Jerman Uji Coba Vaksin Covid-19 Pada Manusia, Jutaan Vaksin Bisa Tersedia Akhir Tahun

Kamis, 30 April 2020 14:06 Reporter : Hari Ariyanti
Jerman Uji Coba Vaksin Covid-19 Pada Manusia, Jutaan Vaksin Bisa Tersedia Akhir Tahun Ilustrasi suntikan. Shutterstock/Dragon Images

Merdeka.com - Perusahaan Jerman bekerja sama dengan perusahaan raksasa farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer, mulai melakukan uji coba pada manusia vaksin potensial untuk penyakit Covid-19. Menurut dua perusahaan ini, jutaan vaksin dapat tersedia di akhir tahun ini.

Pfizer mengatakan eksperimen uji coba vaksin dimulai di AS awal pekan depan, dan mengatakan vaksin bisa tersedia untuk kedaruratan pada musim gugur, dilaporkan Wall Street Journal pada Selasa.

"12 peserta penelitian telah divaksinasi dengan kandidat vaksin BNT162 di Jerman sejak dimulainya penelitian pada 23 April 2020," kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan, dilansir dari CNN, Kamis (20/4).

Belum ada informasi terkait hasil vaksinasi ini.

BioNTech mengatakan sekitar 200 relawan dengan kondisi sehat berusia 18 sampai 55 tahun diberikan dosis antara 1 mikrogram sampai 100 mikrogram untuk menemukan dosis optimal untuk penelitian lebih lanjut.

"Selain itu, keamanan dan imunogenisitas vaksin akan diselidiki," tambah perusahaan biotek.

1 dari 1 halaman

Pfizer dan BioNTech berencana untuk memulai uji coba untuk BNT162 di AS dan diharapkan segera keluar persetujuan dari pihak berwenang.

Lembaga Federal Vaksin dan Obat-Obatam Biomedis Jerman menyetujui uji coba tersebut - uji coba klinis pertama vaksin Covid-19 di negara ini - pada 22 April.

"Kedua perusahaan berencana untuk bersama-sama melakukan uji klinis untuk kandidat vaksin Covid-19 yang awalnya di Eropa dan AS, di beberapa lokasi penelitian," Pfizer mengumumkan dalam laporan kuartal pertamanya, yang diterbitkan secara online pada Selasa.

"Perusahaan memperkirakan bahwa ada potensi untuk memasok jutaan dosis vaksin pada akhir tahun 2020, tergantung pada keberhasilan teknis dari program pengembangan dan persetujuan oleh otoritas pengawas, dan potensi mempercepat peningkatan kapasitas untuk menghasilkan ratusan juta dosis pada 2021." [pan]

Baca juga:
Vaksin Corona Berhasil Kebalkan Kera, Ada Harapan Untuk Manusia?
Cegah Warga Berkumpul, Kota Lund Swedia Tebar 1 Ton Kotoran Ayam di Taman
Sudah 12 Hari Tidak Ada Kasus Baru Covid-19 di Vietnam, Apa Rahasianya?
Penelitian: Pria 2,5 Kali Lebih Berisiko Meninggal Akibat Covid-19 Dibanding Wanita
Menlu Retno Sebut Ada Enam Vaksin Corona Sudah Dalam Tahap Uji Klinis
Penelitian: Virus Corona Menyebar Lewat Udara di Rumah Sakit Wuhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini