4 Manfaat Daun Jambu biji untuk Kecantikan Rambut

Selasa, 8 Oktober 2019 06:02 Reporter : Tantri Setyorini
4 Manfaat Daun Jambu biji untuk Kecantikan Rambut Ilustrasi daun jambu biji. ©2015 Merdeka.com/flickr/Subash BGK

Merdeka.com - Manfaat daun jambu biji yang paling umum diketahui berkaitan dengan masalah pencernaan. Tetapi manfaat daun jambu untuk kecantikan pun ternyata cukup banyak. Salah satunya untuk kecantikan rambut.

Daun jambu biji mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan merebus daun jambu atau menumbuknya hingga halus.

Apa saja manfaat daun jambu biji untuk rambut? Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 4 halaman

Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok adalah akibat langsung dari kondisi kulit kepala yang tidak sehat. Daun jambu biji memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang membuatnya menjadi bahan yang populer untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Antioksidan pada daun jambu biji membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penyusutan folikel. Rambut rontok juga bisa dikaitkan dengan tingkat stres. Memijat kulit kepala dengan air daun jambu biji mampu merilekskan kepala dan menenangkan tubuh.

2 dari 4 halaman

Menyuburkan Rambut

Daun jambu biji juga kaya Vitamin B dan Vitamin C yang berkhasiat untuk menyehatkan folikel serta membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan aktivitas kolagen. Kolagen membantu rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Memijat kepala dengan air rebusan jambu biji bisa meningkatkan tekanan darah yang membantu folikel menerima lebih banyak nutrisi. Ini menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat.

3 dari 4 halaman

Menjadikan Rambut Berkilau

Mencuci rambut dengan air daun jambu biji membantu menghilangkan penumpukan kotoran dan membuka folikel yang tersumbat. Ini membantu mencegah rambut berminyak dan ketombe. Menghilangkan kotoran di rambut dan kulit kepala membantu menghaluskan poros rambut, membuatnya lembut dan berkilau.

Daun jambu biji juga dapat menebalkan helaian rambut yang membuatnya akan terlihat lebih bervolume. Akar rambut juga menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok dan terhindar dari penipisan rambut.

4 dari 4 halaman

Melindungi Rambut dari Radikal Bebas

Sinar matahari, asap, dan polusi menyebabkan oksidasi atau perubahan susunan sel yang menyebabkan kematian sel. Antioksidan dikatakan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan ini diperkirakan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sifat antioksidan pada daun jambu biji membantu melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan kulit kepala dan rambut. Daun jambu biji juga mengandung likopen yang memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

[tsr]
Topik berita Terkait:
  1. Manfaat Buah
  2. Perawatan Rambut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini