10 Alasan Wajib Jelajahi Nusantara, Liburan #DiIndonesiaAja Nggak Bakal Mati Gaya

Jumat, 21 Agustus 2020 19:13 Reporter : Wuri
10 Alasan Wajib Jelajahi Nusantara, Liburan #DiIndonesiaAja Nggak Bakal Mati Gaya 10 Alasan Wajib Jelajahi Nusantara, Liburan DiIndonesiaAja Nggak Bakal Mati Gaya. ©Shutterstock

Merdeka.com - Nggak perlu keluar negeri buat menikmati pengalaman wisata yang maksimal. Sebab, di Indonesia sendiri kamu bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan. Percaya deh kalau Indonesia itu kaya karena punya beragam destinasi wisata yang nggak akan habis buat kamu yang hobi traveling.

Apalagi setiap tahunnya selalu ada potensi wisata baru yang menarik buat dijelajahi. Bisa makin yakin kalau kekayaan alam Indonesia itu nggak pernah bikin bosan. Selain itu, ini dia 10 alasan lainnya kamu wajib jelajahi Nusantara, wisata #DiIndonesiaAja juga seru kok!

Nggak Perlu Keluar Banyak Modal Buat Liburan

10 alasan wajib jelajahi nusantara liburan diindonesiaaja nggak bakal mati gaya

©Shutterstock

Liburan itu memang butuh modal, apalagi kalau tujuannya ke luar negeri. Mulai dari mengurus paspor dan visa, booking pesawat dan hotel hingga menggunakan jasa travel agent, semua butuh dana yang nggak sedikit.

Buat yang bujetnya terbatas, bukan berarti batal jalan-jalan, lho. Menjelajahi keindahan Nusantara bisa jadi pilihan asyik karena nggak perlu keluar banyak modal buat mengisi liburan, cukup backpacking atau malah ramai-ramai untuk berbagi aneka biaya.

Indonesia Punya Pemandangan Cantik di Berbagai Sudut Daerah

10 alasan wajib jelajahi nusantara liburan diindonesiaaja nggak bakal mati gaya

©Shutterstock

Soal keindahan alamnya, Indonesia nggak perlu diragukan lagi. Jadi primadona di kalangan wisatawan mancanegara, kamu juga jangan sampai ketinggalan menikmati pemandangan cantik yang ada di berbagai daerah. Buat yang ingin menjelajah destinasi anti-mainstream, langkahkan kaki ke kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta seperti Goa Pindul, Hutan Wanagama, Gunung Api Purba Nglanggeran, hingga aneka pantai cantiknya.

City Trip Juga Seru di Kota-Kota Ini

10 alasan wajib jelajahi nusantara liburan diindonesiaaja nggak bakal mati gaya

©Shutterstock

Selain wisata alam, city trip juga bisa jadi alternatif liburan yang seru. Tujuannya, Joglosemar alias Yogyakarta, Solo dan Semarang. Bisa memilih moda transportasi sesuai bujet, ada berbagai atraksi yang bisa dipilih sesuai keinginanmu. Buat yang doyan belanja bisa jajal market hopping di Solo dengan mengunjungi Pasar Klewer, Pasar Antik Triwindu, hingga Pasar Gede. Jalanan yang diapit tembok-tembok besar dan bangunan berarsitektur lawas pun bisa ditemui di tiga kota ini.

Bisa Belajar Budaya Lain Buat Melestarikan Warisan Bangsa

Jalan-jalanmu bakal makin berkesan kalau diisi dengan kegiatan yang berfaedah, salah satunya mempelajari budaya bangsa. Bali bisa jadi destinasi wisata yang seru untuk berlibur sekaligus membantu melestarikan warisan budaya Nusantara. Selipkan agenda buat ke Ubud yang punya banyak tempat kursus, mulai dari belajar melukis dan membuat tembikar dari seniman tradisional Bali, memasak hidangan khas Bali, atau belajar menari Kecak.

Wisata Kuliner Nggak Boleh Kelewatan

10 alasan wajib jelajahi nusantara liburan diindonesiaaja nggak bakal mati gaya

©Shutterstock

Menjajal kuliner khas suatu daerah jangan sampai dilewatkan, biar liburanmu #DiIndonesiaAja makin berkesan. Kaya rempah dan bumbu, selalu ada sajian istimewa di berbagai daerah yang ada di Nusantara.

Sebut saja Bandung, yang bukan hanya jadi pelopor makanan dan minuman kekinian tapi masih mempertahankan hidangan lokalnya. Mulai dari mie kocok, seblak yang variannya kian beragam, nasi tutug oncom yang mengenyangkan hingga colenak yang menggugah selera.

Beda Bahasa Beda Budaya, Bisa Nambah Pengalaman Baru

Perbedaan nggak selamanya buruk, seperti beda bahasa dan budaya di daerah lain yang dapat menambah pengalaman baru. Misalnya saat mengunjungi Joglosemar, belajar bahasa Jawa untuk berdialog dengan warga lokal bisa bikin kamu dapat harga tiket atau oleh-oleh yang lebih murah. Begitu juga saat ngobrol dalam bahasa Osing dengan warga Banyuwangi saat berkunjung ke Gunung Ijen, Jawatan Benculuk, Taman Nasional Baluran atau Pantai Plengkung.

Traveling Dadakan Bisa, Nggak Perlu Visa dan Paspor

10 alasan wajib jelajahi nusantara liburan diindonesiaaja nggak bakal mati gaya

©Shutterstock

Lagi jenuh di rumah atau memanfaatkan weekend untuk berlibur, nggak perlu ribet. Langsung kemas keperluanmu dan langsung berangkat ke destinasi impianmu. Tanpa perlu menyiapkan paspor atau mengurus visa, traveling dadakan bisa dilakukan selama tujuanmu masih di kawasan Nusantara.

Setiap Tahun Ada Obyek Wisata Baru yang Hits

Foto-foto traveling yang seliweran di media sosial bikin siapa saja gemas ingin ikutan melancong ke sana. Setiap tahunnya selalu ada saja obyek wisata baru yang ngehits di kalangan wisatawan. Di tahun ini misalnya Puncak Mustika Manik yang ada di Bogor jadi destinasi hits di kawasan Jabodetabek. Selain menawarkan panorama alam yang memukau, ada banyak spot foto yang Instagramable yang cocok buat selfie atau wefie ramai-ramai.

Jelajah Hidden Gems yang Nggak Kalah Cantik

10 alasan wajib jelajahi nusantara liburan diindonesiaaja nggak bakal mati gaya

©Shutterstock

Saking hitsnya, beberapa destinasi wisata ramai oleh pengunjung yang mungkin dapat mengurangi kenyamanan saat berlibur. Nah, ini saatnya menjelajah hidden gems yang nggak kalah kece di Bandung. Mulai dari Tebing Citatah buat pemburu adrenalin, Sanghyang Heuleut yang dipercaya jadi tempat mandi para bidadari, hingga Curug Tilu Leuwi Opat yang tersembunyi di kawasan Bandung Barat.

Mau Liburan sekaligus Istirahat? Staycation aja!

Liburan seharusnya jadi cara jitu buat mengistirahatkan fisik dan pikiran. Namun, agenda yang lumayan padat malah bikin capek. Kenapa nggak menjajal staycation saja untuk mengisi hari libur kali ini? Tak perlu menghabiskan waktu di jalan, cukup booking penginapan yang nggak terlalu jauh. Puas rebahan dengan suasana baru, manfaatkan kolam renang atau fasilitas lain yang tersedia, maupun menikmati atraksi di sekitar penginapan.

Kekayaan Indonesia itu luar biasa, beragam hidden gems yang ada di tiap daerah dijamin akan menjadi pengalaman liburan tak terlupakan. Namun, kalau memutuskan berangkat liburan di masa seperti sekarang, jangan lupa buat menerapkan protokol kesehatan. Bawa masker lebih dari satu untuk cadangan dan selalu sedia hand sanitizer ya. Tak lupa, selalu Physical Distancing di manapun kamu berada.

Temukan inspirasi traveling #DiIndonesiaAja lainnya dengan klik di sini. [aki]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini