4 Cara Alami untuk Pudarkan Bekas Luka Cacar Air

Selasa, 24 September 2019 13:28 Reporter : Tantri Setyorini
4 Cara Alami untuk Pudarkan Bekas Luka Cacar Air Ilustrasi rosehip oil. © iStock

Merdeka.com - Saat ini sudah tak banyak orang yang terserang cacar air berkat vaksin. Walaupun begitu, masih banyak juga orang yang memiliki bekas luka akibat cacar air.

Bagaimana cara untuk memudarkan bekas luka cacar secara alami? Anda bisa mencoba beberapa bahan berkhasiat obat yang disarankan Healthline berikut. Namun perlu diingat, bahan-bahan ini hanya efektif untuk bekas luka cacar air yang ringan.

1 dari 4 halaman

Olesi Rosehip Oil

Ilustrasi rosehip oil. iStock

Minyak esensial dari rosehip memiliki khasiat lebih, karena efek antioksidan dan fitokimia yang dimilikinya. Fitokimia ini termasuk asam askorbat dan asam lemak.

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan rosehip oil ke bekas luka dua kali sehari selama dua belas minggu dapat memudarkan bekas luka cacar air.

2 dari 4 halaman

Gunakan Krim Retinol

Ilustrasi memakai krim wajah. iStock

Retinol yang merupakan turunan vitamin A terbukti secara klinis dapat merangsang produksi kolagen. Sebuah penelitian di mana efek gabungan dari retinol dan asam glikolat diamati, tercatat perbaikan pada bekas luka hingga 90 persen. Oleskan krim retinol pada bekas luka cacar sebelum tidur untuk menstimulasi kolagen.

3 dari 4 halaman

Eksfoliasi

Ilustrasi eskfoliasi menggunakan scrub. JustPerfectYou.com

Eksfoliasi dapat membantu mengikis sel-sel kulit lama dan memberikan ruang bagi sel kulit yang lebih muda. Mengelupas bekas luka cacar dapat membantu menghilangkan sebagian kulit yang berpigmen atau kasar.

Ada dua jenis eksfoliasi, yaitu eksfoliasi mekanik dan kimia. Eksfoliasi mekanik termasuk scrub dan brushing. Gosok bekas luka dengan scrub minimal tiga hari sekali. Gosok dengan gerakan melingkar

Eksfoliasi kimia biasanya menggunakan lotion yang menghasilkan reaksi kimia ringan untuk menghilangkan lapisan teratas kulit. Jika Anda ingin memanfaatkan produk ini, sebaiknya gunakan sesuai petunjuk.

4 dari 4 halaman

Pakai Krim Penghilang Bekas Luka

Ilustrasi memakai krim wajah. Pixabay/chezbeate

Krim penghilang bekas luka biasanya mengandung berbagai kombinasi bahan yang dapat membantu memudarkan bekas luka.

Demikian cara-cara memudarkan bekas luka cacar air yang bisa Anda coba. [tsr]

Baca juga:
Pudarkan Bekas Luka dan Jerawat dengan Masker Kunyit

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini