5 Cara Enak Masukkan Kedelai di Menu Sehari-Hari

Minggu, 7 Juli 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
5 Cara Enak Masukkan Kedelai di Menu Sehari-Hari Ilustrasi mapo tofu. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Kedelai merupakan salah satu bahan makanan paling bernutrisi yang bisa ditemukan. Jenis kacang-kacangan yang satu ini mengandung banyak isoflavon dan protein nabati yang diperlukan untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Kedelai juga kaya vitamin B, vitamin D, vitamin K, dan kalsium.

Selain sehat, kedelai juga nikmat disantap. Kita bisa memasukkannya ke dalam menu sehari-hari dengan mudah, terutama karena kedelai bisa diolah menjadi berbagai jenis panganan. Produk olahannya yang sudah jadi pun mudah didapat di pasaran. Harganya sangat terjangkau pula.

Berikut ini kami tampilkan cara enak untuk memasukkan nutrisi kedelai ke dalam menu sehari-hari.

1 dari 5 halaman

Konsumsi Tempe

Produk olahan kedelai yang satu ini cukup tinggi protein dan vitamin B. Selain itu, tempe juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, misalnya botok tempe, sambal goreng, mendoan, bacem, perkedel, dan bakwan. Tempe juga bisa diolah menjadi makanan bergaya barat seperti salad, burger, dan nugget.

2 dari 5 halaman

Konsumsi Tahu

Tahu bisa menjadi pengganti daging pada makanan-makanan vegetarian. Bisa digoreng, dikukus, rebus, dipanggang, atau ditumbuk dan dicampur dengan daging cincang untuk membuat nugget. Tahu sutera yang dihaluskan biasanya juga diolah menjadi pengganti krim atau telur. Menjadikan smoothie lebih kental juga bisa dilakukan dengan menambahkan tahu sutera. Kalorinya jelas lebih rendah.

3 dari 5 halaman

Konsumsi Susu Kedelai

Kedelai yang diolah menjadi susu nabati bisa menjadi alternatif pangan untuk mereka yang alergi terhadap laktosa pada produk olahan susu. Satu takaran saji susu kedelai merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang baik.

Susu kedelai juga digunakan untuk krimer dan yogurt nabati. Campur dengan sedikit agar-agar, Anda akan mendapatkan kembang tahu yang lembut. Tinggal ditambahkan kuah jahe manis.

Anda bisa membuat susu kedelai sendiri di rumah, namun kandungan kalsiumnya mungkin tak sebanyak susu kedelai dalam kemasan yang sudah diproses dengan metode khusus.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Miso

Miso adalah pasta kedelai yang sudah melalui proses fermentasi. Bahan makanan yang satu ini kerap digunakan di dalam sup ala Jepang atau Korea. Miso juga banyak mengandung vitamin B12.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Edamame

Kedelai yang masih belum dikupas dari polongnya juga sangat bergizi. Setiap 16 gram edamame mengandung protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin K, folat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, selenium, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Demikian cara-cara untuk memasukkan kedelai di dalam asupan nutrisi sehari-hari Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai resep masakan agar olahan kedelai di meja Anda senantiasa variatif. [tsr]

Baca juga:
Selain Kaya Protein, Tahu dan Tempe Ternyata Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung
Kementan: Kualitas Kedelai Dalam Negeri Jauh Lebih Baik Dibanding Impor
Ini Upaya Kementan Agar RI Tak Dibanjiri Kedelai Impor

Topik berita Terkait:
  1. Kedelai
  2. Top List
  3. Wanita Merdeka
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini