Korea Utara Pamerkan Rudal Kapal Selam Baru, Diklaim "Senjata Terkuat di Dunia"

Jumat, 15 Januari 2021 16:16 Reporter : Hari Ariyanti
Korea Utara Pamerkan Rudal Kapal Selam Baru, Diklaim "Senjata Terkuat di Dunia" Parade militer Korea Utara. ©KCNA via REUTERS

Merdeka.com - Korea Utara kembali memamerkan persenjataan canggihnya, kali ini sebuah rudal balistik kapal selam tipe baru, disebut media pemerintah sebagai “senjata terkuat di dunia”.

Beberapa rudal dipamerkan dalam sebuah parade yang disaksikan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, seperti dilaporkan media pemerintah, KCNA.

Pertunjukan kekuatan militer tersebut dilaksanakan beberapa hari sebelum pelantikan Presiden AS terpilih, Joe Biden. Ini juga menyusul pertemuan politik yang langka di mana Kim menyebut AS sebagai negara musuh terbesar negaranya.

Sejumlah foto yang dirilis KCNA menunjukkan sedikitnya empat rudal besar hitam dan putih diangkut melewati kerumunan yang melambaikan bendera Korea Utara.

Analis mengatakan rudal itu tak pernah ditunjukkan sebelumnya.

“Tahun baru, Pukguksong baru,” ujar ahli Korea Utara, Ankit Panda di Twitter, dikutip dari BBC, Jumat (15/1).

Pukguksong adalah nama Korea Utara untuk rudal kapal selam balistik (SLBM).

Berkostum busana berbahan kulit dan topi bulu, Kim tertangkap kamera tersenyum dan melambai saat dia melihat senjata tersebut di Kim Il Sung Square di Pyongyang, yang juga dipamerkan bersamaan dengan pasukan infanteri, artileri, dan tank.

“Senjata terkuat di dunia, rudal kapal selam balistik, memasuki alun-alun satu demi satu, dengan kuat menunjukkan pasukan bersenjata revolusioner,” tulis KCNA.

Baca Selanjutnya: Pesan untuk AS...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini