiskan waktu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, Anda akan melewatkan aspek yang paling menarik dari tujuan Anda yakni, budaya.

Anda dapat melihat menara Eiffel dalam satu juta foto di internet, tetapi belum tentu Anda akan mendapatkan suasana Paris yang sesungguhnya. Cobalah luangkan waktu sejenak dengan minum kopi di kafe pinggir jalan, mengamati penduduk setempat, dan menikmati pemandangan di tempat tujuan Anda.

Nah bagaimana, Sudah siapkah dengan liburan menyenangkan Anda?

[vic]
Topik berita Terkait:
  1. Tips Liburan
  2. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini