4 Makanan ini dijual murah di Indonesia, mahal di luar negeri

Rabu, 4 April 2018 07:00 Reporter : Syifa Hanifah
4 Makanan ini dijual murah di Indonesia, mahal di luar negeri bakso. ©shutterstock

Merdeka.com - Makanan-makanan ini pasti sangat mudah di temui di Indonesia. Mulai di restoran sampai di pinggir jalan. Jangan ditanya soal harganya, karena tidak akan membuat kantong anda jebol.

Berbeda jauh jika makanan ini sudah dijual di luar negeri karena akan meroket naik. Ini daftar makanan yang dijual mahal di luar negeri:

1 dari 5 halaman

Bakso

bakso. ©shutterstock.com

Siapa yang tidak kenal makanan dengan bentuk bulat-bulat ini. Bakso ini sangat digemari oleh negara lain, khususnya Singapura. Dengan harga jualnya yang mahal.

Bedanya, kalau di Indonesia harga satu porsi bakso dihargai sebesar Rp 10 ribu - Rp 15 ribu. Kalau di Singapura, harga satu porsi bakso dihargai sebesar SGD 5 atau setara dengan Rp 52.000.

2 dari 5 halaman

Mi instan

Indomie Goreng. ©2017 Merdeka.com

Makanan yang satu ini pasti menjadi favorit seluruh rakyat Indonesia. Bahkan indomie sudah masuk pasar dunia dan harga sudah tidak perlu lagi diragukan mahalnya.

Jika di Indonesia harganya antara Rp 2.000-3.500 per bungkus. Beda cerita dengan negeri Sakura, Jepang. Di Tokyo, mi instan dibandrol dengan harga 85 yen atau senilai dengan Rp 11.000 ribu.

3 dari 5 halaman

Tempe

Perajin tempe. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Olahan asli Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai ini harganya bisa selangit bila dijual di luar negeri. Jika di Indonesia makanan dijual dengan harga Rp 2.000/potong, berbeda jauh jika dijual di Eropa.

Harga tempe Eropa bisa mencapai 1,8 Euro atau setara dengan Rp 30,500/potong kecilnya. Dan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

4 dari 5 halaman

Nasi goreng

Ilustrasi nasi goreng. © J. Kenji Lopez-Alt

Makanan selanjutnya yang harga selangit jika dijual negeri orang adalah nasi goreng. Masakan yang sederhana bisa didapat dengan harga Rp 12.000 di Indonesia lengkap dengan telur serta potongan daging ayam.

Bisa jauh berbeda dengan di Amerika Serikat. Harga seporsi nasi goreng bisa mencapai USD 10 atau sekitar Rp 137.600.

5 dari 5 halaman

Pisang goreng

pisang goreng. ©2012 Merdeka.com

Makanan ini masuk dalam makanan ringan yang biasa dijual di pinggir jalan. Siapa yang menduga, di Indonesia kita bisa membeli dengan harga Rp 1.000. Namun di Eropa harga pisang goreng ini bisa membuat kantong jebol, karena dijual 5 Euro atau kurang lebih sekitar Rp 85.000. [did]

Baca juga:
Sentra ikan asap di Kota Semarang akan dikembangkan jadi wisata
Kisah tiga generasi kuliner legendaris Soto Sangka Banyumas
Mencicipi Soto Sangka, kuliner khas Banyumas yang bertahan hingga tiga zaman
Sedapnya Nasu Cemba khas Enrekang, perpaduan asam gurih yang bikin nagih
Mangkuak Badeta, kue khas yang wajib dicoba jika ke Pesisir Selatan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini