Ngeri, Makam Romawi Kuno Berisi Tengkorak Dimutilasi dan Posisi Kepala Ada di Kaki

Rabu, 25 Januari 2023 11:27 Reporter : Hari Ariyanti
Ngeri, Makam Romawi Kuno Berisi Tengkorak Dimutilasi dan Posisi Kepala Ada di Kaki Tengkorak manusia yang dimutilasi. ©Oxford Archaeology

Merdeka.com - Arkeolog dari Oxford Archaeology menemukan kuburan Romawi berisi tengkorak-tengkorak yang dimutilasi. Tengkorak ditemukan saat penggalian untuk persiapan konstruksi rumah baru di Wintringham, dekat St Neots, Cambridgeshire, Inggris.

Selama periode Romawi, daerah tersebut merupakan lahan pertanian kecil dan permukiman penduduk, yang terhubung dengan jaringan jalan yang menghubungkan permukiman tersebut ke kota Durovigutum atau yang sekarang disebut Godmanchester.

Total kuburan yang ditemukan sebanyak 11, dengan 11 tengkorak yang dimutilasi dan kepala berada diletakkan di kaki, dikutip dari Heritage Daily.

Ada hal yang menarik. Salah satu tengkorak yang dimutilasi itu kepalanya diganti dengan bejana gerabah, sedangkan sisa tengkorak lainnya ditemukan terkubur bersama keramik.

Praktik tersebut merupakan hal yang tidak biasa pada era Inggris Romawi. Sebuah makam Romawi ditemukan pada Februari 2022 di dekat desa Fleet Marston di Buckinghamshire, dengan 40 tengkorak yang posisi kepalanya berada di kaki.

Makam Wintringham itu berasal dari abad ke-3 Masehi, sekitar 2.500 tahun lalu. Selain tengkorak yang dimutilasi, para peneliti juga menemukan koin Romawi, bros, piring timah, bejana gerabah, dan sejumlah besar bebatuan Romawi serta tempat pembakaran.

Tengkorak tersebut akan dianalisis oleh para spesialis untuk mengungkap ritual pemakaman pada periode Romawi.

Penggalian di situs itu juga menemukan permukiman pertanian Zaman Besi berisi 40 rumah batu dan jaringan jalan dan pagar.

Baca juga:
Kondisi Mumi "Putri Tidur" Berusia 2.100 Tahun Ini Nyaris Masih Utuh
Seperti Apa Rumah Zaman Mesir Kuno? Begini Wujudnya
Misteri Simbol dalam Papan Reklame Tertua di Dunia Belum Berhasil Dipecahkan
Misteri Asal-Usul Belati Meteorit Firaun Tutankhamun yang Bikin Penasaran
Puluhan Tengkorak Tanpa Kepala Ditemukan dalam Kuburan Massal Abad ke-5 SM
Penuh Misteri, Kisah di Balik Dua Jasad "Berciuman" Selama 2.800 Tahun
Begini Penampakan Botol Wine Berusia 1.700 Tahun, Isinya Masih Utuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini