Pasukan Israel Tembak Mati Warga Palestina di Kamp Pengungsian Yerusalem

Selasa, 2 April 2019 17:16 Reporter : Ira Astiana
Pasukan Israel Tembak Mati Warga Palestina di Kamp Pengungsian Yerusalem Bentrok pemuda Palestina vs tentara Israel. ©REUTERS/Ammar Awad

Merdeka.com - Seorang pria Palestina terbunuh dalam sebuah bentrokan dengan pasukan Israel di sebuah kamp pengungsian dekat Yerusalem tadi malam. Korban merupakan satu dari tiga pria yang tertangkap oleh pasukan Israel sedang mengendarai kendaraan.

Korban bernama Mohammed Adwan (23 tahun) tewas akibat tembakan Israel sementara dua pria lain yang ditangkap mengalami luka.

"Tiga laki-laki bersaudara itu ditangkap oleh pasukan Israel di kamp Qalandiya, yang memicu bentrokan antara pengungsi Palestina dan tentara pendudukan," demikian dilaporkan oleh sumber-sumber lokal, dikutip dari the New Arab, Selasa (2/4).

Menurut sumber-sumber tersebut, tentara Israel menembak dari jarak dekat ke kendaraan Palestina yang sedang melintas di jalan al-Matar. Adwan terkena tembakan dan tewas di tempat kejadian. Jenazahnya segera dilarikan dengan ambulans ke Kompleks Medis Ramallah.

Warga setempat menambahkan bahwa pasukan Israel menghalangi ambulans yang membawa korban terluka untuk memasuki kamp pengungsi.

Sebagaimana diketahui, Israel telah menduduki Tepi Barat sejak 1967. Lebih dari 600.000 orang Yahudi Israel tinggal di pemukiman di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur.

Semua pemukiman Israel di Tepi Barat digolongkan ilegal menurut hukum internasional, khususnya Pasal 49 Konvensi Jenewa Keempat, yang menyatakan bahwa kekuatan pendudukan tidak boleh mendeportasi atau memindahkan sebagian penduduk sipilnya sendiri ke wilayah yang didudukinya.

Sementara itu, pasukan dan pemukim Israel secara rutin menyerang warga Palestina di wilayah-wilayah pendudukan, menghancurkan rumah-rumah mereka, meracuni ternak, dan merusak properti milik warga Palestina. [ias]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini