3 Jenis Genteng Rumah yang Harus Diketahui, Jangan Salah Pilih!

Minggu, 27 November 2022 08:00 Reporter : Iwan Tantomi
3 Jenis Genteng Rumah yang Harus Diketahui, Jangan Salah Pilih! ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Sebelum membangun sebuah rumah impian, material yang tepat perlu dipertimbangkan secara matang. Bukan saja batu bata, semen, besi dan kayu yang digunakan, dalam membangun rumah juga memerlukan atap. Sebagian besar rumah di Indonesia biasanya menggunakan atap genteng.

Bukan tanpa alasan kenapa atap genteng ini dipilih. Selain sebagai penutup, biar tidak kehujanan dan kepanasan, penggunaan genteng juga untuk membuat rumah tetap sejuk terutama saat cuaca sedang terik atau selama musim kemarau. Meski begitu, genteng tanah liat bukanlah satu-satunya genteng yang bisa dipilih sebagai atap penutup rumah.

Jenis-jenis genteng pun kini beragam. Ada genteng beton, genteng keramik, hingga genteng multiroof. Masing-masing punya keunggulan tersendiri. Nah, biar tak salah pilih sebelum membeli, pahami dulu jenis-jenis genteng beserta keunggulannya masing-masing berikut ini.

Genteng Beton

tokopedia baru
©Shutterstock.com

Jika ingin genteng yang terlihat berkelas dengan harga ekonomis, maka bisa mengandalkan genteng beton. Bukan saja tampak indah, genteng beton juga dikenal tahan lama. Genteng beton juga tahan serangga. Bahannya juga ramah lingkungan. Genteng beton juga dikenal hemat energi serta perawatannya yang rendah.

Selain itu, genteng beton juga banyak pilihannya, sehingga bisa pesan yang sesuai dengan desain rumah impian. Supaya bisa dijadikan pertimbangan sebelum mulai membeli, pahami juga kekurangan genteng beton ini. Dari pemasangan yang sulit, biaya yang relatif mahal dibandingkan jenis genteng lainnya, bobotnya lebih berat, rapuh serta tidak cocok untuk semua kemiringan atap.

Genteng Keramik

tokopedia baru
©Shutterstock.com

Selanjutnya ada genteng keramik sebagai jenis genteng lainnya yang bisa dijadikan pilihan dalam membangun rumah idaman. Boleh dibilang genteng keramik termasuk salah satu atap rumah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Bahkan, ada banyak perumahan modern yang menggunakan genteng keramik sebagai atap, karena tampak mengilat, bersih dan mewah.

Dari segi keunggulan, genteng keramik memiliki ketahanan tinggi dibandingkan jenis genteng lainnya. Genteng keramik juga tahan terhadap api dan benturan keras. Genteng satu ini juga tahan ingin dan memiliki usai pakai yang panjang. Desainnya pun beragam, sehingga cocok digunakan untuk restorasi bangunan tua. Genteng keramik juga ramah lingkungan pembuatannya.

Tak sampai di situ, genteng keramik mampu membuat rumah menjadi sejuk. Menariknya, genteng keramik tak membutuhkan perawatan. Genteng keramik juga tahan terhadap pembusukan, serta banyak dipilih karena mudah diaplikasikan pada bangunan berbeda. Adapun kekurangannya hanya pada bobotnya yang berat, harganya relatif mahal, ringkih bila diinjak, dan warna mudah berubah.

Genteng Multiroof

tokopedia baru
©Shutterstock.com

Jenis genteng ketiga yang juga patut dipertimbangkan sebagai pilihan adalah genteng multiroof. Genteng ini dibuat dari bahan metal ataupun logam. Lebih tepatnya dibuat dari bahan dasar colorboand atau baja ringan yang permukaannya dilapisi zinc, aluminium, fosfat, dan coraltex.

Genteng multiroof banyak dipilih karena memiliki beberapa keunggulan. Dari bobotnya yang ringan, tetapi mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya saat diaplikasikan sebagai atap rumah. Pilihan warnanya juga beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan desain rumah.

Di samping itu, genteng multiroof juga relatif mudah pemasangannya. Tak kalah penting, genteng multiroof ini punya ketahanan pada retakan, pengikisan dan penyusutan, sehingga cocok digunakan untuk rumah yang dibangun di zona rawan gempa. Hanya saja mengingat bahannya dari logam, genteng multiroof ini berisiko korosi, serta warnanya rentan memudar.

Walau masing-masing genteng memiliki beberapa kekurangan, tetapi tetap lebih banyak keunggulannya. Lagipula kekurangan itu pun bisa diatasi apabila rumah bisa dirancang dengan sangat baik. Apalagi jika sudah menggunakan jasa konsultan maupun arstiek andal, jenis genteng yang tepat sesuai desain rumah dapat dipilih dengan lebih pasti.

Menariknya lagi di masa sekarang ini, membeli genteng beton, genteng keramik maupun genteng multiroof pun dapat dilakukan lebih mudah. Bahkan, tak perlu keluar rumah, tetapi bisa dipilih yang sesuai kebutuhan secara online, seperti lewat Tokopedia yang Selalu Ada Selalu Bisa diandalkan untuk memenuhi segala kebutuhan, termasuk jenis-jenis genteng rumah.

[tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Copywriter
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini