Indonesia turun peringkat ke urutan 96 indeks korupsi dunia, sebelumnya peringkat 88

Kamis, 22 Februari 2018 19:24 Reporter : Pandasurya Wijaya
Indonesia turun peringkat ke urutan 96 indeks korupsi dunia, sebelumnya peringkat 88 Aksi solidaritas untuk KPK usut kasus dugaan korupsi e-KTP. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Lembaga pemantau tingkat korupsi dunia Amnesty International merilis indeks terbaru tahun ini. Indonesia berada di urutan 96 atau turun delapan peringkat dari tahun sebelumnya.

Dikutip dari laman resmi Amnesty, ada 180 negara yang disurvei Amnesty tahun ini. Penilaian berdasarkan ukuran korupsi di sektor publik dari para pakar dan pelaku bisnis. Skor 0 berarti sangat korupsi dan skor 100 berarti paling bersih dari korupsi.

Indonesia mendapat skor 37, masih sama dengan tahun lalu dan berada peringkat dan skor sama dengan Thailand.

Di Asia Tenggara Singapura masih menjadi negara paling bersih dari korupsi dengan berada di urutan 6 (skor 84). Sementara Negeri Jiran Malaysia berada di urutan ke-62 dengan skor 47. Vietnam berada di urutan ke-107 dengan skor 35 dan Filipina di peringkat 111 (skor 34). Myanmar menduduki urutan ke-130 dengan skor 30. Sementara Brunei Darussalam berada di peringkat kedua paling bersih di Asia Tenggara setelah Singapura dengan menduduki peringkat 32 (skor 62).

Tahun ini Selandia Baru dan Denmark menjadi negara paling bersih dari korupsi dengan meraih skor tertinggi 89 dan 88. Suriah, Sudan Selatan dan Somalia berada di peringkat terbawah dengan skor 14, 12, dan 9. Kawasan paling bersih dari rasuah ditempati negara-negara di Eropa Barat dengan angka skor rata-rata 66. Yang terburuk terjadi di belahan Afrika Sub-Sahara dengan skor rata-rata 32 dan Eropa Timur serta Asia Tengah (skor rata-rata 34).

Secara keseluruhan dua pertiga negara yang disurvei mendapat skor di bawah 50 dengan skor rata-rata 43. Dibanding tahun-tahun sebelumnya angka ini masih tidak jauh berbeda. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini