6 Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kecantikan Kulit

Rabu, 31 Juli 2019 17:00 Reporter : Tantri Setyorini
6 Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kecantikan Kulit Ilustrasi makanan manis. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Pemanis dari tebu ini memang bisa bikin semua makanan jadi terasa lebih lezat di lidah. Tetapi jangan salah, konsumsi gula berlebihan justru bisa membahayakan kesehatan.

Bukan itu saja, penyerapan gula non-alami oleh tubuh juga bisa berimbas pada kecantikan kita. Mau tahu apa saja efek negatif konsumsi gula berlebih bagi kecantikan? Simak informasi yang dikutip dari The Health Site dan The Huffington Post berikut.

1 dari 6 halaman

Kantung Mata

Tahukah kamu, bukan cuma garam saja yang bisa menjadi pemicu timbulnya kantung mata? Konsumsi gula dalam jumlah besar setiap hari dapat meningkatkan inflamasi atau pembengkakan di bawah mata.

Menurut Patricia K. Farris seperti dikutip Huffington Post, ahli dermatologi di Tulane University mengatakan pasien-pasiennya yang berhenti mengonsumsi gula mendapati kantung mereka berkurang.

2 dari 6 halaman

Jerawat

Asupan gula yan berlebihan akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tingginya tingkat insulin ini akan memicu produksi sebum di permukaan kulit. Sebum inilah yang kemudian menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

3 dari 6 halaman

Penuaan Dini

Kolagen dan elastin adalah dua protein penting yang menjaga kelenturan dan keremajaan sel kulit. Namun glukosa dan fruktosa pada makanan manis yang kita konsumsi akan merusak kedua protein tersebut, memicu produksi AGE (Advanced Glycation End Products) yang membuat kolagen dan elastin tidak bisa menjalankan fungsi regenerasi sel.

Lebih jauh lagi, kombinasi AGE dan efek merusak sinar UV menghasilkan Reactive Oxygen Species (ROS) yang menambahkan gejala penuaan lebih lanjut pada kulit.

4 dari 6 halaman

Hirsutisme

Tingkat insulin yang tinggi dalam tubuh ternyata tak cuma bisa menyebabkan jerawat saja. Hirsutisme adalah pertumbuhan rambut di wajah pada wanita, biasanya di daerah sekitar mulut. Kondisi ini disebabkan karena produksi hormon testosteron yang berlebihan pada wanita. Produksi hormon berlebih ini dipicu oleh insulin.

5 dari 6 halaman

Tubuh Gemuk

Tubuh gemuk yang tidak ideal tentunya mengganggu penampilan, sebab tidak sedap dipandang. Sudah bukan rahasia lagi kalau asupan gula yang berlebihan akan membuat kita menimbun cadangan energi tak terpakai di dalam tubuh. Akibatnya tubuh jadi berlemak.

6 dari 6 halaman

Kulit Kasar

Lonjakan insulin tak cuma memicu produksi sebum di kulit. Kadar insulin yang tidak seimbang juga bisa memicu peradangan di kulit. Akibatnya kulit jadi tampak kusam, kasar, dan mudah kemerahan.

Itulah 6 bahaya gula bagi kecantikan. Karena itu konsumsi gula secukupnya saja, ya. [tsr]

Baca juga:
Menurut Penelitian, Ini 6 Khasiat Minyak Alpukat untuk Kecantikan
Konsumsi Daun Ketumbar Bisa Bikin Awet Muda
Bukan Bikin Gendut, Konsumsi Telur Justru Bikin Cantik

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini