5 Jajanan Kekinian yang Viral di Sepanjang Tahun 2018

Rabu, 19 Desember 2018 13:02 Reporter : Tantri Setyorini
5 Jajanan Kekinian yang Viral di Sepanjang Tahun 2018 Ilustrasi jajanan viral 2018. ©Instagram/eskepalalkid/bul.doi

Merdeka.com - Tahun ini katanya belum hits kalau belum coba cheese tea. Belum kekinian kalau nggak ikutan posting foto donat Indomie. Es kepal yang sempat viral di berbagai jejaring sosial pun bisa ditemui nyaris di setiap ruas jalan.

Tahun 2018 kembali diwarnai tren kuliner yang viral di jejaring sosial. Beberapa di antaranya telah menciptakan peluang bisnis bagi mereka yang kepingin memulai jadi entrepreneur.

Makanan apa saja yang sempat digilai anak muda di sepanjang tahun 2018? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Sostel

Ilustrasi sostel ©Instagram/sostelngesot


Tahun ini sostel menjadi salah satu jajanan paling laris di tanah air. Bagi yang belum tahu, sostel adalah telur dan sosis yang disajikan dengan tusukan sate.

Ada alat khusus untuk membuat panganan kegemaran anak-anak ini. Tetapi belakangan banyak juga yang sukses membuat sostel sendiri tanpa membeli alatnya.

2. Es kepal

Ilustrasi es kepal ©Instagram/eskepalalkid


Banyak yang mengatakan bahwa es kepal Milo berasal dari negara tetangga yakni Malaysia yang memang terkenal dengan produksi Milo yang enak banget.

Rasanya hampir semua kedai di mal dan di pinggir jalan pernah menawarkan jajanan hits yang satu ini. Es kepal yang dibuat dari campuran es serut, Milo, dan kental manis cokelat. Setelah itu ditaburi berbagai jenis topping seperti remah Oreo, sereal, jeli, atau es krim. Awas buat yang lagi diet! Kalorinya setara dengan nasi padang, lho.

3. Cheese tea

Banban ©2018 Instagram/banban.tea


Kalau tahun lalu mango smoothie jadi minuman paling laris di kalangan anak muda, tahun ini giliran cheese tea yang mengambil alih.

Pada dasarnya cheese tea adalah minuman teh buah atau teh susu yang dipadukan dengan busa keju di bagian atas. Cara paling kekinian untuk menyeruputnya adalah secara langsung, tanpa bantuan sedotan. Kalau sudah muncul kumis keju di bibir, barulah khatam ritual minum cheese tea kita. Tetapi buat yang segan belepotan, biasanya cheese tea juga disajikan bersama sedotan berukuran besar, kok.

4. Ayam Geprek

Ilustrasi ayam geprek mozzarella ©Instagram/cubite.greenlake


Selama 2018, GrabFood telah mengantarkan lebih dari 13 juta Ayam Geprek di Indonesia. Ayam ternyata menjadi menu paling favorit di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Ayam geprek sendiri sebenarnya bukan jenis makanan yang masih baru. Berupa ayam goreng tepung yang digeprak bersama sambal bawang. Namun belakangan semakin banyak variasi penyajiannya. Ada yang disajikan bersama sambal matah, lumuran keju mozzarella, atau ayam geprek yang disajikan bersama mi goreng instan.

5. Donat Indomie goreng

Ilustrasi donat Indomie goreng ©Instagram/bul.doi


Kreasi olahan Indomie goreng yang satu ini benar-benar viral di berbagai jejaring sosial pada pertengahan tahun 2018. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup dengan mencetak dan mengukus Indomie goreng yang sudah dimasak. Lumuri dengan tepung roti, kemudian goreng hingga matang.

Kreasi donat Indomie goreng ini ternyata berasal dari Australia. Sebuah toko donat di Sydney membuat kreasi yang cukup nyeleneh dengan menggunakan Indomie goreng sebagai bahan pembuat donatnya. Donat ini merupakan kolaborasi Indomie Australia dengan sebuah produsen donat di Sydney.

Makanan dan minuman di atas merupakan beberapa jajanan yang sempat viral di jejaring sosial sepanjang tahun 2018. Berapa di antaranya yang sudah pernah kamu coba? [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini