[Video] Warga Kristen dan muslim gembira rayakan Natal di Aleppo

Kamis, 22 Desember 2016 17:55 Reporter : Pandasurya Wijaya
[Video] Warga Kristen dan muslim gembira rayakan Natal di Aleppo warga muslim kristen rayakan natal di aleppo. ©Twitter

Merdeka.com - Setelah Kota Aleppo, Suriah, dibebaskan dari cengkeraman pemberontak oleh tentara Suriah dan Rusia awal bulan ini, warga muslim dan Kristen dua hari lalu ramai-ramai merayakan kemeriahan Natal.

Dalam sebuah video yang beredar di Internet, terlihat warga menyambut keriuhan Natal di Alun-Alun Azizieh. Di tempat itu juga ada sebuah pohon Natal besar yang dihiasi lampu kerlap-kerlip. Sejumlah warga mengibar-ngibarkan bendera Suriah, Rusia, dan Hizbullah, seperti dilansir situs Al Masdar News, Selasa (20/12).

Pemandangan semacam ini tentu tidak akan muncul di pemberitaan media-media Barat yang pro-Amerika Serikat dan koalisinya.

Menurut stasiun televisi Rusia, ini adalah perayaan Natal pertama yang digelar di Aleppo (kota terbesar kedua di Suriah setelah Damaskus) sejak konflik meletus pada 2011.

Pejabat Rusia mengatakan perang kini sudah usai karena kota itu sudah kembali dikuasai tentara Suriah, meski konflik di Suriah belum berakhir.

Namun dalam perayaan itu muncul sebuah ledakan yang hanya berjarak beberapa meter dari keramaian. Tidak ada korban dalam insiden itu.

"Kami melihat kilatan cahaya besar," ujar reporter Russia Today Lizzie Phelan yang tengah meliput acara itu. "Sedikitnya separuh warga langsung meninggalkan lokasi.

Sejumlah saksi mengatakan mereka tidak tahu apakah ledakan itu diakibatkan serangan mortir atau ranjau.

Berikut video saat keramaian perayaan Natal itu:

[pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini